Fungsi dan jenis cryptocurrency

Image
EKRUT Official
Olahraga | Monday, 28 Jun 2021, 11:52 WIB
www.ekrut.com

Cryptocurrency belakangan ini menjadi topik yang sering dibicarakan oleh masyarakat. Terlebih karena di bulan Mei lalu, Elon Musk mengunggah sebuah cuitan di akun Twitternya yang menyebabkan harga mata uang kripto mengalami penurunan yang tajam. Padahal, seperti yang kita ketahui pada awal tahun 2021 ini mata uang kripto tengah mengalami kenaikan yang cukup tajam.

Sebelum kita membahas lebih dalam terkait cryptocurrency, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu cryptocurrency. Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang dijamin dengan kriptografi. Kriptografi sendiri adalah ilmu terkait enkripsi untuk menjaga keamanan pesan dengan cara menjadikan pesan tersebut tak bermakna atau sulit dibaca.

Ingin tahu lebih dalam tentang fungsi dan jenis cryptocurrency? Baca sampai habis ya!

Fungsi cryptocurrency

Menurut Achie Mahfudloh - Founder Stockgrow, cryptocurrency memiliki 4 fungsi sebagai berikut:

1. Transaksi

Di jaman yang serba maju ini, banyak perusahaan atau organisasi yang telah menerima pembayaran dengan menggunakan mata uang digital ini. Mulai dari perusahaan perhotelan, penerbangan, restoran, hingga aplikasi. Menurut Cointelegraph beberapa contoh perusahaannya yaitu Dell, Microsoft, Shopify, dan Subway pada beberapa lokasi.

2. Mining

Dalam menjalankan bisnisnya, beberapa perusahaan akan mendapatkan imbalan berupa Bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

3. Investasi

Dalam cryptocurrency, jika jumlah permintaan naik maka harga mata uang ini akan naik pula. Maka dari itu, makin banyak orang yang berinvestasi, makin naik juga harga cryptocurrency. Tapi perlu kamu ingat bahwa investasi cryptocurrency termasuk dalam kategori high risk.

4. Trading

Banyak orang memanfaatkan cryptocurrency untuk trading karena fluktuasi harganya yang tinggi. Jika dibandingkan dengan investasi tradisional seperti saham ataupun aset lainnya, cryptocurrency dianggap memiliki potensi pengembalian yang jauh lebih tinggi. Namun, perlu diingat lagi cryptocurrency memiliki prinsip high risk high return.

3 Jenis cryptocurrency

Dunia cryptocurrency tengah berkembang pesat, buktinya per Januari 2021 telah terdapat lebih dari 4.000 cryptocurrency yang ada di seluruh dunia. Ini dia, 3 cryptocurrency yang paling dikenal:

1. Bitcoin (BTC)

Bitcoin dikenal juga sebagai the king of cryptocurrency. Pasalnya, bitcoin menjadi aset kripto yang paling banyak diperdagangkan sekarang ini.

Bitcoin diciptakan oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Sekarang ini, total nilai kapitalisasi pasar bitcoin di pasar mata uang kripto telah mencapai 1,064 triliun dollar AS atau setara dengan Rp 15.428 triliun.

2. Dogecoin (DOGE)

Diciptakan oleh Jackson Palmer - manager Adobe Inc. di Sydney sebagai sindiran pada cryptocurrency.

Pada tahun 2021 ini popularitas Dogecoin tengah naik pesat hingga 5.000 persen. Hal tersebut terjadi akibat dukungan dari cuitan Elon Musk - CEO Tesla yang menyebutkan bahwa Dogecoin adalah mata uang kripto favoritnya.

3. Litecoin (LTC)

Litecoin diciptakan oleh seorang lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang bernaama Charlie Lee. Litecoin sendiri adalah modifikasi dari Bitcoin.

Litecoin memiliki kelebihan yaitu menawarkan kecepatan transaksi yang lebih unggul serta batas total token yang lebih tinggi.

Ketahui juga 2 jenis cryptocurrency populer lainnya dan plus minus dari cryptocurrency melalui artikel ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Peringati HUT DWP BPKP ke 22 BPKP Banten Gelar Bakti Sosial Anak Yatim dan Dhufa

Image

Perkumpulan Grup WA Para Youtuber SeIndonesia

Image

Transaksi Elektronik (E-Commerce) dalam Ekonomi Islam

Image

Download FF Mod Apk Unlock All skin Versi Terbaru

Image

GTA SA Lite Versi Terbaru Dengan Ukuran Kecil

Image

Pembagian Sembako kepada Warga di Dusun Jetis oleh Mahasiswa PMM UMM

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image