Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hatfanthirafi

Desa Santan Desa Penghasil Kerajinan Batok Kelapa dikelas Internasional.

Wisata | Sunday, 15 Jan 2023, 11:51 WIB
Sumber : Universitas Amikom Yogyakarta

YOGYAKARTA- Desa Wisata Kampung santan merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Yogyakarta tepatnya berlokasi di Dusun Santan, Guwosari, Pajangan Bantul. Desa ini merupakan desa yang istimewa karena Desa ini memiliki kerajinan batok kelapa. Karya kerajinan dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia sehari-hari yang bahkan sekarang sudah berkelas internasional. Yang mana kerajinan ini menghasilkan karya yang mampu bersaing dengan barang antik berkelas pasaran dunia. Desa Wisata Kampun Santan yang berlokasi di Kabupaten Bantul atau sekitar 13 Km dari pusat Kota Yogyakarta ini populer dengan hasil kerajinan batok kelapanya. Ada berbagai macam karya kerajinan yang unik dan menarik beberapa contoh produk dari hasil kerajinan batok kelapa tersebut yaitu seperti centong nasi, mangkuk, teko dan masih banyak lainnya.

Batok kelapa yang diolah di Desa Santan ini sudah diakui oleh masyarakat luas. yang bermula dari para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta untuk melihat dan mengoleksi hasil dari kerajinan batok kelapa di Desa Wisata Kampung Santan. Desa Wisata yang diresmikan pada tahun 2011 ini merupakan eksportir kerajinan batok kelapa terbesar di Provinsi Daerah Itimewa Yogyakarta.

Jadi potensi Desa Wisata kerajinan ini dimulai sejak tahun 1991 dan merupakan bisnis keluarga secara turun-temurun, bermula dari kerajinan rumahan yang dijalankan hingga membuka lowongan pekerjaan untuk masyarakat sekitar yang saling berkerja sama membuat kerajinan batok kelapa yang menghasilkan karya-karya yang menjadi ciri khas tersendiri dari Desa Wisata Kampung Santan. Sampai saat ini kerajinan batok kelapa Desa Santan sudah dikenal masyarakat luas hingga ke Mancanegara dengan karya unik dan produk yang berbeda antara satu dengan yang lainnya yang beraneka ragam bentuk. Karya hasil dari batok kelapa di Desa Wisata Kampung Santan ini berbagai macam jenis seperti gantungan kunci, pajangan dapur sendok,piring dan pot bunga yang unik hingga celengan lucu yang aestetic.

Dari kerajinan usaha batok kelapa di Desa Wisata Santan ini sudah bisa menopang UMKM masyarakat dan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat di Desa Wisata Kampung Santan, bahkan sangat membantu hingga banyak membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat yang berdomisili di sekitar daerah Desa Wisata Kampung Santan, Guwosari Pajangan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hasil dari kerajinan batok kelapa di Desa Wisata Kampung Santan, Guwosari Pajangan Kabupaten Bantul tidak hanya menjadi eksportir kerajinan batok kelapa saja, namun di Desa Wisata Kampung Santan juga memiliki berbagai macam pertunjukan seni dan budaya seperti Gejog lesung dan berbagai macam kuliner yang dapat mengugah selera para wisatawan.

Satu hari saja tidak akan cukup untuk berwisata di Desa Wisata Kampung Santan atau biasa dikenal dengan sebutan DEWI KAMSA ini, kehidupan masyarakat dan suasana perkampungan yang asli dan harmonis menjadikan kenyamanan serta ketenangan tersendiri saat singgah di Desa Wisata Kampung Santan. Bagaimana apakah kalian tertarik untuk berkunjung kesini ?.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image