Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dwi Yulianti, S.Mat, S.Pd.

Gebyar P5 SD TUNAS IBLAM

Eduaksi | Wednesday, 09 Nov 2022, 19:59 WIB
Tarian Jaipong, salah satu penampilan dalam Gebyar P5 bertema Kearifan Lokal.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dalam situasi tidak formal, struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang interaktif, dan terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

Hal ini disampaikan oleh Ki Hadjar Dewantara “... perlulah anak anak [Taman Siswa] kita dekatkan hidupnya kepada perikehidupan rakyat, agar supaya mereka tidak hanya memiliki 'pengetahuan' saja tentang hidup rakyatnya, akan tetapi juga dapat 'mengalaminya' sendiri, dan kemudian tidak hidup berpisah dari rakyatnya."

Sekolah Tunas Iblam sebagai Sekolah Penggerak melaksanakan Kurikulum Merdeka pada kelas 1 dan 4. Program P5 pada kurikulum ini merupakan salah satu penerapan project base learning dengan kolaboratif. Pembentukan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sangat diharapkan setelah berakhirnya kegiatan ini. Gebyar P5 dilaksanakan pada Sabtu, 5 November 2022. Dihadiri oleh tamu undangan dan orang tua/wali murid peserta didik kelas 1-6, kegiatan ini berlangsung mulai pukul 08.00 dan diakhiri pukul 11.30.

Pada saat pembukaan Ms. Rani Ika Apriliyanti, S.Pd, selaku kepala sekolah menekankan pembentukan dan penanaman karakter nilai-nilai Pancasila. Pengawas Pembina Ibu Eva Eriva, M.Pd, menutup kegiatan ini dengan memberikan apresiasi untuk kegiatan serupa di semester 2 nanti. Semangat Merdeka Belajar akan terus digaungkan untuk berinovasi mendidik generasi.

Sekolah Tunas Iblam menyemarakkan kegiatan P5 ini dengan mengangkat tema "Kearifan Lokal". Dengan semangat merdeka belajar serangkaian kegiatan pameran dan gelar karya mulai kelas 1 hingga 6, dengan mengusung topik-topik berbeda, yaitu:

Kelas 1 "Hidroponik Itu Asik"

Kelas 2 "Bergembira Dengan Lagu Daerah"

Kelas 3 "Makanan Tradisional Budayaku"

Kelas 4 "Mengenal Lebih Dekat Cagar Budaya Kota Depok"

Kelas 5 "Pesona Tari Kreasi Daerah"

Kelas 6 "Kelestarian Lingkungan"

Berikut tayangan kegiatan kami pada GEBYAR P5 SEKOLAH DASAR TUNAS IBLAM

Penulis Dwi Yulianti

Dokumentasi Noval Romona, Oxctyque Lunna, Harniatika S.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image