Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Raka Arya Indraswara

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Merawat Bayi

Edukasi | Sunday, 12 Mar 2023, 16:56 WIB

Bogor, 12 Maret 2023. Sebagai orang tua, terlebihnya ibu pasti menginginkan yang terbaik untuk anak dari mulai awal masa kehidupannya. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga sang buah hati dari mulai masa kehamilan, proses melahirkan, hingga memperhatikan tumbuh kembangnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan sang buah hati.

Para wanita yang sudah menikah dan akan memiliki anak pasti akan mempunyai pengalaman menantang sekaligus membahagiakan. dari mulai proses kehamilan hingga melahirkan dan memperhatikan tumbuh kembang sang anak menjadi hal tersebut. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara merawat bayi dari mulai masa kehamilan hingga melahirkan.

Masa Kehamilan.

Saat masa kehamilan yang paling penting untuk dilakukan adalah melakukan pemeriksaan rutin kepada bidan atau dokter. Hal ini sangat penting untuk ibu hamil karena dari pemeriksaan rutin ibu hamil dapat mengetahui kondisi keshatan kandungan dan dirinya. Apabila ada gangguan bisa segera diatasi oleh dokter.

Meminum vitamin dan menjaga asupan nutrisi bagi ibu hamil juga tak kalah penting. Karena ibu hamil tidak hanya memerlukan nutrisi atau kalori untuk dirinya sendiri, melainkan sang bayi dalam kandungan pun memerlukan kalori tambhan agar tetap sehat. Apabila ibu hamil merokok, sangat di haruskan untuk berhenti karena sangat membahayakan bagi bayi dalam kandungan.

Lalu menjaga pola istirahat dan berolahraga secara teratur juga berpengaruh bagi ibu hamil. Olahraga teratur pada masa kehamilan dapat meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengurangi rasa sakit, dan juga meredakan stress untuk ibu hamil. Kurangi juga aktivitas yang tidak terlalu penting dan jangan lupa untuk beristirahat.

“untuk menjaga Kesehatan bayi dalam kandungan yang terpenting itu, meminum vitamin, periksa rutin, menjaga pola tidur dan olahraga. Jadi kalau itu semua dijaga dan dilakukan oleh sang ibu hamil, bayi dalam kandungan akan tetap sehat.” Kata bidan Fadela saat wawancara di daerah bogor timur.

Menjaga Kesehatan Bayi.

Setelah melahirkan tugas sang ibu adalah menjaga dan memperhatikan Kesehatan bayinya. Untuk menjaga bayi yang baru lahir paling penting untuk menjaga suhu tubuh sang bayi tetap stabil dan hangat. Bayi yang baru lahir juga harus diberikan nutrisi. Air Susu Ibu (ASI) menjadi sumber nbutrisi pokok bagi sang bayi dari baru lahir hingga usia 6 bulan. Dari ASI, bayi akan mendapatkan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan bagi pertumbuhannya.

“Menjaga kehangatan tubuh bayi sangat penting, caranya dengan sering dijemur. Untuk bayi yang baru lahir juga harus diberi ASI eksklusif dari ibunya selama 6 bulan. Jika ibunya mempunyai ASI yang yang banyak sangat disarankan untuk memakai ASI eksklusif, jika ASI nya sedikit diperbolehkan memakai support.” Kata bidan Fadela.

Untuk para ibu juga harus mengetahui penyakit yang sering menyerang bayi baru lahir dan cara menanganinya. Untuk penyakit yang paling sering menyerang bayi sendiri ada penyakit kuning. Memang tidak terlalu berbahaya karena bisa hilang dengan sendirinya dalam 10-14 hari. Jika lebih dari itu disarankan untuk melakukan pemeriksaan.

Pilek dan demam juga menjadi salah satunya, biasa muncul setelah bayi mendapatkan imunisasi. Untuk menanganinya yaitu sebaiknya dengan cara diperiksa terlebih dahulu oleh bidan lalu biasanya akan diberikan obat oleh bidannya untuk meredakan sakit pada sang bayi. Cara lainnya juga dengan mengkompres dengan kain basah kepada bayi dan juga menjaga suhu tubuh sang bayi.

“untuk menjaga Kesehatan bayi juga bisa langsung ke bidan, untuk bidan sendiri biasanya mengurus dari mulai kandungan hingga anak berusia 5 tahun.” kata bidan Fadela.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image