Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rutan Pbg

Menutup Tahun 2022, Rutan Purbalingga Ikuti Refleksi Akhir Tahun Kemenkumham via Zoom

Info Terkini | Friday, 16 Dec 2022, 08:05 WIB
Kepala dan Pejabat Struktural Rutan Purbalingga mengikuti kegiatan Refleksi Akhir Tahun Kemenkumham via zoom. Foto : RutanPurbalingga.

Dengan berakhirnya tahun 2022 sekaligus akhir dari kinerja penyerapan anggaran tahun 2022, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Purbalingga Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah mengikuti kegiatan Refleksi Akhir Tahun 2022. Kegiatan refleksi di-relay oleh Kemenkumham RI secara virtual, Kamis (15/12).

Pada kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) Tangerang, Banten ini juga dihadiri oleh pimpinan tinggi (pimti) madya di lingkungan Kemenkumham, di antaranya Sekretaris Jenderal, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto; Inspektur Jenderal, Razilu; Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Irjen. Pol. Reynhard SP. Silitonga, Pimpinan Tinggi Madya lainnya, Pimpinan Tinggi Pratama Unit Utama dan para Kepala Kantor Wilayah seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly menyampaikan evaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi di lingkungan Kemenkumham RI sepanjang tahun 2022. Refleksi akhir tahun adalah wujud akuntabilitas dan transparansi atas pelaksanaan kinerja Kemenkumham Tahun Anggaran 2022.

Tangkapan layar zoom Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Yasonna H. Laoly saat memberikan sambutan. Foto : RutanPurbalingga.

Pada kegiatan tersebut, Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly mengungkapkan pencapaian terbesar Kemenkumham di bidang pembentukan regulasi, Pelayanan dan Penegakan Hukum, Kekayaan Intelektual, Penegakan dan Pemajuan HAM, Dukungan Manajemen, dan Pengembangan SDM.

Selain capaian kinerja tersebut, Yasonna juga menyampaikan berbagai prestasi kerja Kemenkumham yang membanggakan, sebagai berikut (ada 18 prestasi besar) :

1. Presiden Filipina, Duterte, menganugerahkan Kaanib ng Bayan atau Ally of the Nation kepada Menteri Hukum dan HAM karena berkontribusi bagi WN Filipina di luar negeri lewat kebijakan Keimigrasian saat pandemi Covid-19;

2. BKN Awards dengan kategori “Sangat Baik” dalam penyelenggaraan Merit System Kepegawaian;

3. Peringkat 1 Penilaian Kompetensi dari BKN bagi Kementerian/Lembaga Tipe Besar;

4. Penghargaan “Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik” dari Ombudsman Republik Indonesia;

5. Piala Anggakara Birawa dari Kemenpan-RB, dalam “Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik;

6. Mampu mempertahankan WTP ke-13 kalinya di tengah pandemi Covid-19;

7. Top 3 Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP), dengan predikat “Badan Publik Informatif” untuk pertama kalinya sejak 2011, sebelumnya dalam penyelenggaraan KIP dengan predikat “Cukup Informatif”, (peringkat ke-2);

8. Peringkat ke-2 penilaian BKN, dalam hal Pemanfaatan Data Sistem Informasi;

9. Peringkat ke-2 Kinerja Anggaran Pagu Besar K/L dari Kemenkeu;

10. Top 2 Penghargaan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, penilaian dari Kemenpan-RB;

11. Peringkat ke-3 Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dari Kemenpan-RB;

12. Top Inovasi Pelayanan Publik Kategori Kelompok Umum dari Kemenpan-RB untuk Aplikasi Situational Judgment Test (SJT);

13. Akreditasi Bintang Dua sebagai Lembaga Penyelenggara Pelatihan oleh LAN-RI;

14. Akreditasi nilai “A” kategori bintang 1 pada Pelatihan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah, dari LAN-RI;

15. Penghargaan atas peran sertanya dalam Penyelamatan dan Pelestarian Arsip Terjaga untuk Melindungi Eksistensi Bangsa dan Negara;

16. Piagam Penghargaan atas peran serta Kemenkumham dalam Penyelamatan dan Pelestarian Arsip Statis Penanganan Covid-19 yang Bernilai Guna Pertanggungjawaban Nasional Bagi Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara;

17. Penghargaan sebagai Kementerian Pengumpul Zakat terbaik dari Badan Amil Zakat Nasional;

18. Menteri Hukum dan HAM sebagai Top Leader on Digital Implementation Top Digital Awards 2022 dari Majalah It Works; dan

19. Dan berbagai prestasi lainnya.

Mengakhiri sambutanya, Beliau berpesan untuk senantiasa meneruskan langkah perubahan di bidang inovasi pelayanan publik serta regulasi berkonsep restorative justice.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image