Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rafina Wulandari

Pagi Farm: Melirik Agroeduwisata Hidroponik di Bogor

Wisata | 2023-03-12 20:22:57

Bogor, 12 Maret 2023 sambil belajar tentunya merupakan hal yang sangat menarik, salah satu tempat tak jauh dari pusat Jakarta, Cimahpar Bogor ada lokasi Agroeduwisata Hidroponik bernama Pagi Farm.

Pagi Farm merupakan salah satu tempat yang menarik perhatian masyarakat, selain tempat tanaman hidroponik yang menyuguhkan tanaman hijau dan segar tentunya enak dipandang oleh mata, tempat ini juga menyediakan pelatihan hidroponik skala dasar, yang mana kegiatan ini bisa diikuti oleh semua kalangan yang memiliki minat dalam tanaman hidroponik, seperti pelajar yang memiliki program pembelajaran tentang hidroponik yang dapat memancing kreativitas dan kepekaan pelajar atau mahasiswa/i mengenai dunia pertanian yang tidak selamanya identik dengan kotor, bau dan lain-lain atau orang-orang pra pensiun yang memiliki minat dalam tanaman hidroponik yang bisa menjadi alternatif pekerjaan setelah pensiun.

Memiliki luas sebesar 3000 M dengan sekitar 30.000 ribu lubang tanaman yang ditata khusus untuk menjadi tempat tanaman hidroponik yang sangat menarik. Pagi Farm berdiri sejak tahun 2017 yang terus berkembang sampai sekarang dengan berbagai macam tanaman yang ditanam, mulai dari Pakcoy, Kangkung dan Caisim yang merupakan tanaman-tanaman oriental yang tentunya cocok dengan tempat dan udara di bogor. Dengan ketinggian 270 Mdpl membuat tanaman hidroponik di sini tumbuh subur dan mengalami perubahan yang sangat cepat dan signifikan.

Proses penanaman yang dilakukan di Pagi Farm membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan mulai dari jatuh benih (rockwool), persemaian selama sepuluh hari sampai masuk dalam meja produksi selama lima belas hari. Setelah itu tanaman tumbuh dengan baik dan siap untuk dipanen, salah satu ciri tanaman yang siap dipanen adalah warna daun yang hijau segar dan ukuran tanaman yang sudah membesar. Menggunakan sistem air yang terus mengalir di meja persemaian dengan tambahan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tanaman membuat hasil panen pun sangat bagus. Hasil dari panen tanaman hidroponik di Pagi Farm ini langsung diserahkan ke distributor yang sudah menjalin kerjasama dengan Pagi Farm.

Selain berbicara tentang sayur-sayuran di Pagi Farm juga ada penanaman kedelai. Tidak cuma itu, di Pagi Farm juga ada program Tempeland. Dimana program ini adalah pelatihan pembuatan tempe sendiri secara langsung dengan kedelai yang ditanam di Pagi Farm. Program ini dibuat khusus untuk mengedukasi masyarakat tentang pembuatan tempe dengan sistem pembelajaran fun learning.

Tempat agrowisata Pagi Farm ini menjadi salah satu tempat rekomendasi untuk bisa mengenal lebih dalam tentang tanaman hidroponik. Tempat yang bagus dan mengedukasi merupakan salah satu tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi saat sekarang ini, tentunya Pagi Farm adalah tempat yang paling pas.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image