Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ardiansyah21

Apakah Masyarakat Paham Administrasi?

Gaya Hidup | Monday, 19 Dec 2022, 20:24 WIB

Administrasi memiliki suatu suatu keistimewaan dalam sebuah perusahaan maupun organisasi, dapat disebut sebagai pelengkap atau penguat suatu wadah. Sekarang ini, pengertian administrasi menjadi salah satu istilah yang sudah sangat umum digunakan dalam dunia kerja. Saat ini administrasi menjadi istilah yang identik dengan berbagai pekerjaan seperti, pendataan, pencatatan, penyuratan, dan masih banyak lagi lainnya.

Ardiansyah, Masyarakat Terpencil Apakah Paham Administrasi?

Dalam suatu negara administrasi sangat dibutuhkan sehingga negara tersebut mampu terstruktur dengan baik, maka dari itu negara tersebut tidak bisa lepas dari suatu administrasi. Yang menjadi suatu pertanyaan adalah apakah Administrasi negara berperan penuh terhadap masyarakat?.

Saat ini di Indonesia masih banyak masyarakat yang masih bingung terhadap pengelolaan administrasi suatu negara, terutama pada masyarakat terpencil (pedesaan). Peranan administrasi suatu negara terhadap masyarakat pedesaan kini dipandang sangat minim pengetahuan, sebab masyarakat terpencil masih bingung dengan apa yang di artikan sebagai administrasi.

Administrasi juga sebagai peran stabilisasi masyarakat, meskipun saya setuju menyebut pentingnya Administrasi, fungsi utama Administrasi adalah menstabilkan institusi sosial. Tetapi yang menjadi permasalahan adalah suatu administrasi dalam pedesaan sangat kurang sekali di sorot oleh administrasi negara.

Masyarakat pedesaan memerlukan pemahaman terhadap pengelolaan administrasi suatu negara, dengan begitu masyarakat tidak bertanya-tanya akan hal tersebut. Maka dari itu pemerintah perlu sekali memberikan pemahaman mengenai pengelolaan administrasi. Sebab saya sebagai anak pedesaan perlu memperkuat argumentasi masyarakat atas kurangnya pengetahuan masyarakat tersebut.

Maka dari itu yang saya harapkan adalah perlunya edukasi dan pemberian pengetahuan terhadap masyarakat yang yang kurang paham administrasi, terkadang masyarakat selalu bertanya-tanya akan hal tersebut. Saya berharap pengelolaan administrasi perlu sekali masyarakat mengetahuinya sehingga tidak adanya suatu kecurigaan terhadap pengelolaan yang tidak sesuai dan dapat di artikan tidak jelas.

*Ardiansyah, Mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image