Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Andi Rahmadi

Contoh Sikap yang Menunjukkan Semangat Kebhinekaan dalam Hidup Berbangsa

Sekolah | Saturday, 25 Feb 2023, 20:28 WIB
sumber: Pixabay

Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman sangat luas, mulai dari agama, suku, ras, budaya, bahasa, hingga ciri fisik. Keberagaman bukanlah sesuatu yang menciptakan perpecahan, namun dengan keberagaman akan ada rasa saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

Ketika berada di lingkungan sosial, kita harus bisa menunjukkan sikap semangat kebhinekaan dengan saling menghormati dan menghargai. Meneguhkan sikap kebhinekaan penting untuk menciptakan kehidupan sosial yang rukun dan bersatu. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas contoh sikap yang menunjukkan semangat kebhinekaan dalam hidup berbangsa dan bernegara.

1. Menghormati Perbedaan Agama dengan Tetangga Sekitar

Jika kita memiliki tetangga yang berbeda agama, maka sikap yang benar adalah kita harus menghormatinya, memperlakukan dengan baik, serta tidak mendiskriminasi tetangga yang berbeda agama. Dengan begitu, kebhinekaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara akan kokoh.

2. Mengikuti Kegiatan Kemasyarakatan dan Gotong Royong

Semangat menjaga kebhinekaan juga dapat ditunjukkan dengan rajin mengikuti kegiatan gotong royong yang diadakan di lingkungan masyarakat. Kegiatan yang dilakukan bersama-sama ini dapat memupuk persatuan dan rasa saling menghargai di lingkungan masyarakat.

3. Tolong Menolong tanpa Membeda-bedakan

Dalam hal tolong menolong, hendaknya itu dilakukan dengan ikhlas dan tanpa membeda-bedakan latar belakang orang yang ditolong. Artinya, orang yang berbeda suku, agama, atau bahkan kebudayaan tetap harus kita tolong jika mereka membutuhkan pertolongan.

4. Menghormati Suku dan Budaya Lain

Semangat kebhinekaan juga bisa ditunjukkan dengan cara saling menghormati suku dan budaya lain. Kita tidak boleh menghina, merendahkan, atau menjelek-jelekkan suku budaya lain agar tidak terjadi perpecahan dan permusuhan.

Itulah beberapa contoh sikap semangat dalam menjaga kebhinekaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan rasa saling menghargai dan menghormati perbedaan, maka kehidupan sosial masyarakat akan rukun dan bersatu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image