Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Wahyu Titana

Nilai Penting Peringatan Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama

Lomba | Sunday, 05 Feb 2023, 07:58 WIB

Nilai penting PERINGATAN HARLAH SATU ABAD NAHDLATUL ULAMA

Tak terasa organisasi besar islam yang ada di Indonesia akan berusia 100 Tahun , organisasi tersebut ialah Nahdlatul Ulama di moment yang sangat langka ini karena kita dan sebagian orang lain pasti tidak akan menemukan kembali moment tersebut karena usia rata – rata manusia tidak sampai 100 tahun lama nya.

Organisasi yang di dirikan oleh K.H Hasyim Asyari ini telah memberikan sumbangsih yang sangat besar bagi bumi nusantara , karena ulama merupakan pewaris para Nabi jika kita tidak hidup di dunia ini tanpa petunjuk seorang ulama bisa saja ajaran yang kita anut tidak sesuai Al- Quran dan Hadits oleh karena itu beruntunglah bagi mereka yang mengikuti ajaran Nahdlatul Ulama karena sudah pasti berpedoman Al-Quran dan Hadist dan yang lebih dikenal dengan Ahlus Sunnah Wal Jamaah.

Puncak resepsi yang akan di gelar pada 7 Februari 2023 di stadion gelora delta sidoarjo ini menampilkan banyak suguhan acara diantara nya ada musisi slank , worowidowati , maher zain , habib syekh bin abdul qadir assegaf dan juga perkumpulan para ulama yang insya allah dihadiri oleh dari berbagai daerah bahkan internasional. Menurut saya mengapa pada puncak resepsi satu abad nu ini mendatangkan berbagai musisi karena tidak lain dan tidak bukan nahdlatul ulama ingin merangkul berbagai elemen di seluruh Indonesia.

Tentu dengan digelarnya acara ini pasti ada nilai penting di dalam nya disini saya mencoba menelaah beberapa nilai penting apa saja yang didapatkan atas gelaran resepsi satu abad nahdlatul ulama.

1. Momentum Persatuan dan Kesatuan

Bahwa dengan digelarnya puncak resepsi satu abad Nahdlatul Ulama ini yang dimana di gelar di satu tempat yang sangat luas di stadion delta sidoarjo dan orang – orang akan berkumpul dari berbagai daerah untuk ikut dalam acara tersebut merupakan moment menyatukan umat muslim di berbagai daerah , berkumpul bersama dan tentu dengan niat ngalap berkah kyai dan juga dengan niat baik supaya islam di nusantara ini tidak tergerus oleh zaman bahkan akan mengalami kemajuan yang pesat bisa jadi orang di sekitar atau warga setempat yang awal nya tidak tahu menahu mengenai nahdlatul ulama akan penasaran dan akhirnya ada yang ingin masuk islam bagi yang masih non muslim oleh karena itu kita sebagai warga nahdiyyin harus kompak dengan ada nya acara resepsi satu abad NU ini karena merupakan bisa menjadi moment persatuan nahdlatul ulama di seluruh penjuru nusantara.

2. Momentum Kebangkitan

Bahwa dengan digelarnya puncak resepsi satu abad NU ini akan menjadi bukti bahwa Nahdlatul Ulama akan bangkit untuk kedua kali nya menuju ke arah yang lebih baik lagi dan juga ada didalam hadist yaitu "Sesungguhnya Allah akan menurunkan (orang) setiap permulaan 100 tahun seseorang kepada Umat yang akan (Tajdid) mengembalikan kegemilangan Agama mereka" [Hadits diriwayatkan oleh Abu Daud, Hakim di dalam Mustadrak dan al-Baihaqi di dalam al-Ma'rifah]. Insya allah ini akan menjadi moment Nahdlatul Ulama untuk bangkit dan menyempurnakan lini – lini yang masih banyak kekurangan dan juga akan terus berusaha berinovasi supaya tidak ketinggalan zaman. Tentu dengan digelarnya acara ini bisa saja nahdlatul ulama semakin maju , berkembang dan juga semakin jaya dan semakin besar basis pengikutnya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia , maka dari itu kita sebagai warga nahdiyyin juga turut andil dan berperan untuk kebanagkitan kedua nahdlatul ulama dalam menghadapi segala masalah dan carut marut nya negeri ini.

3. Momentum Konsistensi Spiritual

Bahwa dengan di gelarnya puncak resepsi satu abad nahdlatul ulama adalah menjaga spiritualis yang sangat kuat. Karena sejak dulu dikenal sebagai organisasi keagamaan yang memiliki budaya spirit keagamaan cukup maksimal hingga bisa bertahan konsisten selama 100 tahun. Umur 100 tahun itu merupakan masa keemasan bagi nahdlatul ulama yang diharapkan selalu mampu memberikan sumbangsih dalam hal spiritualitas

Dan ada beberapa nilai lain yaitu perkembangan kekuatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sebagai organisai berbasis besar NU perlu membuat program – program konkret untuk meningkatkan taraf ekonomi pengikutnya. Beberapa program yang bersifat clustering perlu diwujudkan misalnya di daerah jawa , Sumatra dan Kalimantan. Hal yang sama perlu diperkuat berbagai jenis kegiatan ekonomi seperti pertanian , perikanan , perdagangan dan lain sebagai nya.

Dan juga Nahdlatul Ulama harus meningkatkan di bidang Pendidikan , ini perlu di repons Nahdlatul Ulama dengan memperkuat SDM yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang strategis karena bidang pendidikan ini merupakan bidang yang sangat penting untuk kemajuan bagi bangsa Indonesia perlu strategi mumpuni agar putra dan putri NU belajar ilmu pengetahuan dan teknologi di sekolah dan kampus terbaik dan otoritatif agar mumpuni di berbagai bidang.

#lombanulisretizen #lombavideorepublika #satuabadnu #akudannu

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image