Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Putri Anggraini

Pamerkan Produk Halal Indonesia Berpartisipasi Dalam OIC Halal Expo 2022 di Turki

Ekonomi Syariah | Thursday, 08 Dec 2022, 11:48 WIB

OIC HALAL EXPO 2022 INDONESIA BERPARTISIPASI PAMERKAN PRODUK HALAL

OIC Halal Expo merupakan sebuah pameran dagang halal terbesar di dunia. Pada tahun 2022 kegiatan ini memasuki tahun ke 9 yang mana diselenggarakan oleh Negara-negara anggota OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) di Turki tepatnya di Istanbul Expo Center (Istanbul Fuar Merkezi), Bakırköy, Turkey pada 24 November 2022 sampai dengan 27 November 2022. 9th Halal Expo adalah acara internasional multisektoral terbesar dan paling progresif yang telah berdiri sebagai pilar industri Halal secara global. Ini memberikan iklim unik untuk pertukaran perdagangan di semua bidang produk dan layanan yang terkait dengan definisi Halal (misalnya, Makanan & Minuman, Kosmetik & Perawatan Pribadi, Pariwisata dan Hotel Ramah Halal, Keuangan Islam, Pendidikan & Pelatihan, Penerbitan, Islamic Textile & Modest Fashion, Waralaba, dan sektor terkait lainnya).

Dengan mengangkat tema “For a Sustainable Trade: Explore All Aspects of the Growing Global Halal Industry” Indonesia mendukung penuh sustainable trade dalam memajukan industi halal dan Indonesia sedang mengembangkan ekosistem menjadi Global Halal Hub yang disampaikan langsung oleh Menko Perekonomian RI Airlangga Hartanto, selain beliau dari Indonesia juga hadir Duta Besar RI untuk Turki, Kukuh S. Achmad , Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN), Kepala Badan Standardisasi Nasional, dan Kementerian Perdagangan, Veri Anggrijono.

Dalam pameran ini, tentu saja Indonesia turut membawa berbagai produk halal. Tujuannya yaitu untuk diperkenalkan secara internasional bahwa Indonesia memiliki beragam produk halal dari jenis pangan, kosmetik hingga obat-obatan. Paviliun Indonesia hadir melalui 38 peserta pameran yang tergabung dalam 12 stand-stand besar dari Kementerian/Lembaga dan Dinas Perdagangan Provinsi/daerah, Indonesia menempati area seluas 323 m2 dan diikuti lebih dari 100 pelaku usaha. Adapun produk yang ditampilkan di antaranya makanan minuman, kosmetik, fesyen muslim, , jasa sertifikasi halal, obat dan farmasi, kerajinan dan dekorasi rumah, jasa di sektor pelabuhan dan perdagangan bebas serta wisata halal. Paviliun Indonesia yang dibuka secara resmi oleh Duta Besar Ankara dan Muhamad Iqbal ini menampilkan produk secara fisik dan digital katalog

Bersamaan dengan kegiatan Halal Expo terdapat juga the 8th World Halal Summit yang menghadirkan 48 pembicara dari 16 negara dalam 11 sesi selama 3 hari. Konferensi ini menghadirkan pembicara dari berbagai kalangan termasuk di dalamnya pemerintah, regulator halal, akademisi dan industri dari berbagai belahan dunia.

Materi yang diangkat yaitu mengenai isu standarisasi infrastruktur kualitas halal, peluang ekonomi baru dalam industri halal, makanan halal, pembiayaan halal, rantai pasok halal, obat-obatan halal, industri pengemasan halal, teknologi quality assurance halal, dan keberlanjutan industri pariwisata halal.

Maka dari itu rangkaian seminar internasional yang dilaksanakan bersamaan dengan pameran OIC Halal Expo ini harus dapat dimanfaatkan secara baik dalam perluasan wawasan pengembangan produk halal dan juga dengan keikutsertaan Indonesia dalam pameran ini produk-produk Indonesia memiliki peluang besar untuk dipasarkan di Turki dan negara sekitar sehingga dapat dikatakan berhasil dalam memperkenalkan produk Indonesia dan meningkatkan ekspor ke pasar global.

Penulis: Putri Anggraini

R10 Ekonomi Islam Universitas Jambi

Mengenai Isu Halal

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image