Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

4 Amalan Utama di Hari Jumat yang Istimewa

Agama | Friday, 14 Oct 2022, 10:36 WIB
sumber gambar: freepik

Dalam sepekan, ada hari Jumat yang istimewa dalam islam karena di dalamnya banyak kemuliaan. Di dalamnya terdapat waktu-waktu yang penuh keberkahan. Hari Jumat juga merupakan istimewa posisinya karena ia laksana pemimpin para hari (sayyidul ayyam).

Untuk menyambut hari yang mulia, seorang muslim dapat menyambutnya dengan 4 amalan utama berikut, di antaranya:

Bersholawat

Banyak bersholawat kepada Nabi Muhammad karena beliau bukanlah Nabi biasa. Rasulullah SAW akan menjadi syafaat dan penolong para umatnya. Satu-satunya yang Rasulullah minta banyak kepada umatnya adalah bersholawat. Karena Rasul tahu dengan perbanyak sholawat akan dijamin kita mendapatkan syafaat Rasulullah. Terutama perbanyak sholawat di malam Jumat dan hari Jumat.

Dalam hadist disebutkan, artinya: “Manusia yang paling berhak terhadapku pada hari kiamat adalah yang paling banyak bersholawat terhadapku.” (HR. at Tirmidzi)

Membaca Surat Al-Kahfi

sumber gambar: freepik

Surat Al-Kahfi ada 110 ayat dan merupakan surat ke-18. Jika terasa berat untuk menuntaskan dalam sekali waktu, boleh dibagi bacaannya. Contohnya pagi baca dua halaman, siang baca dua halaman, dan sisanya bisa dibaca pada malam hari. Jika belum bisa membaca secara lancar, boleh menyimak atau mendengar surat Al-Kahfi lewat murottal Al-Quran. InsyaAllah semua amal sholeh akan bernilai di sisi Allah SWT.

Banyak berdoa

sumber gambar: freepik

Pada hari Jumat, seorang muslim dianjurkan untuk perbanyak berdoa karena di dalam hari Jumat terdapat satu waktu yang mana bila kita berdoa maka doa tersebut tidak akan tertolak. Rasulullah SAW bersabda, artinya:

"Pada hari Jum’at terdapat dua belas jam (pada siang hari), di antara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia di akhir waktu setelah ‘Ashar.’" [HR. Abu Dawud]

Ada perbedaan pandangan dari para ulama terkait satu jam yang dimaksud. 1 jam yang paling kuat adalah 1 jam yang berada di sore hari. Maka manfaatkan waktu di sore hari untuk perbanyak doa terutama dari mulai ba’da Asar. Banyak berdoa di waktu-waktu tersebut.

Bersedekah

Dalam Al-Quran, Allah SWT mengikatkan antara infak sedekah dengan shalat. Salah satu cara memudahkan rezeki seseorang adalah sedekah setiap shalat. Apalagi sedekahnya di subuh hari, karena di setiap subuh ada dua malaikat yang mendoakan orang bersedekah dan mendoakan orang yang kikir.

Setelah sedekah sempurnakan dengan banyak berdoa. Sedekah tersebut bisa dimohonkan untuk dikirimkan pahalanya ke orangtua (yang sudah tiada), bisa dimohonkan untuk tenangkan hati dan niat baik lainnya. Dan yang memudahkan, sekarang sedekah bisa secara online dan dititipkan melalui LAZ, salah satunya di sini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image