Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image haidar hafidz

Itikaf 10 Malam Terakhir Ramadhan, Jadi Ajang Mencari Lailatul Qadar di Kota Malang

Agama | Tuesday, 04 Apr 2023, 14:49 WIB

Siapa yang tidak tahu, bahwasannya umat Nabi Muhammad SAW memiliki keistimewaan daripada umat lainnya yaitu mendapatkan Lailatur Qadar. Dimana Allah SWT menjelaskan bahwa lailatur qadar adalah malam yang lebih baik daripada 1000 bulan. Itu artinya, ketika seseorang melakukan ibadah di malam itu maka ia seakan akan telah beribadah selama 83,4 tahun lamanya.

Keistimewaan malam ini juga dirahasiakan oleh Allah SWT di Bulan Ramadhan ini. dari berbagai refrensi para ulama’ terdahulu, masih belum ada tanggal pasti jatuhnya malam lailatul qadar di Bulan Ramadhan. Jika kita berpikir, mengapa Allah SWT merahasiakan lailatul qadar dikarenakan agar nantinya hambanya bisa selalu rajin ibadah di tiap malam Bulan Ramadhan. Namun dari beberapa pandangan ulama’ terdapat pandangan yang terkuat dari Imam Al-Ghazali yang menyatakan bahwa kebanyakan malam lailatul qadar turun saat malam-malam ganjil di Bulan Ramadhan. Seperti Malam 21,23,25,27, dan 29. Namun tidak dipungkiri malam lailatul qadar bisa jatuh di tanggal genap di sepuluh malam terakhir Bulan Ramadhan.

Oleh karena itu banyak kalangan masyarakat Indonesia khsusunya di Kota Malang yang mengikuti kegiatan “malaman” untuk ikut bermunajat sekaligus sholat witir bersama di masjid-masjid yang ada di Kota Malang. Kegiatan seperti ini biasanya dimulai di tanggal 20 Ramadhan. Adapun tempat favorit masyarakat dalam bermunajat dan solat witir bersama adalah di Masjid Agung Jami’ Kota Malang.

Foto : Tugu Malang

Biasanya dalam agenda ‘malaman’ yang dijalankan di Masjid Agung Jami’ Kota Malang terdapat agenda sholat witir sebanyak sebelas rakaat dan diikuti dzikir khsusus setelah solat selesai. Bahkan di hari ganjil di sepuluh malam terakhir ramadhan terdapat tausyiah dari para kyai/penceramah dari wilayah Malang Raya sebelum dimulainya sholat witir. Kegiatan ini adalah agenda tahunan yang diadakan oleh Masjid Agung Jami’ Kota Malang di setiap tahunnya. Dimana kegiatan ini dimulai saat jam 23.00 wib dan berakhir di sekitar 01.00 wib. Namun sobat yang ingin mengikuti agenda ini lebih baik untuk datang di 1 jam hingga 1.5 jam sebelum agenda sholat witir dimulai pada jam 23.00. Hal itu dikarenakan semakin anda datang mendekati sholat witir dimulai bisa dipastikan anda akan kesusahan dalam mendapatkan tempat/shaf ternyaman di masjid. Hal itu terjadi karena antusiasme masyarakat Kota Malang dalam i’tikaf di sepuluh malam terakhir sangat besar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image