Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SMP Al-Hikmah Boarding School Batu

Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Dengan Upacara Bendera

Edukasi | Monday, 24 Oct 2022, 16:03 WIB

Melaksanakan upacara bendera merupakan salah satu bentuk cinta terhadap tanah air. selain itu juga sebagai wujud pelaksanaan sila ketiga dalam Pancasila, yaitu persatuan Indonesia yang dilambangkan dengan pohon beringin. Di samping itu, melaksanakan upacara bendera merupakan bentuk tanggung jawab kita sebagai warga negara.

Biasanya, upacara bendera dilakukan setiap hari Senin atau hari-hari besar Nasional di setiap sekolah atau instansi-instansi lainnya. Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah, upacara bendera di sekolah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab. Dengan begitu, hal ini dapat mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan peserta didik. Dari hal ini, dapat kita ketahui bahwa Upacara Bendera merupakan hal yang sangat penting dan harus kita laksanakan.

Upacara Bendera, Senin 24 Oktober 2022

Di SMP Al-Hikmah Boarding School Batu, upacara bendera dilakukan di hari Senin setiap dua pekan sekali. Peserta upacara terdiri dari seluruh civitas akademika SMP Al-Hikmah Boarding School Batu, mulai dari guru, tenaga kependidikan dan siswa. Untuk petugas upacara dilakukan oleh siswa secara bergiliran dari semua kelas. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan, jiwa tanggung jawab dan jiwa nasioanalisme di kalangan siswa.

Petugas upacara dari siswa

Dalam upacara bendera ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Antara lain, bisa meningkatkan kekompakan dan kebersamaan. Saat mengikuti kegiatan ini, peserta upacara harus kompak dalam mengikuti aturan dan aba-aba dari petugas upacara.Dengan begitu, hal ini bisa menunjukkan rasa kebersamaan selama mengikuti susunan upacara dari awal sampai akhir. Manfaat lainnya yang bisa didapatkan yaitu bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme. Hal ini karena upacara bukan hanya ritual semata. Dalam pelaksanaannya upacara menjadi satu di antara cara untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan. Oleh karena itu, kegiatan ini juga bisa memupuk rasa nasionalisme anak bangsa. Manfaat upacara bendera berikutnya yaitu menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Dalam pelaksanaannya, para siswa diminta untuk menjadi petugas upacara secara bergilir. Hal ini menuntut para siswa untuk bisa memimpin jalannya upacara dengan baik dan benar. Semoga para siswa bisa benar-benar mendapatkan manfaat yang ada dalam upacara bendera.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image