Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dakwahpedia

Strategi Dakwah Islam di Era Modern

Agama | Wednesday, 15 Feb 2023, 18:23 WIB
Dakwah di era modern

Dakwah islam di zaman modern

Perkembangan teknologi yang serba canggih ini adalah tantang besar para kader dan para jurusan dakwah untuk terus memikirkan bagaimana cara berdakwah yang relevan sesuai dengan zaman ini. Termasuk memikirkan dalam sebuah ijtihad dalam mencari metode dakwah yang bisa disalurkan ke berbagai media sosial seperti facebook, twitter dan media lainnya.

Dakwah Islam adalah sebuah upaya keras orang-orang beriman untuk mempengaruhi hal yang bernilai baik dan mengajak umatnya selalu mengikuti ajaran Agama Islam dan diterapkan dalam segala aspek kehidupan. Di zaman sekarang tugas mengajarkan dakwah bukan sebuah kewenangan ulama melainkan di mana saja, kapan saja dan dengan cara apa saja, masyarakat umum bisa berdakwah. Bagaimanapun juga, dakwah adalah tuntutan yang harus dijalankan bagi setiap orang muslim disertai dengan tanggung jawab dan ikhlas, hingga itu menjadikan kebiasaan yang istiqomah. Dakwah termasuk tugas mulia bagi setiap muslim sebagai bentuk rasa tunduk atas segala perintah-Nya dengan cara ikut serta menyebarkan agama Allah SWT.

Strategi dakwah modern

Dakwah di era modern adalah dakwah yang cara penyampaiannya harus sesuai dengan situasi, kondisi masyarakat modern, mulai dari materi, metode yang digunakan, dan media yang digunakan. Karna bisa jadi materi yang disampaikan bernilai bagus, namun metode yag digunakan atau medianya tidak sesuai dengan kondisi masyarakat modern, maka dakwah bisa mengalami kegagalan. Dan sebaliknya pula, bisa jadi media dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan situasi dan kondisi masyarakat modern, namun tetapi materi yamg disampaikan kurang pas, apalagi bila kurang menarik, bisa jadi dakwah akan mengalami kegagalan.

Oleh karna itu seorang yang menjadi dai harus benar - benar mempunyai wawasan dan pengetahuan yang relevan dan metode penyampaiannya menarik perhatian bagi masyarakat modern dengan terpenuhinya semua itu akan menjadikan dakwah sukses.

Media sosial sebagai metode dakwah

Salah satu metode yang efektif di era sekarang unruk berdakwah adalah melalui media sosial seperti facebook, tewitter dan media yang lainnya. Banyak cara yang digunakan dimedia sosial, mereka tidak hanya berdakwah dengan metode tulisan ataupun dengan ucapan tapi juga menggunakan metode audio visual gambar, suara ataupun ceramah hal ini sesuai pada Passion atau trend di era sekarang. Konsep inilah yang menarik sehingga menarik followers dari hari kehari semakin bertambah dan tersebar luas dari seluruh penjuru baik kalangan anak-anak, remaja sampai kalangan dewasa dan orang tua.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image