Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mario Sarri

Berkinerja Baik, Erick Diapresiasi Publik

Politik | Friday, 24 Mar 2023, 14:25 WIB

Dalam posisinya sebagai menteri di pemerintahan Presiden Jokowi, Menteri BUMN Erick Thohir memang termasuk salah satu sosok pejabat yang punya kinerja baik dan gerak cepat alias sat-set di dalam mengatasi masalah-masalah. Sebab itu, wajar apabila dalam beberapa survei publik, namanya selalu muncul sebagai menteri dengan elektabilitas yang tinggi.

Foto: rmol.id

Baru-baru ini pun, namanya kembali mencuat. Survei Indo Barometer menempatkan Erick Thohir sebagai menteri Jokowi terbaik kedua setelah Prabowo Subianto. Menariknya, dalam kesempatan survei ini, namanya pun digadang-gadang sebagai sosok yang potensial sebagai cawapres untuk 2024.

Prestasi dan Momentum

Sejak ditunjuk sebagai menteri, memang Erick telah membuktikan bahwa ia bisa bekerja dengan baik. Bekerja baik dalam konteks BUMN yang saat itu penuh masalah, itu berarti Erick harus berani menghadapi banyak tantangan. Ia bukan hanya dituntut kreatif, tapi juga berani menghadapi oknum-oknum yang justru kontraproduktif dengan performa BUMN saat itu.

Alhasil, seperti kita harapkan, Erick mampu menunjukkan sosok kepemimpinannya. Ia mampu memberi contoh bahwa seperti inilah menjadi ‘leader’ di BUMN. Ia berani melakukan berbagai terobosan efisiensi dan efektifitas untuk memajukan dan meningkatkan performa BUMN. Ia terbuka dengan publik, bahkan menggandeng penegak hukum untuk memastikan tidak ada korupsi di perusahaan-perusahaan plat merah yang dipimpinnya.

Capaian demi capaian itu – baik terobosan kreatif dan ketegasan kepemimpinannya – mendulang hasil yang memuaskan. Nama dirinya terangkat. Maka sangat wajar apabila akhirnya, keberhasilannya itu seakan tepat dengan momentum yang kini mendekati pilpres 2024. Sebab akhirnya, nama dia semakin terdongkrak, prestasi-prestasinya menjadi catatan-catatan yang membuatnya semakin lambung. Publik bukan hanya yakin dengan kemampuan dan profesionalitas Erick, tapi juga meyakini bahwa Erick adalah sosok pemimpin yang memiliki kredibilitas dan integritas yang kuat.

Cawapres Terkuat

Saat ini, nama Erick pun dikait-kaitkan dengan pencalonan sebagai cawapres untuk 2024. Partai-partai politik pun meliriknya. Situasinya didukung oleh beberapa faktor. Pertama, Erick adalah orang yang punya pengalaman di pemerintahan, selain itu ia juga memiliki popularitas dan elektabilitas yang tinggi. Parpol – yang tak memiliki kader potensial, atau tak ingin mengusung kader lantaran ada hambatan etis atau politis dari parpol lain – mengharuskan mencari sosok lain.

Elektabilitas Erick bisa mendorong nama Parpol yang mengusungnya. Sebab Erick Thohir punya nama. Kuatnya Erick Thohir sebagai cawapres telah ditunjukkan oleh berbagai survei, salah satunya dari Indo Barometer baru-baru ini.

Selain itu, Erick juga memiliki kedekatan dengan banyak organisasi kemasyarakatan yang berbasis di berbagai daerah, seperti NU dan lain-lain. Bahkan di beberapa daerah basis NU, nama Erick juga muncul dalam beberapa survei. Sebab itu, wajar apabila dikatakan bahwa Erick Thohir masuk pada jajaran cawapres yang potensial, yang bisa menjadi penentu bagi kemenangan pada pemilu 2024 nanti.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image