Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nando Rifky

Mengenal NFT Marketplace dan Cara Kerjanya

Teknologi | Saturday, 18 Dec 2021, 06:13 WIB

Pada perkembangan teknologi saat ini, banyak sekali peluang untuk menghasilkan uang secara berlimpah. Salah satunya adalah NFT Marketplace, NFT sendiri memiliki kepanjangan Non Fungible Token.

Selain itu, banyak sekali orang yang meraih keuntungan yang cukup banyak dari NFT Marketplace ini. Dari jutaan hingga miliaran dari NFT tersebut. Sehingga hal ini sangat cocok buat Anda ingin mencari uang tambahan dari platfrom khusus tersebut.

Nah, untuk lebih lanjutnya lagi mengenai NFT Marketplace dan cara kerjanya maka simaklah ulasan berikut ini.

Apa Itu NFT Marketplace ?

NFT Marketplace adalah sebuah platform khusus NFT yang dapat diperjual belikan. NFT Marketplace sendiri juga memiliki arti sebuah pasar yang hampir mirip dengan Amazon atau eBay untuk menjual atau membeli barang tapi hanya khusus pada produk NFT tersebut.

Selain itu, NFT Marketplace dapat melakukan jual beli dan membuat token NFT untuk menampilkan kepemilikan misalnya item unik, baik yang berwujud (fisik) atau tidak berwujud (digital).

Sejak adanya DeFi Summer pada tahun 2020, grafik dari platfrom tersebut meningkat secara pesat dari ratusan juta dollar AS hingga 20 M dolar AS. Hal ini menjadi NFT merupakan salah satu crypto yang paling berpengaruh.

Mengapa dengan demikian? Karena banyak sekali para investor hingga artis dunia yang terlibat dalam perdagangan aset NFT. Dilansir dari Publikasimedia.com, pasar NFT berhasil mencatat rekor penjualan hingga sebesar $2,5 miliar di tahun 2021.

4 Platfrom NFT Marketplace

Pada dasarnya, NFT sendiri memiliki 2 jenis yaitu universal dan khusus. Untuk universal menyediakan beragam aset. Sedangkan untuk khusus biasanya menjual belikan aset tentang item game, koleksi kartu digital, dan real estate virtual.

1. OpenSea

OpenSea merupakan salah satu pasar NFT yang sangat populer yang memiliki basis blockchain Ethereum. Dengan ada OpenSea ini, Anda akan menemukan beragam NFT yang menampilkan kepemilikan atas karya seni, item virtual dan koleksi kartu.

Bukan hanya itu saja, di OpenSea Anda juga dapat memperjual belikan karya mereka.

2. Rarible

Marketplace yang paling populer lainnya adalah Rarible. Rarible ini memiliki komunitas yang terdiri dari pemilik Token RARI. Disini Anda akan menemukan banyak koleksi seni dan item di bagian Top Collections, Top Sellers, Hot Bids dan Live Auctions.

3. SuperRare

Selain marketplace Rarible, Supercare juga merupakan salah satu marketplace yang cukup trending untuk barat ini. Supercare ini bekerjasama dengan seniman yang terkenal agar menghasilkan koleksi digital yang diamankan dengan kriptografi dalam blockchain (CryptoArt).

Menariknya, platfrom ini juga sering kali mengadakan pameran agar dapat menarik para pembelinya.

4. Nifty Gateway

Nifty Gateway adalah sebuah platform yang menjual Nifty misalnya item digital. Akhir-akhir ini, platform Nifty menjadi salah satu marketplace yang populer.

Baca Juga: Fungsi dan Jenis Cryptocurrency

Mengapa? Karena platfrom ini dapat menjual karya dari seniman yang terkenal seperti Steve Aoki, deadmau5 dan Beeple. Mereka dapat menjual karya seni hingga mencapai $69,3 juta untuk karyanya “Everyday’s: The First 5000 Days”.

Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Menggunakan NFT Marketplace

Ada hal harus yang perlu diketahui dalam mengakses NFT Marketplace. Dengan begitu, Anda akan akan berjalan lancar seusai keinginan.

1. Membuat Akun

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun. Anda dapat mendaftarkan terlebih dahulu di salah Marketplace tersebut. Biasanya setiap marketplace biayanya berbeda-beda.

2. Dompet Crypto

Dompet Crypto merupakan tempat untuk menyimpan coin jika Anda ingin bertransaksi NFT. Biasanya Dompet Crypto berbeda beda pada setiap marketplace.

Salah satu dompet crypto lengkap dengan fitur jual beli aset coin cryptocurrency adalah Pintu. Disini, Anda bisa melakukan jual beli dan investasi coin dengan harga final. Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, tak heran jika Pintu aplikasi crypto terbaik dan termudah di Indonesia.

3. Persiapkan Coin

Setelah membuat akun dan dompet crypto, Anda juga harus mempersiapkan coin. Anda harus melakukan pengisian coin crypto tersebut agar dapat memperjualkam coin itu sendiri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image