Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Subhan Riyadi

BEM Fakultas Kedokteran Unismuh Gelar Ekspedisi Pulau

Info Terkini | Tuesday, 29 Nov 2022, 13:08 WIB

Pangkep - Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Memiliki lebih dari 17.000 pulau, di mana hanya sekitar 7.000 pulau yang berpenghuni.

Sebagai bentuk optimalisasi penjangkauan pelayanan kesehatan di daerah perifer yang masih minim khususnya di daerah kepulauan. Departemen Pengembangan Masyarakat (Pengmas) BEM Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar menggelar Ekspedisi Pulau dengan Tema : “Sehatkan Daerah Perifer, Indonesia Tangguh”

Kegiatan ini dilaksanakan di Pulau Lamputang, Desa Matturodolangeng, Kecamatan Liukang Tuppabiring, Kabupaten Pangkejene Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan pada 26-27 November 2022.

Ketua BEM FK Unismuh, Muhammad Risqullah Ammar, menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya kepada seluruh pihak yang terlibat.

“Alhamdulillah, Hadirnya kegiatan ini tentu melibatkan banyak pihak, Kami ucapkan terima kasih banyak dan penghargaan atas kolaborasi yang dilakukan sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar.”

Lanjutnya, “Ekspedisi Pulau ini menyongsong semangat gotong royong dengan menjangkau lebih dekat, merangkul dalam satu asa,

menuju Indonesia Tangguh dan Sehat. Harapannya Ikhtiar dan doa ini terus berlanjut untuk membantu seluas-luasnya masyarakat. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan aksi Clean Up Day dengan membersihkan sampah-sampah organik dan non organik di daerah pesisir sebagai bentuk gerakan dalam menjaga lingkungan”

Terpisah disampaikan, Ketua Panitia Ekspedisi Pulau, Muhammad Izzah Alfath menyebutkan bahwa program ini sangat disambut baik masyarakat dan bisa berjalan lancar dengan bersinergi bersama Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan

“Alhamdulillah kegiatan ekspedisi pulau BEM FK Unismuh berjalan dengan baik, walaupun kegiatan ini merupakan proker inovasi dari BEM FK Unismuh tetapi respon masyarakat di pulau lamputang sangat baik, Terimakasih banyak bagi dompet dhuafa yang telah menuntun kami untuk memilih pulau lamputang sebagi tempat kegiatan kami ini serta terimakasih banyak bagi pihak pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.”

Adapun rangkaian kegiatan ekspedisi pulau ini terdiri dari ;

- Penyuluhan/Promosi Kesehatan

- Pemeriksaan kesehatan,

- Sirkumsisi,

- Clean Up Day,

Salah satu dokter penanggung jawab dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unismuh Makassar, dr. Abdul Hamid, S.Ked menyampaikan apresiasi kepada warga Pulau Lamputang,

“Terima kasih kepada seluruh warga pulau lamputang atas atensinya, semoga kehadiran kami disini membawa manfaat dan keberkahan. Kegiatan bakti sosial ini sebagai bentuk pengabdian adik-adik mahasiswa kedokteran unismuh untuk membantu mengoptimalkan kesehatan masyarakat khususnya yang berada di Pulau Lamputang ini.” Ujarnya

Ekspedisi Pulau ini di tutup dengan pelaksanaan malam ramah tamah bersama warga, terdapat persembahan seni dari siswa(i) sekolah dasar (SD) di Pulau Lamputang dan juga penyerahan kenang-kenangan dan hadiah kepada warga setempat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image