Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Proinov CNT

6 Tips Memilih Rumah Sakit untuk Melahirkan dengan Nyaman

Gaya Hidup | Monday, 17 Oct 2022, 08:58 WIB

Momen persalinan tentu menjadi momen yang paling ditunggu sekalipun memberi ketegangan secara psikis bagi ibu maupun pasangannya. Tidak sedikit ibu hamil yang berusaha memilih rumah sakit terbaik agar lebih nyaman selama proses persalinan. Jika bingung berikut ini tips memilih rumah sakit untuk melahirkan yang tepat:

pertimbangan rumah sakit untuk persalinan
pertimbangan rumah sakit untuk persalinan

1. Jarak tempuh

Tips yang pertama adalah memilih rumah sakit yang jarak tempuhnya paling dekat dengan rumah. Kenapa? Sebab saat kontraksi dan pembukaan terjadi, dijamin ibu hamil maupun pasangan akan panik. Selain itu juga membutuhkan penanganan cepat dari tenaga medis. Maka jangan memilih rumah sakit yang terlalu jauh.

2. Kredibilitas

Berikutnya adalah memilih rumah sakit bersalin yang kredibilitasnya terjamin atau memiliki reputasi yang baik. Sebab ibu hamil tentu tidak ingin ditangani oleh bidan maupun dokter kandungan yang tidak kompeten. Maka cek reputasi rumah sakitnya dulu.

3. Dokter yang menangani

Tips yang ketiga adalah mengecek siapa dokter kandungan yang memberi pelayanan di rumah sakit bersalin tersebut. Biasanya ibu hamil memilih rumah sakit yang menjadi tempat praktek dokter kandungannya. Namun, bisa jadi berbeda karena suatu hal. Maka cek siapa dokternya dan bagaimana reputasinya.

4. Fasilitas yang disediakan

Perhatikan juga fasilitas yang disediakan pihak rumah sakit. Mulai dari kondisi ruang perawatan ibu dan bayi, ruang NICU, dan fasilitas penting lainnya. Sehingga setelah menjalani persalinan jika ada suatu kondisi kurang bagus bisa segera ditangani oleh tenaga medis.

5. Biaya yang tersedia

Dalam memilih rumah sakit untuk persalinan sebaiknya menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Sebab dewasa ini biaya persalinan semakin naik dan disediakan dalam bentuk paket. Tidak sedikit selebgram dan artis yang mengulas paket persalinan mewah ala hotel di berbagai rumah sakit. Jadi, jangan mudah tergiur kecuali anggaran mendukung.

6. Review layananya

Tips memilih rumah sakit persalinan yang terakhir adalah review atau ulasannya. Dewasa ini semakin banyak rumah sakit aktif di internet misalnya membuat akun di Google Business dan Instagram. Lewat akun-akun online ini, para ibu bisa mengecek ulasannya bagaimana seperti ulasan apotek di Jakarta dari Direktori Bisnis berikut ini.

Dengan beberapa tips tersebut, para ibu hamil dijamin tidak akan bingung lagi dalam memilih rumah sakit. Sehingga bisa merasa aman dan nyaman dalam menjalani proses persalinan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image