Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rita Rita

Realisasi Pembelajaran Sastra di SMP IT Asshodiqiyah

Sastra | Wednesday, 28 Dec 2022, 10:01 WIB

Oleh: Rita (34102100030)

Dr. Evi Chamalah,M.Pd. ( Dosen PBSI, FKIP Unissula)

Pembelajaran merupakan rangkaian aktivitas dan interaksi antara siswa dan guru yang dikendalikan melalui perencanaan pembelajaran. Pelaksanaan proses pembelajaran perlu dilakukan secara sistematis berdasarkan prosedur pembelajaran yang telah dikembangkan.Oleh karena itu, salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh pengajar adalah mampu memahami dan melaksanakan prosedur pembelajaran dalam pembelajaran kelompok, individual maupun klasikal. Seperti halnya pembelajaran sastra kelas IX yang dilakukan oleh Ibu Nor Aini Shimayana merupakan salah satu guru di SMP IT Asshodiqiyah yang mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia. Beliau lahir pada 02, Agustus 1991 Alamat Krasak RT/RW 01/002 ,Pecangan Jepara. Beliau merupakan lulusan dari salah satu IKIP PGRI- Semarang . Ibu Aini merupakan sosok guru yang sangat ramah dan telaten kepada Siswanya. Sejak 2013 Ibu Aini mengajar di SMP IT Asshodiqiyah. Beliau mengajar di kelas VII,VIII dan IX . Namun dominan mengajar di Kelas IX . Menurut pemaparan dari Ibu Aini beliau pertama kali diterima di SMP IT Asshodiqiyyah sejak tahun 2013 sampai sekarang. Beliau belum pernah mengajar di Sekolah lainnya mengingat JP yang beliau dapatkan juga banyak sehingga susah membagi waktu ketika menyambi disekolah lain. Pembelajaran sastra di SMP IT Asshodiqiyah masih menggunakan Kurikulum 2013. Untuk kelas VIII dan kelas IX . Sedangkan untuk kurikulum merdeka itu di realisasikan pada kelas VII saja. Sebelum memulai pembelajaran berhubung SMP IT Asshodiqiyah memiliki latar belakang di lingkungan yang islami memulai pembelajaran dengan Asmaul husna di mesjid terlebih dahulu. Lalu setelah itu pergi ke kelas dan memulai pembelajaran dengan berdoa bersama-sama terlebih dahulu. Setelah itu para siswa di anjurkan untuk membaca buku dalam mendukung gerakan Literasi setidaknya 15 menit. Lalu sebelum memaparkan materi bu Aini selalu mengulas materi sebelumnya agar siswa bisa mengingat kembali pokok pembahasan sebelumnya, sebelum lanjut pembahasan berikutnya dalam pembelajaran sastra. Sebelum memulai pembelajaran biasanya Ibu Aini menyarankan siswa untuk mencermati salah satu cerpen lalu setelah itu ibu akan bertanya kepada siswa. Pertanyannya meliputi unsur intrinsik, ekstrinsik dan struktur dalam pembuatan cerpen agar siswa bisa lebih paham dalam menganalisis cerpen. Ibu Aini akan menunjuk salah satu murid untuk menjelaskan hal tersebut agar ada keefektifan dalam pembelajaran sastra khusunya cerpen. Selanjutnya guru akan menerangkan pembelajaran sastra sesuai RPP yang digunakan khusunya untuk kelas VII. Setelah siswa memahami apa itu cerpen, unsur dan lain sebagainya.Kesulitan yang dialami oleh ibu Aini itu sendiri mungkin sudah lumrah . Terutama dalam materi cerpen kebanyakan siswa kesulitan dalam menentukan topik pembicaraan dalam cerpen. Selain itu juga diksi yang digunakan dalam cerpen seringkali banyak mengalami perulangan seperti setelah itu, lalu, dan contoh lainnya. Lalu untuk mengatasi hal tersebut. Menurut pemaparan dari bu Aini selaku guru Bahasa Indonesia menerangkan bahwa kemampuan anak dalam menerima pembelajaran itu berbeda-beda ada yang cepat dalam memahami materi ada yang kesulitan dalam menerima materi pembelajaran. Solusi yang digunakan bu Aini untuk mengatasi siswa tersebut dengan melakukan pendekatan terhadap siswa tersebut apa yang membuat siswa tersebut kesulitan dalam memahami materi. Setelah diketahui maka Bu Aini akan menjelaskan dengan teliti dan memberikan penugasan tambahan atau remedial. Selain itu juga cara yang paling bisa diterapkan yaitu dengan mengadakan pelatihan mengenai bagaimana cara penulisan cerpen lalu mengikuti setiap perlombaan yang diadakan baik itu lingkup sekolah, nasional, maupun regional.Metode yang digunakan Pendekatan Saintifik, yaitu adalah model pembelajaran yang menggunakan kaidah-kaidah keilmuan yang memuat serangkaian aktivitas pengumpulan data melalui observasi, menanya, eksperimen, mengolah informasi atau data, kemudian mengkomunikasikan. Model Diskusi, Tanya Jawab, dan Penugasan. Metode Discovery learning. Model mengajar yang dilaksanakan oleh guru dengan cara mengatur proses belajar dengan sedemikian rupa sehingga siswa mendapatkan pengetahuan yang sebelumnya belum diketahui dan sebelumnya dengan cara tidak disampaikan terlebih dahulu akan tetapi siswa menemukannya secara mandiri. Untuk media yang digunakan berhubung fasilitas yang di sekolah terbatas. Media Papan Tulis bahannya Laptop, Internet. Tujuan hasil pembelajaran sastra misalnya dari cerpen yaitu mampu. Menganalisis struktur teks cerita pendek yang dibaca atau didengar. Menganalisis aspek kebahasaan teks cerita pendek yang dibaca atau didengar. Menyusun kerangka teks cerita pendek berdasarkan pengalaman dan gagasan. Merancang pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.







Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image