Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rara Salsabila

Menjaga Rasa Aman Saat Berkomunikasi di Dunia Maya

Edukasi | Saturday, 05 Nov 2022, 14:06 WIB

Dunia maya atau dapat juga disebut internet, tentunya sudah menjadi sebuah istilah yang tidak asing lagi. Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang memudahkan kita untuk mengirim dan menerima pesan dari berbagai orang dan dimanapun kita berada. Dengan adanya internet kita dapat menggunakan berbagai media sosial, aplikasi, email, hingga menjangkau situs internet. Terlepas dari berbagai kelebihan dan kekurangan dunia maya, apakah rasa aman saat berkomunikasi dapat terjamin saat menggunakannya?

Tentunya sebagai pengguna internet, kita mengharapkan adanya rasa aman terkait data-data yang kita miliki. Setiap aplikasi memiliki cara tersendiri untuk memastikan keamanan data dari setiap penggunanya. Data pengguna yang ada seharusnya digunakan dengan bijak untuk keperluan serta kebutuhan dari sebuah aplikasi. Jangan sampai data tersebut bocor hingga membahayakan penggunanya.

Mengapa diperlukan kemanan dalam dunia maya? Di zaman sekarang, sebagian besar sistem dari berbagai layanan menggunakan dunia maya. Selain mudah dijangkau, internet memudahkan kita dalam hal komunikasi. Oleh karena itu keamanan di dunia maya menjadi pertahanan yang besar bagi penggunanya. Perlindungan dunia maya juga berfungsi supaya sistem berjalan dengan baik tanpa adanya hambatan atau serangan dunia maya. Serangan atau kejahatan pada dunia maya sangat membahayakan pengguna internet.

Berkomunikasi menjadi salah satu hal yang dapat kita lakukan melalui dunia maya. Aplikasi media sosial seperti Whatsapp, Line, Instagram, serta aplikasi lainnya memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan siapapun. Serangan dunia maya dalam media sosial seringkali terjadi dengan adanya peretasan aplikasi, kebocoran data, hingga pelanggaran privasi pengguna.

Rasa aman dan perlindungan privasi tidak hanya menjadi tanggung jawab pihak luar namun juga tanggung jawab diri sendiri. Dalam dunia maya, kita tentunya bertemu dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang. Setiap postingan hingga komentar kita dapat dilihat dan diketahui oleh banyak orang. Untuk itu, kita perlu menjaga sikap untuk melindungi dan menjaga nama baik saat berkomunikasi di dunia maya.

Dunia maya diawasi dengan adanya Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Maka kita harus berhati-hati dalam beraktifitas di dunia maya. Percakapan dalam dunia maya dapat menimbulkan berbagai reaksi yang berbeda dari setiap orang dikarenakan latar belakang yang berbeda-beda. Penggunaan bahasa hingga emoticon dapat mempengaruhi penyampaian pesan di dunia maya. Dalam memberikan tanggapan atau komentar, hindari penggunaan bahasa yang vulgar atau kasar karena dapat menimbulkan ketersingguan dari pihak lain.

Penempatan diri yang baik dapat membantu komunikasi berjalan dengan baik pada dunia maya, sama halnya dengan dunia nyata. Kita harus mengetahui bagaimana cara penyampaian pesan supaya dapat diterima dengan baik walaupun di dunia maya. Memberikan saran atau kritik dapat dilakukan melalui percakapan pribadi sehingga lawan bicara juga tidak merasa tersinggung dan malu karena jika dilakukan melalui komentar atau postingan dapat dilihat oleh berbagai orang.

Menghargai privasi orang lain juga menjadi salah satu poin yang tidak kalah pentingnya. Kita tidak perlu terlalu mencari tahu hingga berusaha mencari data pribadi seseorang dalam dunia maya. Tanpa disadari, hal tersebut dapat melanggar privasi yang dimiliki oleh seseorang. Hindari terlalu sering memberikan komentar yang tidak baik pada postingan tertentu supaya tidak menimbulkan perpecahan.

Rasa aman dalam dunia maya dapat kita rasakan apabila kita saling menghargai dan menjaga perilaku saat berkomunikasi. Hal ini akan menghindarkan kita dari berbagai bahaya kejahatan hingga orang-orang yang berniat jahat. Niat jahat dapat ditimbulkan apabila kita bersikap sewenang-wenang tanpa memikirkan dampaknya untuk orang lain. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya kasus kebocoran data bahkan hilangnya nyawa karena pesan yang diberikan melalui dunia maya.

Jika rasa aman sudah dapat dirasakan, maka komunikasi dalam dunia maya dapat berjalan dengan lancar dan nyaman. Itulah pentingnya menjaga data hingga sikap dalam berkomunikasi di dunia maya. Keamanan yang diberikan oleh pihak luar dapat kita jaga dengan bersikap baik dan bijak dalam menggunakan internet. Hal ini juga dapat memberikan banyak manfaat positif baik dalam mendapatkan informasi dan juga memberikan informasi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image