Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dewi RS

Transformasi Digital Sistem Kesehatan Indonesia

Teknologi | Monday, 06 Feb 2023, 19:49 WIB

Strategi pemerintah untuk menyediakan layanan kesehatan yang efektif, efisien, adil dan merata di seluruh Indonesia adalah transformasi digital sistem layanan kesehatan. Strategi ini adalah fokus pada promosi kesehatan masyarakat dan memastikan bahwa setiap individu dapat mengakses semua layanan kesehatan yang tersedia dimanapun mereka berada. Tujuan transformasi digital sistem kesehatan Indonesia adalah untuk menciptakan sumber daya yang mampu menangani analisis data kesehatan manusia (SDMK). Tujuannya untuk menghasilkan kebijakan berbasis data di setiap institusi kesehatan.

Fokus strategi transformasi digital sistem kesehatan sebelumnya adalah ke pelaporan pemangku jabatan, namun dalam beberapa tahun terakhir fokus ini telah bergeser pada pelayanan kesehatan untuk masyarakat luas. Pergeseran ini diharapkan akan memungkinkan masyarakat Indonesia secara umum dan khususnya Pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik. Fokus pada transformasi digital sistem kesehatan bagi masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan yang tersedia di seluruh Indonesia. Ada sekitar 270 juta orang penduduk Indonesia. Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan pelayanan kesehatan optimal secara adil dan merata. Transformasi sistem kesehatan digital yang dilakukan diharapkan akan semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses dan menggunakan layanan kesehatan yang lebih mudah.

Transformasi digital sistem kesehatan menjadi landasan agar dapat terus tumbuh dan berkembang. Transformasi digital sistem kesehatan diharapkan dapat meningkatkan keselamatan pasien, mengurangi biaya rumah sakit baik untuk pasien dan fasilitas kesehatan, serta mengontrol proses perawatan pasien yang lebih menyeluruh. Langkah promotif dan preventif yang dilakukan sebagai bagian dari transformasi digital sistem kesehatan juga akan memudahkan instansi kesehatan, termasuk faskes pemerintah dan swasta.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor HK.01.07/MENKES/1559/2022 tentang Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Bidang Kesehatan dan Strategi Transformasi Digital Kesehatan. Kemenkes RI melakukan Transformasi Digital Kesehatan yang berlandaskan semangat mewujudkan Indonesia Sehat secara kolaboratif bersama seluruh ekosistem pelaku industri kesehatan dalam suatu Platform Indonesia Health Services (IHS).

Tujuan dari transformasi digital sistem kesehatan adalah agar pelayanan kesehatan lebih mudah diakses oleh masyarakat umum dan lebih efektif karena lebih mudah diakses dan memiliki kualitas yang lebih baik. Sebagai hasil dari perencanaan dan pelaksanaan yang cermat berdasarkan data yang tersedia, transformasi digital sistem kesehatan menghasilkan sistem layanan kesehatan yang lebih efektif dan berkualitas tinggi, serta mampu berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

Indonesia Health Services

Indonesia Health Services (HIS) adalah platform ekosistem layanan kesehatan digital yang menyediakan layanan data, analisis, dan dukungan untuk berbagai aplikasi layanan kesehatan di Indonesia. Platform IHS dibuat berdasarkan enam prinsip dasar:

1. Platform berbasis layanan

2. Kolaborasi ekosistem pelaku industri kesehatan

3. Kepatuhan melalui keterpaduan

4. Standarisasi arsitektur dan spesifikasi

5. Open API berbasis microservice

6. Manfaat timbal balik melalui kemudahan layanan dan informasi teringerasi

Platform IHS dikembangkan dan diluncurkan sebagai solusi untuk masalah sebelumnya yang berkaitan dengan integrasi dan banyak aplikasi, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. IHS bukan sekedar aplikasi sebaliknya, ini adalah platform atau ekosistem yang dibangun di atas layanan mikro yang dapat diskalakan, canggih, terintegrasi, dan aman yang memungkinkan komunikasi tanpa batas antara semua aplikasi dan orang-orang dalam satu jaringan.

Platform IHS diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia. Di mana masyarakat umum dapat secara teratur memeriksa rekam medis mereka menggunakan aplikasi Citizen Health. Sebaliknya, penyedia layanan juga diperbolehkan untuk berkontribusi pada IHS setiap saat atau secara teratur dan menggunakan data yang tersedia di sistem Satu Data Kesehatan Indonesia. Platform IHS difokuskan pada serangkaian modul yang disebut layanan mikro yang didasarkan pada layanan yang tersedia dan kebutuhan utama pengguna layanan tersebut.

1. Layanan primer dan sekunder

2. Layanan Farmalkes

3. Layanan Pembiayaan

4. Layanan SDM Kesehatan (SDMK)

5. layanan Manajemen Internal

6. Layanan Bioteknologi

7. Layanan ketahanan kesehatan

Pengembangan Platform IHS dibuat secara modular, dengan masing-masing layanan memiliki fungsi dan lingkungannya masing-masing. Setiap modul memiliki basis data hingga logika (basis layanan) yang digunakan dalam sistem untuk memenuhi kebutuhan pengguna akhir dan memanfaatkan data yang telah terintegrasi dan terstandarisasi. Penggunaan data terhubung melalui komunikasi API ke API atau Aplikasi Kesehatan Warga yang dirancang khusus untuk pengguna individu.

Meskipun akan ada aplikasi yang dapat diakses oleh masyarakat umum, karena dasar layanan juga merupakan kumpulan layanan, setiap penyedia layanan juga dapat mengakses modul dan layanan yang ada di dalamnya. Semua layanan mikro tersebut di atas dapat diakses untuk digunakan oleh Penyedia Layanan Kesehatan (seperti: Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, Apotek, Laboratorium) (atau pemangku kepentingan terkait lainnya (seperti Kemenkes, Dinas Kesehatan, atau Asuransi) sesuai dengan standar proses bisnis spesifik yang telah ditetapkan. Sebagai contoh, Rumah Sakit dapat mengakses semua microservice Layanan Primer dan Sekunder serta Layanan Farmalkes, sedangkan Klinik dapat mengakses sebagian besar microservice tersebut. Fokus solusi Indonesia Health Services (IHS):

1. Tersedianya rekam medis elektronik (EMR) atau rekam medis digital dengan menggunakan standar data internasional (FHIR, ICD10, LOINC, SNOMED-CT, DICOM, standar intervensi, diagnosa, dan keluaran pengungkapan, standar data obat).

2. Penyediaan layanan data kesehatan tunggal sebagai gudang data nasional dengan gateway API untuk memungkinkan interoperabilitas data kesehatan.

3. Menawarkan data sistem kesehatan yang akurat kepada pemangku kepentingan sebagai dasar analisis strategis implementasi kebijakan.

4. Integrasi berbagai aplikasi dari berbagai penyedia layanan kesehatan ke dalam satu platform berbasis microservices.

Citizen Health App

Aplikasi Citizen Health adalah platform yang menawarkan akses komprehensif ke informasi kesehatan pribadi. Masyarakat umum dapat mengakses layanan informasi kesehatan melalui Citizen Health App, sebuah program yang mentransmisikan informasi kesehatan pribadi secara lengkap dan akurat. Pengguna lain direpresentasikan oleh “Partner Systems”, sebuah aplikasi atau platform yang saat ini digunakan oleh pelaku industri kesehatan, dapat berupa SIM Rumah Sakit, SIM Puskesmas, aplikasi Laboratorium, dan sebagainya.

Platform Citizen Health adalah platform terintegrasi yang menyediakan akses komprehensif ke data kesehatan pribadi untuk seluruh penduduk Indonesia. Ini adalah platform yang efektif dan efisien untuk menyediakan layanan kesehatan. Pengguna dapat mengakses catatan kesehatan pribadi mereka dan menerima rekomendasi pribadi untuk menjaga kesehatan mereka dengan cara terbaik. Keamanan data pengguna Citizen Health dipantau oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Platform Citizen Health App dibuat untuk mengatasi tiga masalah utama yang dihadapi masyarakat umum, yaitu:

1. Data kesehatan swasta yang tidak terintegrasi dan memiliki interoperabilitas yang buruk Hal ini berimplikasi pada redundansi dalam penyelenggaraan kesehatan ketika menggunakan berbagai layanan kesehatan.

2. Masyarakat umum belum bisa memantau riwayat kesehatan medis mereka karena catatan medis mereka terpencar di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan yang pernah dikunjungi.

3. Pelayanan kesehatan yang diterima masyarakat umum saat ini tidak berdasarkan pendekatan personal. Salah satunya adalah edukasi kesehatan yang tidak diberikan secara personal. Akibatnya, edukasi kesehatan yang diterima masyarakat seringkali tidak maksimal atau tidak tepat sasaran.

Platform Citizen Health, yang didasarkan pada single source of truth, integrated and interoperable electronic Personal Health Record (e-PHR) dapat mengatasi tiga masalah utama di atas.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image