Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Vina Amanda

3 Alasan Kenapa Harus Memiliki Toko Online Sendiri

Bisnis | Thursday, 09 Mar 2023, 14:06 WIB

Toko online (e-commerce) sebenarnya sama dengan toko fisik yaitu terdapat penjual dan pembeli dan keduanya merupakan tempat terjadinya transaksi jual beli. Perbedaan yang mendasar adalah di toko fisik kita berkomunikasi dengan pembeli secara langsung, di toko online kita berkomunikasi dengan pembeli melalui perantara media seperti email, telepon dan media sosial.

Jika harus memilih salah satu, lalu apa alasan yang bisa menguatkan Anda untuk membuka toko online ketimbang toko offline (fisik)? Mungkin untuk saat ini banyak sekali masyarakat Indonesia yang berbelanja lewat toko online bukan?

Berikut ini akan kami jelaskan 3 Alasan Kenapa Harus Memiliki Toko Online Sendiri. Namun sebelum memiliki toko online, Anda harus memiliki domain dan hosting terlebih dahulu, salah satu hosting yang cocok untuk toko online adalah wordpress hosting DomaiNesia.

Pengertian Toko Online

Jadi dapat diartikan toko online atau pengertian toko online adalah sebuah website atau platform yang digunakan untuk menjual produk atau jasa kepada pelanggan melalui internet. Ini memungkinkan pelanggan untuk membeli produk atau layanan tanpa harus pergi ke toko fisik. Banyak toko online menawarkan pemesanan, pembayaran, dan pengiriman produk secara online, sehingga memudahkan pelanggan untuk berbelanja dengan cara yang lebih cepat dan mudah.

Toko online juga dapat menawarkan kemudahan kepada penjual untuk mengelola bisnis mereka secara efektif, meningkatkan pengembalian investasi dan meningkatkan penjualan. Padahal penjual atau pemilik toko tidak bertemu dan bertatap muka. Namun, melalui belanja melalui internet, pembeli dapat melihat pratinjau barang dan jasa melalui gambar, harga, dan informasi tentang produk lain yang disertakan.

Sangat mudah untuk melihat persamaan dan perbedaan antara toko online dan toko offline (toko fisik). Persamaannya adalah keduanya menjual produk atau layanan fisik yang sama. Jika toko fisik memiliki fasilitas berupa bangunan, ruko atau teras rumah yang dijadikan sebagai etalase atau juga berupa rak untuk memajang produk yang dijualnya.

Media Toko Online

Maka toko online tidak membutuhkan seperti yang disebutkan di atas. Pemilik toko online dapat mengoperasikan website atau aplikasi yang telah diprogram dengan bahasa pemrograman dan algoritma menggunakan komputer server (hosting). Program yang dimaksud akan menjadikan page space pada website untuk digunakan sebagai showcase yang berfungsi untuk menampilkan produk yang dijual dalam bentuk gambar, video atau file elektronik lainnya.

Juga buat fungsi dan algoritma program lain untuk dapat menerima pesanan dan pembayaran. Untuk dapat menampilkan foto produk, tambahkan ke troli (add to cart), check out dan proses pembayaran yang semuanya dilakukan di website.

Kemudian ada kegiatan dimana penjual harus mengirimkan produk yang telah dibeli kepada pembeli yang biasanya dilakukan melalui jasa pengiriman atau ekspedisi. Pengiriman biasanya baru dilakukan setelah pembayaran diterima atau pembayaran juga bisa dilakukan saat produk sudah diterima oleh pembeli (COD).

Platform Toko Online

Berbicara mengenai platform toko online (toko online), umumnya menggunakan platform berbasis website (web-based). Padahal e-commerce saat ini tidak hanya bisa diwujudkan dalam sebuah website. Aplikasi yang berjalan di platform Android atau iOS misalnya, juga bisa dikatakan sebagai toko online.

Tentunya ketika aplikasi melakukan aktivitas penjualan dan transaksi produk atau jasa secara online. Namun pembahasan pada artikel ini akan kami persempit bahwa toko online yang kami bahas pada artikel ini adalah toko online berbasis website.

Alasan Kenapa Harus Memiliki Toko Online Sendiri

Jangkauan Pemasaran Yang Lebih Luas

Jangkauan pemasaran toko offline lebih terbatas jika dibandingkan dengan jangkauan toko online karena biasanya hanya mencakup wilayah geografis tertentu. Hal ini berbeda dengan toko online yang dapat menjangkau pasar lebih luas tanpa dibatasi oleh wilayah geografis, bahkan dapat menjangkau masyarakat di luar Indonesia. Cukup dengan membuat website untuk toko online Anda, barang yang Anda jual dapat dengan mudah dilihat oleh seluruh orang dari mana saja.

Promosi Tanpa Batas

Selain tidak dibatasi oleh sebuah tempat, toko online juga tidak dibatasi oleh waktu. Anda dapat mempromosikan dan menjual produk Anda 24/7. Konsumen dapat secara otomatis mengakses situs toko online Anda kapan saja, siang atau malam. Melalui media sosial khususnya, masyarakat Indonesia banyak yang memiliki media sosial.

Mudah Dijalankan

Baik Anda di rumah, beraktivitas di luar, atau pun berlibur ke luar kota, Anda tetap dapat mengelola toko online Anda karena bisnis ini tidak memerlukan kantor tetap untuk memudahkan menjalankan toko Anda. Anda hanya memerlukan perangkat seluler yang bisa mengakses internet untuk menjalankan dan mengontrol toko Anda.

Demikian ulasan tentang 3 Alasan Kenapa Harus Memiliki Toko Online Sendiri semoga bermanfaat.

Sumber: https://www.domainesia.com/hosting-wordpress/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image