Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hery Setyawan

Indahnya Buka Puasa Bersama Keluarga

Guru Menulis | Thursday, 23 Mar 2023, 21:58 WIB

Perjalanan ramadhan di hari pertama berjalan lancar walaupun sebagian besar umat islam masih menyesuaikan dengan berbagai aktivitas harian, maklum saja mereka menjalani nya dengan berpuasa. Berbagai aktivitas ibadah terlihat jelas menggambarkan bulan ramadhan sebagai bulan yang penuh dengan keberkahan. Mulai dari sahur dimana setiap masjid berlomba-lomba untuk membangunkan kaum muslimin yang ingin berpuasa pada hari itu.

Ilustrasi buka puasa bersama keluarga sumber https://www.pinterest.com

Kemudian dilanjutkan dengan ibadah sholat shubuh yang berbeda dari biasanya dimana jamaah membludak sampai keluar masjid, hal yang sama juga terjadi pada saat kegiatan sholat jamaah yang lain. Masing masing masjid saling bersautan dalam mengumandangkan untaian bacaan alquran. sebuah pemandangan yang ada hanya di bulan suci ramadhan.

Berbagai rangkaian ibadah tersebut di penghujung waktu ditutup dengan kegiatan buka puasa. Bagi sebagian orang mungkin buka puasa dengan teman di tempat makan akan lebih sering dilakukan dibanding buka puasa dengan keluarga di rumah. Memang sudah menjadi kebiasaan setelah memasuki bulan puasa tentunya akan tiba saatnya banyak undangan untuk menghadiri kegiatan buka puasa bersama, baik itu dengan teman lama atau teman kantor.

Pemerintah baru saja mengeluarkan aturan larangan untuk berbuka puasa bersama untuk pejabat dan pegawai pemerintah selama bulan suci ramadhan hal tersebut tertulis di dalam surat yang ditandatangani oleh sekretaris kabinet No R-38/Seskab/DKK/032023. Dengan berbagai pertimbangan sehingga pemerintah mengeluarkan larangan berbuka puasa tersebut. Hanya saja hal tersebut tidak berlaku bagi masyarakat tetapi ini juga berdampak terhadap psikologis masyarakat.

Bagi sebagian orang berbuka puasa bersama keluarga merupakan sebuah keindahan anugerah yang tidak bisa ditukar dengan apapun. Apalagi di awal bulan suci ramadhan tahun ini bertepatan cuti bersama sehingga ini dimanfaatkan oleh sebagian besar umat islam untuk berbuka puasa bersama keluarga dirumah. Ketika aktivitas sudah berjalan seperti biasa kita belum tentu bisa berbuka puasa dirumah.

Berbuka puasa dirumah bersama keluarga memiliki banyak manfaat diantaranya bisa menghangatkan suasana didalam keluarga setelah seharian berpuasa, selanjutnya kita bisa menanamkan nilai-nilai positif kepada anggota keluarga, dan yang terakhir menciptakan kenangan indah bersama keluarga. Dan yang terakhir manfaat buka bersama yang paling utama adalah dapat menjaga tali silaturahmi. Buka puasa bersama keluarga menjadi kesempatan yang bisa digunakan untuk memperkuat hubungan antar anggota keluarga.

Dengan membiasakan semua anggota keluarga untuk berbuka puasa bersama di dalam keluarga selain menjadi solusi untuk mereka yang tidak bisa berbuka puasa diluar bersama teman-teman maka anda juga telah mengajarkan keluarga mengenai hal-hal positif.

Hery Setyawan Guru SMPN 42 Jakarta

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image