Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lidya Fitrian

5 Resolusi Keuangan Tahun 2023, Yakin Bisa Dicapai

Edukasi | Monday, 06 Feb 2023, 22:17 WIB

Perlukah resolusi keuangan di tahun 2023 ini dibuat? Kalau menurut saya perlu dan penting dibuat. Saya sendiri di tahun ini ingin senantiasa sehat, baik sehat tubuh, keuangan juga sehat pikiran dan mental. Meskipun saya tidak terbiasa membuat resolusi yang muluk-muluk, namun resolusi itu juga penting dibuat sebagai panduan apalagi saya punya resolusi menuju keuangan yang sehat.

Dengan adanya resolusi, maka ada tujuan yang ingin dicapai dan terus dikejar supaya lebih semangat menjalaninya. Selain itu juga, kita jadi ada kendali terhadap apa yang akan dilakukan, jika itu baik dan masuk akal boleh dikerjakan, tapi jika sekiranya jauh dari resolusi bisa dihindari atau ditinggalkan saja.

Fokus saya di tahun 2023 ini ingin menambah tabungan, menambah penghasilan dan tetap bisa menikmati hobi yang menyenangkan tanpa harus mengeluarkan dana tambahan yang besar. Berikut resolusi keuangan 2023 yang sudah saya buat!

1. Catat Semua Pengeluaran

Awalnya saya pikir mencatat pengeluaran itu merepotkan, makanya saya lebih suka membagi uang dalam pos-pos pengeluaran tertentu saja. Ternyata mencatat pengeluaran itu penting sekali gunanya diantaranya adalah untuk mengetahui dimana dana banyak keluar selama ini. Dengan pencatatan akan lebih mudah menekan pengeluaran tidak penting dan dana tersebut bisa dialihkan untuk tabungan tambahan.

Pencatatan keuangan terutama pengeluaran bisa dilakukan pada buku catatan atau pada sheet yang sudah disiapkan. Tapi, saat ini teknologi semakin canggih loh, kita juga bisa melakukan pencatatan pengeluaran lewat aplikasi saja sehingga bisa kapan pun pencatatan dilakukan. Asalkan mempunyai Paket Internet Cepat semua akan jauh lebih mudah.

2. Menambah Saldo Tabungan

Untuk menambah saldo tabungan caranya adalah dengan menambah penghasilan. Banyak hal bisa kita lakukan untuk menambah penghasilan di rumah. Dengan melihat peluang yang ada seperti berjualan online sebagai reseller maupun dropship. Atau sebagai blogger dan content creator dapat menambah penghasilan dengan membantu orang lain membuat desain, gambar, video atau lewat tulisan.

3. Kurangi Kegiatan Race Lari

Karena saya dan keluarga punya hobi lari, maka kami pun kadang harus mengeluarkan budget untuk pendaftaran race lari beserta biaya lain-lain di hari H. Biaya race lari itu tidak sedikit apalagi jika yang mendaftar 2 atau 4 orang. Untuk itulah di tahun 2023 ini kami memutuskan untuk mengerem hasrat mendaftar race lari meskipun godaan sangat berat.

Ini adalah satu satu cara kami berhemat dan dana yang seharusnya dipakai untuk race lari bisa dialihkan ke penambahan saldo tabungan. Untuk menghargai diri sendiri atau reward bolehlah sesekali mengeluarkan dana untuk mendaftar di race lari, hanya saja pilih yang paling worth-it. Alhamdulillah beberapa race lari sudah saya lewati dengan tidak mendaftar. Untungnya saya bergabung di salah satu komunitas lari yang kadang mendapatkan slot gratis atau bisa saya dapatkan melalui giveaway.

4. Siapkan Dana Darurat dan Dana Pendidikan

Dana darurat dan dana pendidikan saat ini merupakan dua dana terbesar yang harus dipenuhi dan ditambah terus jumlahnya ke depannya. Rasanya nyaman dan aman jika mempunyai dana tersebut untuk berjaga-jaga karena kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Dana pendidikan itu pun tak kalah pentingnya dengan dana darurat apalagi inflasi terus melonjak yang akan mempengaruhi biaya pendidikan anak-anak ke depannya. menyiapkan kedua dana tersebut merupakan langkah mempunyai keuangan yang sehat.

5. Sudah Saatnya Melakukan Investasi

Untuk menambah saldo tabungan hanya mengandalkan satu penghasilan saja tidaklah cukup apalagi kebutuhan pengeluaran pun makin bertambah. Mencari penghasilan tambahan bisa dilakukan sesuai dengan keahlian. Tapi, ingat jika income naik maka lifestyle jangan ikut-ikutan naik.

Cara lain untuk meningkatkan penghasilan adalah dengan melakukan investasi karena mengandalkan simpanan yang ada saja kenaikannya kurang signifikan. Yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi adalah memilih investasi yang cocok dan memiliki risiko yang kecil, gak mau kan kalau dana yang kita miliki malah hilang begitu saja.

Untuk menjalankan kelima resolusi keuangan yang sudah dibuat, kita bisa memanfaatkan teknologi canggih yang serba digital saat ini. Mulai dari pencatatan keuangan lewat aplikasi, menabung lewat bank digital hingga menyiapkan dana darurat pada tabungan terpisah pun semua sudah bisa dilakukan secara online. Bahkan berinvestasi pun cukup melalui genggaman saja karena bisa melalui smartphone lewat platform investasi yang ada dan sudah dijamin oleh OJK tentunya.

Semua hal bisa dilakukan secara online asalkan didukung oleh internet cepat supaya semua transaksi bisa berjalan dengan baik. Saya percayakan koneksi internet di rumah menggunakan IndiHome sejak lama. Sebagai provider penyedia jasa internet dari Telkom Indonesia ini menyediakan layanan paket internet cepat yang sudah tersebar di seluruh Indonesia lewat jaringan fiber optik.

Paket Internet Cepat dari IndiHome merupakan solusi internet cepat, berkelas, dan cerdas untuk aktivitas tanpa batas termasuk dalam mewujudkan resolusi keuangan di tahun 2023. Paket Internet Cepat yang dapat dipilih sesuai kebutuhan gak bikin kantong jebol apalagi dengan layanan internet terbaik di rumah gak ada tandingannya lagi. Pelanggan IndiHome yang menggunakan Paket Internet Cepat dapat mengakses internet cepat hingga 300 Mbps serta dapat menikmati fitur TV dan telepon. Pilihan Add-on-nya juga ada beberapa mulai dari Minipack Channel TV, Speed On Demand, Wifi.id Seamless, dan Upgrade Speed,

Saat ini di rumah saya menggunakan Paket Internet Cepat dengan kecepatan internet unlimited 30 Mbps yang dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga.

Oh ya untuk melakukan transaksi pembayaran maupun upgrade layanan, IndiHome juga sudah bisa dilakukan melalui aplikasi myIndiHome yang dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store pada smartphone sehingga transaksi makin mudah dalam genggaman kita.

Demikiran 5 resolusi keuangan tahun 2023, yakin bisa dicapai asal kita menaati dan memiliki komitmen tinggi untuk menjalani resolusi tersebut mulai dari yang paling mudah serta tentukan waktunya. Tetap fokus dan disiplin pada resolusi yang sudah dibuat demi kesehatan financial yang baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image