Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ran ai

Waspada, Obesitas Bisa Bikin Buta

Eduaksi | Tuesday, 28 Mar 2023, 22:36 WIB

Seiring dengan pandemi Covid-19, kejadian obesitas di semua jenjang usia pun ternyata meningkat. Pandemi Covid-19 memaksa terjadinya kebiasaan baru yang bertujuan memutus rantai penyebarannya. Kebiasaan baru yang diantaranya berupa pembatasan interaksi sosial (social-distancing) ternyata berdampak pada meningkatnya stres, berkurangnya aktivitas fisik (sedentary life), meningkatnya screen time, dan asupan makanan yang kurang sehat. Kesemuanya itu bermuara pada terjadinya obesitas. Peningkatan obesitas juga berdampak pada munculnya berbagai penyakit lain, seperti sindrom metabolik, penyakit kronis (diabetes, jantung, aterosklerosis) dan juga meningkatnya risiko kebutaan.

Penyebaran informasi tentang kaitan obesitas dengan kebutaan sepertinya masih belum seramai kaitannya dengan penyakit kronis, seperti diabetes atau penyakit jantung. Padahal dengan obesitas risiko terjadinya katarak, glaukoma, retinopati diabetik dan degenerasi makula akan meningkat. Kesemuanya dapat menyebabkan turunnya penglihatan sampai buta. Bila ini terjadi pada usia produktif, maka akan berdampak pada kehidupan sosial dan ekonominya.

Melihat kondisi tersebut, FK UHAMKA mengadakan kegiatan program kemitraan masyarakat (PKM) pada Minggu, 12 Maret 2023. Ini merupakan kerjasama antara tim pengabdi dengan Masjid Al Mu’minun yang terletak di wilayah ranting Muhammadiyah Pondok Kelapa Jakarta Timur. Tim pengabdi FK UHAMKA terdiri dari 2 dokter (dosen) dan 4 mahasiswa. Sebagai ketua pelaksana kegiatan PKM adalah dr.Nuraini, Sp.M dan mitra PKM, yaitu Ranting Muhammadiyah Pondok Kelapa Jakarta Timur yang diwakili oleh DR.Kuncoro Hadi, ST,M.Si (wakil ketua ranting).

Rangkaian kegiatan PKM FK Uhamka: penyuluhan bertema obesitas dan kesehatan mata, serta pemeriksaan kesehatan

Metode yang dilaksanakan pada PKM, diawali dengan pemeriksaan kesehatan oleh dokter tim pengabdi berupa pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar pinggang, tekanan darah, tajam penglihatan, kondisi mata dan menghitung nilai IMT. Pada saat pemeriksaan fisik sekitar 22 warga, ditemukan fakta yang mengkhawatirkan, yaitu sebagian besar memiliki IMT dan lingkar pinggang melebihi batas normal. Seusai pemeriksaan kesehatan, untuk mengedukasi, kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan secara interaktif (penyuluhan) dan tanya jawab seputar obesitas, indeks massa tubuh (IMT), dampak obesitas pada tubuh dan mata khususnya, serta pencegahan obesitas. Agar dapat diketahui tingkat pemahaman materi penyuluhan, maka sebelum dan sesudah penyuluhan warga diminta mengisi kuisioner yang sama.

Hasil kegiatan PKM ini adalah adanya pemahaman bahwa obesitas memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh dan mata, sehingga harus dihindari dengan memantau indeks massa tubuh dan menyeimbangkan antara pola makan sehat dan aktivitas fisik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image