Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arum Pusporini

Gitasav: Tak Punya Anak Solusi Anti Aging

Info Terkini | Wednesday, 08 Feb 2023, 17:18 WIB

TANGSEL, - Media sosial ramai membicarakan salah satu Youtuber yang selalu membicarakan pembahasan mengenai Childfree. Gita Savitri Devi atau yang dikenal sebagai Gitasav menjadi sorotan warganet dunia maya, karena menyebut solusi awet muda dengan tidak memiliki anak.

Doc: Instagram/Gitasav

Kasus ini berawal dari cuitan warganet di salah satu platform media sosial yang menyebutkan, “Aku yang umur 24 kalah sama Kak Git padahal udah 30 tahun. Awet muda banget, sih,” cetus akun @itsme**** di kolom komentar.

Lantas, Gitasav menanggapinya cuitan tersebut, salah satu rahasia awet muda adalah Childfree alias tak punya anak. Karena, ia bisa tidur dengan durasi ideal 8 jam perhari dan tak begitu memikirkan anak tantrum, nangis tengah malam, atau hal lainnya.

Not having kids is indeed natural anti-aging. You can sleep for 8 hours everyday, no stress hearing kids screaming. And when you finally got wrinkles, you have the money to pay for botox, (Lo bisa tidur 8 jam per hari tanpa stress dan anak tantrum, solusi penuaan dini ya karena nggak punya anak),” balas Gitasav dalam cuitan netizen.

Seperti yang dikutip dari NY Post, riset dilakukan oleh peneliti di Universitas George Mason, Virginia, Amerika Serikat yang membuktikan jika memiliki anak membuat DNA wanita menua.

Pasalnya, dalam penelitian ini menunjukkan telomere sebagai salah satu bagian DNA dan sel manusia yang memengaruhi bagaimana sel manusia menua. Riset tersebut melibatkan 2000 wanita berusia 20-40 tahun. Setelah diteliti, ditemukan bahwa telomere wanita semakin memendek, seiring pertambahan usia manusia. Telomere seperti pelindung yang berada di ujung untaian DNA dan berfungsi melindungi kromosom.

Penelitian lain membantah dari jurnal menopause melaporkan bahwa wanita yang melahirkan di usia 30 tahun punya kemungkinan tiga kali lebih besar punya “umur lebih panjang” pada DNA-nya. Riset ini dilakukan dengan 400 responden wanita berusia 70 tahun yang saat 33 tahun baru punya anak pertama.

Secara ilmiah, stress atau pikiran berat memang akan memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan memicu hormon negatif pada tubuh. Namun, awet muda tidak selalu berhubungan dengan punya atau tidaknya anak. Kesimpulannya bergantung pada pemicu stress masing-masing orang. Daripada memperdebatkan perihal itu, lebih baik masyarakat mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin E untuk menjaga kulit agar awet muda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image