Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Liza Arjanto

Sudah Memasuki Usia 50 Tahun? Mulailah dengan Tips Hidup Sehat dan Bahagia Ini

Gaya Hidup | Wednesday, 22 Feb 2023, 06:37 WIB
Sehat dan bahagia di usia lansia ( Foto : dokpri)

Akhir tahun 2023, saya akan memasuki usia setengah abad, 50 tahun. Tak terbayangkan sebelumnya -pada akhirnya- saya pun harus bersiap-siap memasuki gerbang lansia. Satu titik kehidupan, dimana banyak sekali keluhan yang muncul berkaitan dengan masalah kesehatan. Mau tidak mau saya harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar tetap bisa menjalani hidup dengan baik dan bahagia.

Tak ada jalan lain, kecuali mulai menerapkan pola hidup sehat. Sebab hidup sehat itu pilihan. Sementara kebahagiaan harus diperjuangkan. Salah satunya dengan menjaga kesehatan diri, baik secara fisik maupun mental.

Berikut tips hidup sehat dan bahagia yang bisa kita lakukan sehari-hari:

1. Atur pola makan

Tidak bisa dipungkiri, asupan makanan sangat memengaruhi kesehatan kita. Terlebih jika kita memiliki riwayat penyakit bawaan seperti diabetes, darah tinggi, ataupun jantung. Menjaga pola makan menjadi hal yang tidak bisa ditawar. Kurangi konsumsi gula, makanan berlemak dan yang mengandung penyedap rasa buatan, serta menghindari makanan yang bisa memicu munculnya penyakit dalam tubuh kita.

Mulai konsumsi makanan secara seimbang, banyak konsumsi makanan berserat, buah-buahan, susu berkalsium tinggi serta banyak minum air putih akan bantu menjaga kesehatan tubuh kita.

2. Perbaiki jadwal harian

Jika sebelumnya kita terbiasa tidur lewat tengah malam untuk menyelesaikan pekerjaan, memasuki usia lansia hal itu harus segera dihentikan. Dari hasil penelusuran dengan menggunakan paket internet cepat, saya mendapat infomasi bahwa tidur di atas jam 10 malam itu tidak baik bagi kesehatan. Karena antara pukul 22.00-02.00 adalah waktu terbaik untuk memulihkan fungsi hati setelah bekerja keras sepanjang hari.

Sementara fungsi hati sendiri adalah menghancurkan racun dalam darah hingga bantu proses pencernaan. Jika organ hati tidak berfungsi dengan baik, tentu akan menimbulkan masalah serius bagi kesehatan kita.

3. Lakukan aktivitas yang menyenangkan

Seiring bertambah usia, lingkup pergaulan kita pun akan semakin terbatas. Kita hanya merasa nyaman bersama orang-orang yang telah cukup lama kita kenal dan memberi energi positif bagi diri kita. Bersama mereka kita bisa melakukan berbagai aktivitas yang cocok untuk lansia.

Berbagai kegiatan positif yang cocok dilakukan untuk para lansia, yaitu:

Berjalan kaki sangat baik untuk tetap sehat dan bahagia (Foto : Mama Sakhi)

Berjalan kaki

Berjalan kaki secara konsisten minimal 10.000 langkah setiap hari, akan bantu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik dan meningkatkan kesehatan jantung serta sendi. Selain itu, tentu saja meningkatkan energi tubuh dengan memproduksi hormon endorphin yang bertanggung jawab untuk memunculkan rasa bahagia dalam diri kita dan mengurangi stres. Jika kegiatan ini kita lakukan bersama-sama dengan orang-orang yang kita sayangi, tentu efeknya akan jauh lebih besar.

Nonton film

Nonton film pun bisa menjadi acara yang menyenangkan. Luangkan waktu menikmati tontonan film di rumah saja bersama keluarga atau teman-teman dekat. Jika memiliki jaringan IndiHome di rumah, kita bisa lho menonton film terbaru dengan memanfaatkan paket internet cepat produk Telkom Indonesia ini.

Berkumpul dengan teman yang memiliki frekuensi sama

Berkumpul, bertatap muka, saling bertukar pikiran dengan teman-teman yang memiliki frekuensi sama akan membantu kita mengurangi beban stres dan emosi. Kita tahu, seringkali berbagai penyakit fisik diakibatkan pikiran yang sesak dan emosi yang kita rasakan. Kegiatan seperti ngeteh atau ngopi bareng sore hari serta mengikuti kegiatan majelis taklim sangat bermanfaat bagi kesehatan mental lansia.

Ngeteh atau ngopi bareng teman-teman bisa mengurangi stres (Foto : Dokpri)

Memperbanyak ibadah

Salah satu hal yang penting untuk disiapkan saat memasuki usia lansia adalah mempersiapkan bekal untuk menjalani kehidupan setelah kematian. Tidak ada yang bisa menghindari datangnya kematian. Cepat atau lambat kematian akan datang menyapa.

Memperbanyak ibadah menjadi sebuah kemestian agar kita bisa memaknai kehidupan dengan lebih baik. Selain ibadah-ibadah harian yang bersifat pribadi, kita juga bisa mengikuti kajian-kajian keagamaan, baik secara tatap muka atau kajian-kajian online dengan memanfaatkan paket internet cepat. Kegiatan ini bisa membantu kita mengurai beban pikiran dan stres yang kita alami dalam keseharian dan membuat kita lebih berbahagia.

Manfaatkan media sosial dengan bijak

Kehidupan kita saat ini, hampir tak bisa lepas dari internet. Bahkan bagi lansia sekalipun. Kita bertukar kabar dan mengetahui kondisi keluarga besar dan teman-teman lebih banyak dengan menggunakan media sosial. Begitu juga cara kita mengetahui kondisi diberbagai belahan dunia. Dengan adanya paket internet cepat dari IndiHome, kita bisa mudah berinteraksi dengan mereka.

Namun media sosial juga memiliki dampak negatif, terutama bila memiliki circle pertemanan yang membawa vibe negatif. Sejumlah informasi negatif yang terus-menerus disebarkan akan membuat emosi kita terpancing. Sudah saatnya membatasi jumlah pertemanan dan seleksi memilih circle, agar kita merasa nyaman saat bersosial media.

Selain itu, manfaatkan waktu bersosial media untuk melakukan hal-hal baik dan bermanfaat. Seperti menyebarkan hal-hal baik dan membangun personal branding, mana tahu rezeki menghampiri dengan melakukan kegiatan positif. Ya kan? Hindari menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak berfaedah seperti mengikuti war-war yang tak kunjung selesai. Lansia harus lebih bijak bersosial media!

4. Cek kesehatan secara berkala

Bertambahnya usia seringkali diiringi dengan melemahnya kemampuan metabolisme tubuh. Dari situ, muncullah bermacam keluhan yang membuat tubuh kita terasa tak nyaman. Namun, untuk meminimalisir berbagai keluhan yang mungkin datang, ada baiknya kita melakukan cek kesehatan secara berkala.

Untuk melakukan cek kesehatan, kita bisa memanfaatkan posyandu (biasanya di perumahan yang mayoritas penghuninya lansia atau pra lansia, posyandu memiliki program kesehatan untuk lansia.Seperti cek asam urat, darah tinggi atau gula darah) atau puskesmas dan rumah sakit terdekat. Selain itu, kita bisa melakukan konsultasi online diberbagai situs kesehatan terpercaya.

Menuliskan tips hidup sehat dan bahagia di atas, bagi saya pribadi, menjadi semacam resolusi yang harus saya jalani. Hidup sehat itu harus diupayakan, agar menjadi lansia berdaya yang sehat, dan bahagia. Yuk, bisa...!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image