Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dinita Mayang Sari

Analisis Penyebab Banjir Sekitar UIN RIL Yang Berdamapak Pada Mahasiswa Dan Masyarakat Sekitar

Eduaksi | Wednesday, 29 Mar 2023, 18:07 WIB
Kondisi Banjir Di Jalan 2 Belakang UIN RIL, sumber foto: Dinita Mayang Sari

Jl. Pulau sebesi kecamatan sukarame, kota bandar lampung, provinsi lampung, tepatnya berada sekitar belakang universitas islam negeri raden intan lampung.
Daerah ini sudah menjadi langganan banjir, Masyarakat sekitar dan mahasiswa yang melintas di jalan ini sudah tidak heran jika terjadi hujan deras yang mengakibatkan daerah ini mengalami banjir.Hal ini disebabkan dari beberapa faktor, antara lain penyebab nya yaitu: Dimana daerah tersebut merupakan daerah dataran rendah dan bekas areal persawahan sehingga air akan berkumpul didaerah tersebut jika curah hujan cukup deras, selain itu saluran air yang tidak terlalu dalam membuat air sulit tertampung. Dan juga minimnya terusan aliran dari paritan ke sungai terdekat. Selain faktor faktor keadaan kondisinya, ada juga faktor yang tak kalah penting mempengaruhi penyebab banjir tersebut yaitu kesadaran dari masyarakat maupun mahasiswa yang ada disekitar daerah Sukarame akan sampah yang seharusnya dibuat pada tempat bukan ditempat yang tidak mestinya Seperti paritan atau pun sungai.
Dari kejadian diatas membawa dampak bagi masyarakat dan juga para mahasiswa universitas islam negeri raden intan lampung.karena banjir membuat terhabatnya jalan menuju kampus,kesekolah,kekantor, dan lainnya, karena kendaraannya yang mengalami kemacetan di daerah terdampak banjir tersebut.
Untuk mencegah dan mengurangi dampak tersebut dibutuhkan nya sinergi yang positif antara pemerintah dan juga masyarakat atau mahasiswa. Yang dimana pemerintah disini menjadi pemberi sebuah kebijakan untuk mengatasi permasalahan banjir tersebut dengan misalanya memperbaiki kualitas fasilitas paritan yang menjadi lebih dalam, membuat terusan air yang tepat untuk mengalir ke sungai terdekat. Dan Masyarakat atau mahasiswa disini jga harus berperan menjaga keadaan lingkungan sekitar dan sadar betapa pentingnya untuk tidak membuang Sampang sembarang demi tidak tercipta permasalahan banjir tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image