Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Umita Nisviya

Harga Bahan Pokok Naik, Benarkah Menjadi Tradisi Mendekati Bulan Ramadhan?

Info Terkini | Sunday, 05 Mar 2023, 19:41 WIB

Tak terasa bulan Ramadhan sudah tinggal menghitung minggu. Sudah menjadi rahasia umum jika harga bahan pokok akan mengalami kenaikan ketika datangnya bulan Ramadhan. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Menjelang bulan Ramadhan tahun ini juga diprediksi akan terjadi kenaikan harga bahan pokok. Sebagai masyarakat yang pintar kita perlu tau nih, apasih penyebab harga bahan pokok tersebut naik?

Toko Bahan Pokok, Blimbing, Kota Malang

Apa penyebab bahan pokok naik ketika menjelang bulan Ramadhan?

Kenaikan harga bahan pangan sudah menjadi tradisi ketika menjelang bulan Ramadhan. Mengapa ini terjadi? Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Salah satunya adalah terjadi peningkatan permintaan sembako itu sendiri. Selain itu faktor pendistribusian bahan itu sendiri juga menjadi alasan mengapa terjadi hal tersebut. Pun persediaan bahan pokok itu sendiri juga tidak bertambah.

1. Permintaan bahan pokok yang meningkat.

Seperti yang sudah kita ketahui ketika Ramadhan tiba besar peluang permintaan akan meningkat. Karena apa? Hal ini disebabkan karena banyak ibu rumah tangga yang akan memasak dalam jumlah besar. Pastinya bukan tanpa alasan para ibu rumah tangga melakukan hal ini. Alasannya adalah selain untuk berbuka keluarga sendiri, banyak di masjid-masjid orang yang bertadarus dan pastinya disediakan masakan atau camilan untuk dihidangkan kepada orang tersebut.

Di sisi lain para pedagang pun tidak dapat menghindari hal tersebut karena ketika permintaan meningkat dan penawaran tetap maka akan terjadi harga keseimbangan pasar.

2. Distribusi bahan pokok.

Ketika permintaan akan barang meningkat pastinya ketersediaan barang tersebut akan cepat habis. Hal ini mengharuskan tempat produksi yang memiliki jarak tempuh dekat ataupun jauh akan mendistribusikan barang tersebut dan membutuhkan waktu yang lama. Proses ini tentunya dilakukan agar kebutuhan bahan pokok menjelang Ramadhan dapat terpenuhi.

3. Ketersediaan bahan pokok.

Hal ini menjadi pengaruh penting dalam kenaikan harga bahan pokok menjelang bulan Ramadhan. Ketika ketersediaan bahan pokok didalam pasar tetap namun permintaan naik maka akan terjadi kelangkaan. Kelangkaan ini lah yang menyebabkan kenaikan harga bahan pokok menjelang bulan Ramadhan.

Lalu bagaimana kah solusi agar bahan pokok menjelang bulan Ramadhan dapat dikontrol dan tidak melampaui batas kemampuan beli oleh masyarakat? Ada beberapa cara agar harga bahan pokok tidak mengalami kenaikan menjelang bulan ramadhan. Salah satunya adalah dengan menambah persediaan bahan pokok itu sendiri. Dengan cara ini maka kenaikan permintaan akan dapat terpenuhi dan dapat mencapai keseimbangan pasar dimana jumlah penawaran sama besarnya dengan jumlah permintaan yang ada.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image