Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image aura rico

Berapa Biaya Pasang Iklan Di Koran Indonesia?

Info Terkini | Friday, 13 Jan 2023, 16:34 WIB

Meskipun iklan media elektronik lebih atraktif, media cetak surat kabar tetap memiliki kekuatan tersendiri dalam memberikan nilai lebih pada iklan, bagaimana biaya pasang iklan di koran?

Koran memiliki citra yang terpercaya karena apa yang tertulis di media ini dicetak di atas lembaran kertas dan disebarluaskan. Oleh karena itu, apapun yang diberitakan di koran bukan sembarang berita, bukan hoax, topik yang diangkat juga berkualitas.

Anda bisa ber iklan apapun, mulai dari penjualan atau marketing, lelang, loker, dan masih banyak lainnya. Iklan laporan keuangan biasanya muncul di surat kabar bisnis.

Berapa ukuran dan biaya pasang iklan di koran?

Ukuran iklan dan berapa biaya untuk pasang iklan Koran bervariasi. Ukuran masing-masing jenis iklan berbeda-beda, tergantung dari ukuran kolom surat kabar yang disediakan untuk memasang iklan surat kabar.

Tidak semua iklan tersedia di surat kabar tertentu. Di bawah ini adalah contoh beberapa ukuran dan tarif iklan di beberapa surat kabar di Indonesia.

Memasang iklan di koran republika

Koran republika adalah surat kabar yang beredar secara nasional. Kantor pusatnya ada di jakarta. Berikut ini adalah produk yang tersedia untuk memasang iklan surat kabar:

Iklan baris di koran ini seharga Rp 45.000 per baris. Baris minimal untuk memasang iklan koran ini adalah 3 baris, dan maksimal 8 baris. Setiap baris berisi 40 karakter.

Iklan kolom di surat kabar republika harus berukuran minimal 1 x 50 mmk dan maksimal 1 x 450 mmk. Biaya pemasangan iklan di koran ini adalah Rp 45.000 per mmk.

Iklan bergambar umum untuk surat kabar ini harus berukuran minimal 450 mmk. Harga pasang iklan Rp 190.000 per mmk untuk warna dan Rp 140.000 untuk hitam putih.

Memasang iklan di koran sindo

Surat kabar sindo adalah surat kabar nasional yang berbasis di jakarta. Ini adalah beberapa contoh produk periklanan yang tersedia untuk memasang iklan surat kabar:

Iklan baris berisi 3 sampai 9 baris dengan 32 karakter per baris. Biaya pemasangan iklan baris ini adalah Rp 46.000 per baris.

Iklan kolom surat kabar ini berisi iklan pengumuman dan iklan lowongan kerja. Iklan pengumuman berwarna dengan ukuran 50 mmk hingga 100 mmk dengan harga Rp 46.000 per mmk. Iklan pekerjaan hitam-putih memiliki ukuran yang sama. Harga iklan Rp 61.000 per mmk.

Ukuran iklan koran sindo berkisar dari 100 mmk hingga 3.780 mmk. Iklan hitam putih dikenai biaya Rp 120.000 per mmk, dan untuk iklan berwarna Rp 185.000 per mmk.

Memasang iklan di koran poskota

Koran poskota yang berbasis di jakarta barat beredar di wilayah jabodetabek. Penasaran mengenai biaya pasang iklan di Koran? Di bawah ini adalah beberapa produk yang tersedia untuk beriklan di poskota:

Biaya iklan baris Rp. 17.000 per baris, dengan

Konten iklan minimal 5 baris, setiap baris berisi 2

6 karakter, khusus untuk lowongan kerja baris, biaya pemasangan iklan koran ini per baris adalah Rp 30.000 dengan 30 karakter per baris.

Iklan kolom hitam putih memiliki ukuran minimal 30 mmk dan maksimal 150 mmk. Biaya pasang iklan per mmk adalah Rp 25.000. Sedangkan untuk iklan berwarna tarifnya Rp 35.000 per mmk.

Iklan bergambar hitam putih memiliki ukuran minimal 60 mmk dan maksimal 4.320 mmk. Harga iklan koran ini Rp 50.000 per mmk. Sedangkan yang berwarna memiliki ukuran mulai dari 400 - 4.320 mmk dengan biaya Rp 70.000 per mmk.

Pasang iklan di Koran kompas

Surat kabar kompas menyediakan layanan iklan surat kabar pada 2 jenis halaman, yaitu halaman reguler harian kompas dan halaman klasik. Pada halaman biasa, iklan surat kabar yang tersedia adalah iklan advertorial dan iklan bergambar. Sudah paham mengenai biaya pasang iklan di Koran?

Sedangkan pada halaman klasik lebih bervariasi. Berbeda dengan yang biasa, klasik dibagi menjadi 2 jenis yaitu yang terbit hanya di jakarta (batavia) dan yang terbit secara nasional (nusantara). Berikut adalah beberapa contoh produk untuk memasang iklan surat kabar:

Iklan biasa

Iklan display hitam putih (bw) biasa harus berukuran minimal 40 mmk. Biaya pemasangan iklan koran ini adalah Rp 65.000 per mmk. Untuk color display ads (fc) minimal berukuran 810 mmk dengan tarif iklan Rp 85.000 per mmk.

Advertorial harus berukuran minimal 310 mmk. Biaya pemasangan iklan koran ini adalah Rp 169.000 per mmk untuk iklan hitam putih, dan Rp 89.000 untuk iklan berwarna.

Iklan baris reguler Indonesia dengan tarif iklan Rp 58.000 per baris. Untuk batavia, harga iklan koran ini perbaris adalah Rp 47.500. Isi iklan minimal 3 baris, maksimal 12 baris. Setiap baris terdiri dari 28 karakter.

Iklan klasik

Iklan bergambar hitam-putih harus berukuran minimal 40 mmk. Harga pemasangan iklan surat kabar di nusantara adalah Rp. 90.000 per mmk, dan Rp. 75.000 per mmk untuk batavia. Sedangkan pada iklan bergambar berwarna, biaya pemasangan iklan surat kabar tersebut adalah Rp 135.000 di nusantara dan Rp 110.000 di batavia.

Biaya iklan kolom warna Rp 105.000 per mmk untuk nusantara, dan Rp 90.000 per mmk untuk batavia. Kemudian untuk memasang iklan kolom hitam putih harganya adalah Rp. 65.000 per mmk untuk nusantara, dan Rp. 55.500 per mmk untuk batavia. Ukuran kolom surat kabar klasik adalah 33 mmk per 1 kolom.

Iklan baris memiliki tarif iklan Rp 58.000 per baris untuk nusantara dan Rp 47.500 per baris untuk batavia. Nomor referensi garis dan karakter sama dengan kompas biasa.

Jenis Iklan Di Koran Atau Surat Kabar

Ada beberapa jenis iklan yang harus anda pahami, simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Iklan advertorial

Iklan advertorial merupakan iklan yang bertujuan promo jasa, merk, acara, dan lain sebagainya. Kalian membuat iklan tersebut untuk mempromosikan barang atau jasa berbentuk artikel atau teks.

Iklan bergambar

Iklan bergambar adalah iklan surat kabar yang menonjolkan objek yang dipajang. Jadi, mayoritas isi iklan adalah gambar atau foto. Ukuran iklannya juga cukup besar.

Iklan kreatif

Disebut iklan kreatif karena iklan dibuat sedemikian kreatif dan unik. Berbeda dengan iklan pada umumnya, iklan kreatif di surat kabar bisa merupakan kombinasi dari jenis iklan lainnya. Bagaimana sudah paham mengenai biaya pasang iklan di Koran?

Iklan kolom

Iklan ini merupakan iklan yang berbentuk kolom segi empat atau seperti balok. Antara satu iklan dengan iklan lainnya dibatasi oleh frame kolom masing-masing. Ukuran kolom dapat bervariasi.

Iklan spanduk atau banner

Iklan banner adalah iklan koran yang tampilannya seperti spanduk pada umumnya, memanjang dari kiri ke kanan. Iklan spanduk di surat kabar akan berukuran penuh, sesuai dengan lebar halaman surat kabar. Karena bentuknya yang lebar di koran, iklan ini mudah dikenali oleh pembaca koran.

Iklan baris

Sesuai namanya, bentuk iklan surat kabar ini hanya terdiri dari baris-baris pendek kata-kata. Bahkan kata-kata yang digunakan dalam iklan dipersingkat. Iklan baris hanya berisi informasi penting dan informasi yang cukup tentang barang atau jasa yang ditawarkan.

Iklan center spread

Center spread adalah iklan surat kabar yang ditempatkan seluruhnya di tengah surat kabar. Hal ini membuat ukurannya sangat besar dan terlihat lebar, yaitu seukuran 2 halaman koran. Bagaimana sudah mengerti biaya pasang iklan di Koran?

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai biaya pasang iklan di Koran, semoga memberikan banyak manfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image