Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

Hai Gengs, Ingat Tuh Uang THR Natal Juga Wajib untuk Nambah Aset

Eduaksi | Monday, 20 Dec 2021, 11:34 WIB

Tunjangan hari raya (THR) diberikan jelang hari raya keagamaan semua agama, seperti halnya THR Natal untuk karyawan Kristiani pada 2021 ini. THR Natal sudah didapatkan, tak terkecuali untuk first jobber yang genap setahun bekerja.

Berbicara soal THR Natal, tentu saja pada 2021 ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Yup, pada Natal tahun ini Indonesia masih pada masa pandemi Covid-19 dengan ancaman varian barunya. Sudah dipastikan, berbagai pembatasan akan mengurangi kesemarakkan Natal 2021.

Kesadaran diri dibutuhkan semua pihak, tak terkecuali bagi karyawan Kristiani, dalam menyambut dan merayakan Natal 2021. Keputusan yang bijak juga diperlukan dalam mengalokasikan uang THR.

Pendapatan non upah yang menurut Permenaker Nomor 6 Tahun 2016 diberikan satu kali dalam satu tahun sesuai dengan hari raya keagamaan masing-masing karyawan tak melulu dialokasikan untuk hal-hal yang terkait dengan Hari Raya Natal.

Kalau biasanya uang THR Natal fokus dialokasikan untuk pemenuhan kebutuhan Natal hingga keperluan mudik, namun ada satu hal yang acap kali diabaikan kebanyakan orang, yakni untuk menambah aset.

Salah satu cara cerdas menambah aset yang bisa dilakukan adalah melakukan investasi. So, sebagian kecil uang THR yang didapatkan ada baiknya dialokasikan pada investasi.

Tak perlu banyak-banyak, idealnya nominal untuk investasi dari uang THR ini bisa 10 persen, meski jika bisa lebih dari 10% akan sangat bagus.

Adapun pilihan instrumen investasi yang cocok dipilih untuk para first jobber yang dapat THR untuk pertama kalinya, salah satunya adalah reksa dana.

Investasi reksa dana saat ini sudah mudah dilakukan dan bahkan dengan modal yang sangat terjangkau. Cukup dengan Rp100.000 saja para first jobber sudah bisa menikmati return yang bisa lebih tinggi dibanding pilihan deposito.

Cara investasinya pun praktis karena sudah serba online, semisal dengan dengan platform IPOTFund yang dimiliki sekuritas karya anak bangsa PT Indo Premier Sekuritas dengan tagline #SemuaBisaInvestasi.

IPOTFund sebagai supermarket reksa dana online terbesar di Indonesia yang kini telah disematkan pada aplikasi IPOT menawarkan lebih dari 273 produk reksa dana dari 43 Manajer Investasi terpercaya.

Para investor dari kalangan first jobber pun tinggal memilih reksa dana yang terbaik dengan fitur yang disediakan sehingga uang THR yang sengaja disisihkan untuk menambah aset ini benar-benar memberikan return tinggi sehingga asetnya pun benar-benar meningkat.

Tak banyak repot, dalam investasi reksa dana pun investor dari kalangan first jobber ini tinggal santai karena sudah ada Manajer Investasi (MI) yang akan mengelolanya dan tahu-tahu investor mendapatkan return sebagai bukti bertambahnya aset.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image