Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image EKONOMI SYARIAH

Untuk Mengimplementasikan Moderasi Beragama Dan Bela Negara, FAI Unpam-ADPISI gelar Lokakarya

Pendidikan dan Literasi | Tuesday, 20 Dec 2022, 14:24 WIB

PAMULANG, EKONOMI SYARIAH-UNPAM. Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Pamulang bekerja sama dengan DPW Asosiasi Dosen PAI Indonesia (ADPISI) se-Jabodetabek gelar Lokakarya pembuatan video based learning implementasi Moderasi Beragama dan Bela Negara pada hari Senin (19/12/2022) di lantai 11 gedung Viktor Kampus 2, Universitas Pamulang.

Narasumber pada acara ini adalah Kamil Falahi, Dosen Universitas Pamulang. Turut hadir, Ketua Umum ADPISI, Ketua DPW ADPISI Jabodetabek, Wakil Rektor 3, Dekan FAI Universitas Pamulang, dan dosen PAI di PTU se-Jabodetabek.

Dalam Sambutannya, M.Wildan, Wakil Rektor 3 Universitas Pamulang menyampaikan pesannya agar konteks Moderasi Beragama agar dikemas menarik sehingga disukai oleh mahasiswa. “Pesan saya, bagaimana nantinya konteks fiqih ibadah dan muamalah dapat dengan mudah menjadi menarik dan disukai mahasiswa,” ujarnya.

Dalam sambutan selanjutnya, Sofyan Hadi Musa menyampaikan langkah-langkah atau usaha yang dilakukan LKK dalam mengamalkan Moderasi Beragama. “Salah satu usaha yang dilakukan LKK adalah screening para dosen pembimbing agama dan mencoba memasukkan tema Moderasi Beragama ke dalam modul untuk lebih mensyi’arkan lagi,” ungkap Ketua LKK sekaligus Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Pamulang.

Lebih lanjut, Taufik Hidayatullah, selaku Ketua DPW ADPISI Jabodetabek menyampaikan mengenai pembelajaran yang harus mengikuti perkembangan zaman. “IPTEK terus mengalami perkembangan dan kemajuan. Maka metode dan media pembelajaranpun harus diupdate terus. bagaimana pembelajaran yang tadinya selalu menggunakan cara manual harus berkembang dan melihat cara yang lain,” ujarnya.

Dalam Sambutan terakhir sekaligus pembuka acara ini, Andy Hadiyanto selaku ketua DPP ADPISI menyampaikan salah satu cara mensyi’arkan Moderasi Beragama. “Buatlah program keagamaan dengan cara membuat konten keagamaan sederhana yang mudah dinalar oleh para mahasiswa. Cobalah lakukan pendekatan jalur kemanusiaan agar mudah diterima oleh mereka,” ungkapnya.

Dalam Pemaparannya, Kamil Falahi menyampaikan bahwa video pembelajaran dapat dibuat dengan 3 macam. “Untuk membuat video pembelajaran, yang pertama dapat dibuat dalam bentuk Public Service Announcement (PSA), kemudian dapat dibuat dalam bentuk video tutorial dan film pendek,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kamil Falahi menyampaikan bagian penting dalam pembuatan video. “Dalam membuat sebuah video tentu saja harus ada naskah yang serapih mungkin, karna naskah ini yang akan mengatur scene dalam video,” terangnya.

Acara pun ditutup dengan foto bersama dan makan bersama.

Kontributor : Ar’rum Adrianti (Mahasiswa Ekonomi Syari’ah Unpam)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image