Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Artijo

Apa itu Freeware dan Apakah Aman?

Teknologi | Sunday, 30 Oct 2022, 11:02 WIB

Tergantung pada hak cipta dari freeware, Anda mungkin atau mungkin tidak dapat menggunakannya lagi dalam perangkat lunak yang Anda buat. Program bebas yang paling tidak membatasi adalah program berhak cipta yang tidak berlisensi -- yaitu, perangkat lunak bebas -- yang berada dalam domain publik. Freeware sering dibuat oleh pengembang independen dan tersedia untuk diunduh di situs web mereka sendiri atau melalui toko aplikasi pihak ketiga. Banyak program populer dimulai sebagai freeware sebelum menjadi perangkat lunak open source. Siapa yang pertama kali menciptakan perangkat lunak bebas?

Open Source

Andrew Fluegelman menciptakan istilah freeware ketika ia merilis perangkat lunak PC-Talk-nya pada tahun 1980 sebagai freeware. Fluegelman ingin orang lain menggunakan dan mendapatkan manfaat dari programnya tanpa membayarnya. Itu memungkinkan orang lain untuk mendistribusikan PC-Talk selama mereka tidak menjualnya atau mengubah kodenya. Apa perbedaan antara freeware dan perangkat lunak bebas?

Perbedaan utama antara freeware dan freeware adalah bahwa freeware dirilis di bawah lisensi yang memungkinkan pengguna untuk memodifikasi dan mendistribusikan perangkat lunak, sedangkan freeware memiliki hak cipta dan tidak dapat dimodifikasi atau didistribusikan. Definisi perangkat lunak bebas didefinisikan dalam kerangka proyek GNU dan oleh Free Software Foundation. Itu sering dibuat oleh sukarelawan dan didukung oleh sumbangan, sementara perusahaan membuat perangkat lunak gratis dan menyediakannya secara gratis sebagai alat pemasaran. Meskipun perangkat lunak bebas dapat menjadi pilihan yang lebih murah daripada perangkat lunak komersial, penting untuk diingat bahwa pengguna tidak memiliki kebebasan yang sama dengan perangkat lunak bebas.

Sebelum mengunduh freeware apa pun, pengguna harus memastikan untuk membaca perjanjian lisensi dengan cermat. Jika tidak, mereka mungkin tanpa sadar melanggar proses dan mendapatkan izin tinggal dan menghentikan pesanan atau membayar denda.

Apa perbedaan antara freeware dan shareware? Shareware adalah jenis perangkat lunak percobaan yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan program untuk waktu yang terbatas atau dengan fitur tertentu dinonaktifkan. Jika pengguna dalam program ini berguna, mereka dapat membayar untuk membuka kunci versi lengkap. Seperti freeware, shareware sering dibuat oleh pengembang independen dan tersedia untuk diunduh di situs web mereka sendiri atau melalui toko aplikasi pihak ketiga. Namun, shareware tidak gratis untuk digunakan selamanya seperti freeware. Perbedaan utama antara freeware dan shareware adalah freeware tidak memerlukan pembayaran untuk digunakan, tidak seperti shareware.

Seperti disebutkan di bagian sebelumnya, pengguna harus selalu membaca perjanjian lisensi dengan cermat agar tidak melanggar ketentuannya. Apa perbedaan antara perangkat lunak bebas dan perangkat lunak sumber terbuka?

Meskipun freeware mungkin gratis, itu bukan perangkat lunak open source. Perangkat lunak open source selalu bebas untuk digunakan, dimodifikasi, dan didistribusikan, dalam kondisi tertentu.

Freeware mungkin atau mungkin tidak datang dengan kode sumber. Jika kode kunci tidak tersedia, pengguna tidak akan dapat menjalankan program. Sebagian besar program freeware hanya gratis untuk penggunaan pribadi. Jika pengguna ingin menggunakannya untuk tujuan komersial, mereka harus membeli lisensi.

Perangkat lunak open source dikembangkan secara terbuka dan kolaboratif. Siapa pun dapat menambahkan kode dan membuat perubahan sesuka mereka. Contoh perangkat lunak open source yang paling terkenal adalah Linux. Apa yang harus saya ingat saat menggunakan freeware?

Saat Anda menggunakan kembali perangkat lunak domain publik di program Anda sendiri, ada baiknya mengetahui riwayat program untuk memverifikasi bahwa program tersebut benar-benar ada di domain publik. Jika Anda tidak yakin, selalu berhati-hatilah dan dapatkan izin dari pemegang hak cipta sebelum menggunakan kode berhak cipta apa pun.

Saat mengunduh freeware dari toko aplikasi atau situs web lain, perhatikan ulasan dan peringkat untuk memastikan orang lain memiliki pengalaman yang baik dengan perangkat lunak tersebut. Juga, pastikan untuk membaca perjanjian lisensi dengan cermat sebelum menggunakan program.

Dan, terakhir, ingatlah bahwa pengembang independen sering membuat freeware ini di waktu luang mereka, jadi jangan berharap terlalu banyak dalam hal fitur atau dukungan pelanggan. Jika Anda menemukan program gratis yang memiliki apa yang Anda butuhkan, pertimbangkan untuk memberikan kredit pengembang untuk menunjukkan penghargaan Anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image