Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Raka Yudi Setra

KOMUNIKASI POLITIK ANIES BASWEDAN MELALUI TWITTER

Politik | Sunday, 06 Nov 2022, 21:05 WIB
photo : Twitter

Pada era kontemporer ini salah satu komunikasi politik yang paling dominan adalah media sosial, dimana komunikasi politik sangat memegang pernan penting karena bisa berdampak untuk partisipasi politik. Karena berkontribusi sebagai keterbukaan dan transparansi, Anies Baswedan adalah salah satu aktor politik sekaligus menaikan popularitasnya.

Dengan adanya kehadiran media sosial juga mempengaruhi bidang politik khusunya di media sosial, media sosial bisa menjadi alat kampanye yang efektif. Di Amerika Serikat lembaga pemerintahan dan para elit politik menggunakan sosial media secara masif untuk berinteraksi dan menginformasikan warga negaranya atas suatu kebijakan yang telah dibuat.

Amerika Serikat menggunakan media sosial untuk mendorong kampanye presiden Barack Obama melalui sosial media twitter di tahun 2008. Penggunaan media sosial telah mengubah hubungan antara warga dan pemerintah dalam hal interaksi dan intensitas. Media sosial adalah produk dari revolusi teknologi informasi yang sangat unik dan interaktif serta intens di antara keduanya.

Partai Politik di Indonesia saat ini sudah banyak yang memiliki akun Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube, disamping website resmi partai politik. Para elit politik atau politisi juga memiliki akun pribadinya masing-masing, para politisi seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Puan Maharani, Ridawan Kamil, Prabowo Subianto, bahkan Presiden RI Jokowi Widodo memiliki akun Twitter yang berstatus verified account, yang artinya sudah mendapatkan verifikasi dari pihak Twitter. Sosial media Twitter para tokoh politik dapat memberitahukan program kerja, isu terkin, menanggapi mention masyarakat adalah hal yang umum dalam linimasa Twitter para tokoh politik tersebut.

3 Oktober 2022 Anis Baswedan diusung Partai Nasdem menjadi calon presiden 2024, Anies Baswedan menjadi topik pembicaraan di khalayak masyarakat banyak dan juga ramai perbincangkan di media sosial khususnya Twitter. Mantan Gubernur DKI Jakarta saat ini memiliki followers mencapai 4.783.797 juta pengikut di akun media sosial twitternya, Anies Baswedan sering menyapa dan sering menerima keluh kesah masyarakat kota Jakarta di akun media sosial Twitter miliknya. Menurut Anis sendiri media sosial twitter memudahkannya untuk berkomunikasi dengan masyarakat khusunya mengenai pelayanan publik DKI Jakarta.

Anies Baswedan saat masih menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Gubernur DKI Jakarta. Anies Baswedan mulai aktif dan intens dalam berinteraksi di sosial media Twitter pada tahun 2014 lalu, era yang sudah sangat modern ini sangat dibutuhkan seorang pemimpin yang inovatif dan kratif. Pemimpin yang bisa di katakan berhasil bisa di ukur dengan bagus atau tidaknya stabilnya perekonomian rakyat, pembangunan infrastuktur dan tingkat kesejahteraan di daerah tersebut. Yang paling penting dari Anies Baswedan adalah gaya berkomonikasi politik dan memiliki karakter tersendiri.

Pemimpin yang di anggap baik sangat dipengaruhi oleh bagaimana gaya berkomunikasi mereka untuk bisa menggunakan strategi mempengaruhi. Anies Baswedan merupakan orang yang benar-benar di anugerahi dengan gaya berkomunikasi yang luar biasa, hal ini karena Anies Baswedan merupakan seorang Akademisi yang pada dasarnya sudah terbiasa untuk berkomunikasi di depan umum atau di forum-forum besar. Sayangnya gaya berkomunikasi Anies Baswedan dianggap sebagian kalangan terlalu beretorika karena dianggap strategi komunikasi retorika ini seharusnya digunakan untuk bisa mencapai tujuan bersama dan bukan untuk mengdiskriminasikan orang lain demi kepentingan pribadi.

Komunikasi politik yang semakin meningkat di media sosial, menyiratkan perubahan mendasar dalam komunikasi politik tradisional ke komunikasi politik modern sehingga ada yang akan di sampaikan akan jauh lebih efektif. Komunikasi politik yang dilakukan oleh Anies Baswedan melalui media sosial Twittwr mendapat banyak perhatian dari banyak kalangan dan juga nerizen di Twitter. Inyensitas dan Interaksi melalui Twitter Anies Baswedan sangat berfokus pada lingkup pelayanan publik di Jakarta.

Dunia politik juga tidak lepas dari pengaruh perkembangan teknologi digital dan media sosial, media sosial ibarat dua sisi mata uang bagi para aktor politik. Di satu sisi keberhasilan memanfaatkan media sosail dapat memungkinkan aktor politik mendapatkan dukunga positif. Di sisi lain kegagalan memanfaatkan media sosial beresiko merusak citra yang dia miliki, tetapi Anies Baswedan mampu memainkan perannya sebagai aktor politik sekalgus mewakili pemerintah DKI Jakarta dalam berkomonikasi politik melalui media sosial khususnya Twitter.

Maka dari itu, pemilihan Twitter oleh Anies Baswedan sebagai wadah untuk menyalurkan informasi memnag bisa dianggap cukup tepat mengingat pengguna Twitter di Indonesia meupun diseluruh dunia cukup tinggi. Cara berkomunikasi, cara untuk mencari berita atau menyalurkan informasi dan bahkan untuk kehidupan sosial dan politik melalui media sosial khususnya di Indonesia pada saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Para aktor politik juga sudah mulai melakukan komunikasi politik untuk mencari simpati atau melakukan branding politik melalui Twitter pada era kontemporer ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image