Ethan Zuckerman: Penemu Iklan Pop-Up di Internet
Teknologi | 2021-12-18 22:55:30
Iklan menjadi salah satu hal yang menyebalkan ketika kita sedang online apalagi jika iklan tersebut merupakan iklan pop-up yang tiba-tiba muncul dan sulit ditutup. Lalu siapakah otak dibalik iklan pop-up ini ?
Iklan pop-up berasal dari situs halaman web hosting Tripod.com pada pertengahan 1990-an yang diciptakan oleh Ethan Zuckerman.
Ethan lahir pada tanggal 4 Januari 1973. Ia merupakan salah satu anggota staf pertama Tripod.com, salah satu perusahaan "dot com" pertama yang pernah ada . Situs web ini berfokus pada periklanan yang khusus diperuntukkan bagi lulusan perguruan tinggi.
Awal mula Ethan menciptakan iklan pop-up karena sebuah perusahaan mobil besar ketakutan telah membeli iklan banner di halaman yang menampilkan konten seksual. Agar tidak mengecewakan pengiklan, Ethan diminta untuk membuat cara baru untuk menampilkan iklan di situs.
Tripod menyusun gagasan iklan tidak muncul di laman asli sebuah web tetapi muncul pada halaman terpisah. Hal ini akan membuat pengiklan tidak berasosiasi dengan halaman utamanya, meski itu adalah situs porno.
Ethan lalu merancang kodenya dan hal ini diterapkan. Idenya digunakan bahkan sampai detik ini. Iklan pop-up dianggap sebagai solusi untuk menunjukkan iklan kepada pengguna internet yang sedang browsing.
Namun Ethan kini menyesalinya. Iklan yang menargetkan pengguna internet kini menjadi hal yang dianggap mengganggu.
“Sepanjang jalan, kami akhirnya membuat salah satu alat yang paling dibenci di perangkat pengiklan: iklan pop-up. Itu adalah cara untuk mengaitkan iklan dengan halaman pengguna tanpa menempatkannya langsung di halaman, yang dikhawatirkan pengiklan akan menyiratkan hubungan antara merek mereka dan konten halaman. Secara khusus, kami datang dengan itu ketika sebuah perusahaan mobil besar ketakutan bahwa mereka telah membeli iklan banner di halaman yang merayakan seks anal. Saya menulis kode untuk meluncurkan jendela dan menjalankan iklan di dalamnya. Maafkan saya. Niat kami baik,” tulisnya di The Atlantic.
Pengguna pada umumnya setuju bahwa iklan pop-up adalah bagian dari ancaman periklanan yang terus mengganggu internet. Tapi pengiklan terus-menerus berhutang budi kepada Ethan karena idenya.
Ia memiliki maksud yang baik atas ciptaannya. Namun, beliau tetap meminta maaf karena telah menciptakan iklan pop-up tersebut.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.
