Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Luita Yusniawati

PPSDM Migas Adakan Audit Internal ISO 17025: 2017 untuk Personel Laboratorium

Eduaksi | Tuesday, 28 Mar 2023, 12:30 WIB

Untuk mengurangi risiko personel laboratorium melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan prosedur, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) melaksanakan pelatihan Audit Internal ISO 17025: 2017 untuk Pertamina Training and Consulting.

Pelatihan ini dilakukan selama tiga hari secara luring di Surabaya dan dimulai pada tanggal 13 Maret 2023 dengan Course Leader, Retno Sri Wulandari.

Ia mengungkapkan bahwa perlunya perbaikan terus menerus system manajemen laboratorium.

“Penting untuk meningkatkan kompetensi personel melalui program pelatihan dan evaluasi efektivitas kerja dan kompetensi personel laboratorium. Hal ini tentunya akan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan,” ulasnya.

Ia menambahkan bahwa banyak manfaat ISO ini yaitu menghindari kesalahan dan pengulangan dari proses pengujian dan kalibrasi. Di sisi lain, mengurangi pengaduan dan keluhan pelanggan dan juga adanya keuntungan dalam bidang pemasaran jasa laboratorium.

Selama tiga hari pelatihan, peserta mendapatkan materi tentang Review Sistem Mutu ISO 17025;2017, Teori Audit Internal, Teknik Audit Internal, Pelaksanaan Audit Internal, dan Tindak Lanjut Audit Internal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image