Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Linda Erlina

Penting! Ini Dia 5 Kunci Hidup Sehat dan Panjang Umur

Gaya Hidup | Friday, 24 Feb 2023, 19:32 WIB
Yuk, kita mulai hidup sehat dengan berolahraga (Sumber: https://martinswellness.com/)

Penuaan terjadi dari waktu ke waktu. Pertambahan usia menjadi salah satu hal yang patut kita syukuri. Hidup sehat dan panjang umur adalah impian setiap insan. Namu, apa kunci untuk mencapai hidup sehat dan umur panjang?

Mungkin dua atau tiga tahun yang lalu, tubuh ini masih terasa bugar, banyak bisa melakukan pekerjaan mulai dari yang ringan sampai yang berat. Begadang pun tidak menjadi masalah. Namun ketika manusia mulai memasuki usia sekitar 30, maka mulai muncul tanda-tanda “jompo”, misalnya badan terasa lebih mudah lelah, leher dan pinggang mungkin terasa pegal.

Hal ini tentu sangat wajar, mengingat usia biologis juga akan dialami oleh sel, jaringan dan organ tubuh kita. Semakin tertambah usia, proses regerenasi sel pun juga akan semakin melambat, kinerja metabolisme juga akan semakin lambat. Oleh karena itu, pada masa-masa ini, peluang untuk terkena penyakit degeneratif dan metabolik seperti diabetes melitus, hipertensi, osteoporosis dan jantung juga makin tinggi.

Celakanya, hal ini dipercepat dengan adanya tren gaya hidup sedenter yang sangat terbatas gerak tubuhnya. Tuntutan pekerjaan yang tinggi mengakibatkan, kita lebih banyak pada posisi duduk seharian. Bayangkan saja jika kita masuk kantor pukul 08.00, lalu pulang pukul 18.00, selama 10 jam dihabiskan hanya untuk duduk di depan komputer. Hal ini akan terakumulasi, hari ke hari, bulan ke bulan dan tahun ke tahun. Jika kita tidak “aware” dengan peluang berkembangnya penyakit metabolik dan degeneratif, maka implikasinya tentu akan sulit hidup sehat di masa tua nanti.

Oleh karena itu, berikut 5 kunci hidup sehat dan panjang umur yang telah diringkas dari beragam sumber termasuk dari praktisi kesehatan dan juga jurnal penelitian bidang kedokteran dan kesehatan.

1. Jaga pola makan dan perhatikan komposisi isi piringku

Langkah pertama kita harus mawas diri dengan apa yang kita makan dan kapan kita makan. Makanan yang kita konsumsi harus mengikuti dengan aturan jumlah kebutuhan kalori harian. Cara mengeceknya cukup mudah, kita bisa menghitung makanan yang dikonversi ke kalori dengan menggunakan aplikasi pada smartphone atau menggunakan website. Pastikan paket internet cepat kita berfungsi dengan baik, karena ada saat melakukan konversi ada proses pengiriman data baik berupa teks maupun gambar.

Komposisi isi piring juga menjadi pertimbangan penting, apakah nutrisi yang kita konsumsi sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan standar gizi harian. Pemenuhan standar gizi harian ini mudahnya adalah kita cukup inspeksi, apakah isi piring saya sudah ada karbohidrat, serat, protein, lemak dan juga ditambah dengan buah sebagai sumber vitamin. Komposisi berapa perbandingannya pun juga sebaiknya diperhatikan. Jangan sampai nanti kebanyakan lemak atau salah satu komponen lainnya. Pola makan dengan diet seimbang akan membantu metabolism tubuh lebih baik dan optimal.

2. Bergerak..bergerak bergerak

Aktivitas yang minim, lebih banyak rebahan dan duduk dapat menjadi momok terbesar bagi kesehatan tubuh kita. Meskipun jadwal kita padat sekali. Minimal kita bisa melakukan peregangan, atau kegiatan olahraga kecil di sela pekerjaan. Jika waktunya lebih luang pada hari sabtu, minggu atau hari libur, maka mengikuti panduan olahraga online dapat menjadi salah satu jalan ninja. Beragam aplikasi dan juga tutorial untuk olahraga singkat, yoga, dan senam dapat diakses dengan mudah melalui laptop dan smartphone. Faktor kecepatan internet dan stabilitas menjadi kunci penting di sini. Paket internet cepat tentunya sangat diperlukan. Misalnya saja pada saat kita mengikuti kelas yoga online melalui Zoom, namun ternyata internet kita tidak stabil, maka kita bisa terlempar dari Zoom berulang kali dan nantinya malah tidak maksimal. Bisa jadi pada saat kita memutar video tutorial Zumba dari YouTube, internetnya tidak mumpuni, maka nanti akan buffer terlalu lama.

3. Bangun pikiran positif demi kesehatan mental

Kesehatan mental menjadi tren utama saat ini. Terutama banyaknya orang yang mengalami “burn out” akibat semakin tingginya tuntutan pekerjaan dan juga tingkat stress yang tinggi. Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun pikiran positif untuk menjaga kesehatan mental kita. Beberapa cara dapat ditempuh untuk mengurangi stress dan burn out. Salah satunya adalah dengan berkonsultasi dengan psikolog atau tenaga kesehatan lain yang kompeten di bidang kesehatan mental. Proses konsultasinya juga saat ini sudah semakin mudah dengan adanya platform online. Oleh karena itu, paket internet cepat sangatlah dibutuhkan. Jangan sampai ketika kita sedang konsultasi, namun ternyata terkendala dengan internet yang terputus.

4. Jangan lupa healing dengan menjalankan hobi

Healing menjadi jalan ninja untuk meredakan stress. Selain itu, kita juga harus ingat bahwa work life balance itu sangat penting. Pekerjaan akan selalu ada dan tidak ada habisnya. Jiwa dan raga kita perlu istirahat sejenak dari hiruk pikuk deadline dan tugas dari atasan. Demi terciptanya healing yang hakiki, kita bisa menjalankan hobi kita misalnya bercocok tanam, main dengan hewan peliharaan, nonton di platform OTT atau juga bahkan traveling. Pastikan paket internet cepat kita berfungsi pada poin ini, karena proses healing akan menjadi tidak maksimal kalau kita kekurangan informasi untuk melaksanakan hobi kita.

5. Bersosialisasi dan membangun relasi itu perlu

Manusia teorinya adalah makhluk sosial. Ini sangat benar adanya. Jika dulu kita berbatas harus bertemu face to face, jaman sekarang sudah lebih banyak kemudahan dalam membangun relasi dan bersosialisasi. Dengan membangun relasi baru, kita sebenarnya dapat merecharge kembali pikiran kita, apalagi jika kita bertemu dengan orang-orang yang satu frekuensi dengan kita punya kesamaan latar belakang, hobi atau hal spesifik lainnya. Secagai contoh, saya suka bergabung di grup traveler. Di sana saya mendapatkan banyak teman yang juga sama-sama hobi jalan-jalan dan eksplorasi hal baru. Dalam beberapa kesempatan, saya juga berkomunikasi dengan menggunakan platform meeting online. Oleh karena itu, saya memastikan paket internet cepat saya berfungsi dengan baik.

Tentunya ada metode lainnya yang dapat kita jalankan selain lima kunci untuk mencapai hidup sehat dan panjang umur. Apalagi di era ini semua sudah berbasis internet. Rasanya mati gaya kalau internetnya lemot. Salah satu rekomendasi paket internet cepat misalnya layanan dari IndiHome dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Beragam layanan dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita, mulai dari paket internet bundling dengan Netflix dan Disney, hingga paket internet + phone untuk 7-10 perangkat sekaligus. Promonya juga banyak sehingga sangat menarik dan terjangkau. Kecepatannya juga bisa mencapai 100Mbps, sehingga bisa terhindar dari loading lama. Jadi kalau bisa internetan cepet, buat apa pilih yang lama?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image