Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fakultas Sains dan Teknologi

Calon Mahasiswa Baru, Ini 4 Tips Pilih Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Bakat

Info Terkini | Wednesday, 15 Feb 2023, 09:37 WIB

Memilih jurusan kuliah dengan tepat memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membuat proses perkuliahan terasa lebih mudah dan menyenangkan.Ketika kamu merasa enjoy dalam menjalani perkuliahan, kamu pun akan semakin mudah untuk mengembangkan potensimu. Sayang banget 'kan kalau tiba-tiba ngerasa bosan dan pengin ambil jurusan lain? Kuncinya, jangan asal mendaftar, apalagi ikut-ikutan teman. Berikut ini adalah tips untuk memilih jurusan yang sesuai dengan passion kamu.

contoh perkuliahan oleh Dr.Hindarto, S.Kom., MT

1. Ketahui Dahulu Passion Kamu

Untuk menemukan passion, kamu bisa memulainya dengan memikirkan aktivitas apa yang kamu sukai dan membuatmu senang ketika membicarakannya dengan begitu, kamu bisa memilih jurusan yang tepat dan tidak mengalami kesulitan ke depannya.

2. Pilih Kampus Sesuai dengan Keinginan

Jika kamu berhasil masuk kampus impian kamu, maka kalian akan semakin enjoy dan bersemangat kuliah dan menyelesaikan tugas akhir dengan lancar tanpa hambatan.

Contohnya kampus Umsida ini tidak diragukan lagi karena menghasilkan lulusan yang berpotensi di setiap bidangnya.

3. Pilih Jurusan yang Memiliki Prospek Kerja di Masa Depan

Yap, memilih jurusan dengan prospek kerja dan yang sangan dibutuhkan untuk ke depannya sangatlah penting. Karena kita juga harus mengikuti perkembangan zaman yang sekarang ini agar kita mendapat peluang kerja yang lebih besar. Dan kamu bisa mengetahui pekerjaan apa saya yang dibutuhkan untuk ke depannya.

Contohnya Fakultas Sains dan Teknologi Umsida yang memiliki beberapa prodi di antaranya, teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin, teknik industri, informatika, agroteknologi, teknologi pangan.

4. Hindari Pilih Jurusan karena Ikut-ikutan Teman

Kamu enggak boleh memilih jurusan hanya karena ikut-ikutan teman. sebab setiap orang memiliki minat, potensi, dan impian yang berbeda-beda.

Misal, teman kamu memutuskan untuk mengambil Jurusan Informatika karena bercita-cita menjadi ahli hacker. Lantas, kamu pun ikut-ikutan memilih jurusan tersebut karena ingin satu kampus dengannya, meskipun kamu enggak memiliki passion dalam jurusan tersebut.

Hal yang seperti ini sebaiknya jangan kamu lakukan karena kemungkinan besar kamu akan merasa tidak betah dan akhirnya harus pindah jurusan. Jadi, pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu, bukan orang lain.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image