Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rutan Banyumas

Kerja Sama Dengan Ditjen PAS, Kemenkumham Jateng Adakan Asistensi Kehumasan

Info Terkini | Thursday, 13 Oct 2022, 07:34 WIB
Asistensi Kehumasan

SEMARANG- Direktorat Jenderal Pemasyarakatan menggelar Asistensi Kehumasan bertajuk “Manajemen Komunikasi Krisis Pemasyarakatan” bagi petugas di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jateng, Rabu (12/10).

Kegiatan berlangsung di Aula Kresna Basudewa Kanwil Kemenkumham Jateng.

Secara garis besar, kegiatan tersebut merupakan langkah antisipatif dan solutif, menjawab perkembangan berita dan isu-isu seksi dunia Pemasyarakatan.

Dan upaya untuk memberikan guideline kepada pengelola kehumasan UPT Pemasyarakatan untuk meng-counter berita negatif dan menyajikan berita positif.

Menurut Koordinator Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Rika Aprianti, banyak berita viral tentang Pemasyarakatan yang perlu diluruskan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng

Banyak berita negatif yang kalau diulang secara terus-menerus akan mendapatkan pembenaran dari masyarakat.

Pernyataan Rika itu, mendapatkan persetujuan dari Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng DR A Yuspahruddin. Hal yang sama disampaikan saat memberikan sambutan sebelum membuka jalannya kegiatan.

"Kalau berita (negatif) itu diulang-ulang, berita yang tidak benar bisa menjadi benar, apalagi kalau kita tidak meng-counternya," ujarnya Yuspahruddin.

Kakanwil berharap dari kegiatan ini, akan ada sharing knowledge mengenai metode untuk "melawan" berita-berita negatif.

"Sehingga kita bisa menutup berita yang tidak baik, karena itu hal yang pasti terjadi, karena berita tidak baik selalu ada, jadi kita harus mampu mengendalikannya," kata Yuspahruddin.

Kakanwil juga menghimbau agar Pengelola Humas UPT aktif untuk menyampaikan informasi melalui media apapun tentang kinerja UPT.

"Agar masyarakat percaya, agar masyarakat tahu kinerja kita. Itu perlu dipublikasikan secara masif," katanya.

Terlepas dari kemungkinan munculnya berita negatif yang tidak benar, Kakanwil mengingatkan jajarannya untuk selalu berintegritas dalam memberikan layanan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Hadir pada kegiatan itu, Kepala Divisi Administrasi Jusman, Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Bambang Setyabudi serta beberapa Pejabat Administrasi Kantor Wilayah.

Sebagai peserta, tampak seluruh Kepala dan Pengelola Humas UPT Pemasyarakatan SE Jawa Tengah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image