Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image masud fauzi

Kapankah Hari Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 2022

Agama | Friday, 07 Oct 2022, 19:12 WIB
sumber pixabay

Kapan 12 Rabiul Awalnya 2022 harus dipahami. Tanggal 12 Rabiul Awalnya dalam penanggalan Hijriah ialah tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW. Di tanggal itu diperingati sebagai Maulid Nabi untuk umat Islam di penjuru dunia.

Lalu, kapan 12 Rabiul Awalnya 2022 peringatan Maulid Nabi 2022 itu? Untuk ketahui selanjutnya, baca info sekitar peringatan Maulid Nabi SAW tahun 2022 di bawah ini.

12 Rabiul Awalnya ialah tanggal kelahiran Nabi Muhammad, dalam penanggalan Hijriah. 12 Rabiul Awa diperingati tiap tahunnya sebagai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Untuk dipahami, penanggalan Hijriah berlainan dengan penanggalan Masehi. Oleh karena itu, harus dipahami kapan 12 Rabiul Awalnya 2022 peringatan Maulid Nabi 2022 itu.

Kapan 12 Rabiul Awalnya 2022 bisa dijumpai mengarah pada SKB 3 Menteri yang berisi penetapan Hari Liburan Nasional terhitung tanggal hari liburan Maulid Nabi 2022. Dijumpai, 2 Rabiul Awalnya jatuh di tanggal 8 Oktober 2022, bersamaan di hari Sabtu. Baca info selengkapnya di sini.

Sudah diketahui, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati tiap 12 Rabiul Awalnya. Untuk tahun ini, peringatan Maulid Nabi 2022 jatuh di tanggal 8 Oktober 2022. Maulid Nabi 2022 ialah peringatan yang ke-1444 Hijriah. Keterangan selengkapnya bisa dilihat di sini.

Hingga bisa dijumpai jika kapan 12 Rabiul Awalnya 2022 ialah di tanggal 8 Oktober 2022. Di tanggal 8 Oktober 2022 ialah 12 Rabiul Awalnya 1444 Hijriah yang diperingati sebagai hari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Riwayat Maulid Nabi Muhammad SAW ialah bersamaan pada riwayat hari kelahiran Nabi Muhammad SAW di tanggal 12 Rabiul Awalnya tahun Gajah, seperti dari buku 'Sirah Nabawiyah' kreasi Prof. Dr. Muh. Rawwas Qol'ahji.

Mengapa Maulid Nabi diperingati di hari kelahirannya? Dikutip situs NU Online, Nabi SAW berlainan dengan beberapa ulama, apa lagi seseorang, bila ulama atau pahlawan diingat di hari meninggal dunianya sesudah kelihatan jasa dan perjuangannya saat hidupnya. Sementara Nabi Muhammad SAW saat sebelum kelahirannya juga, telah bawa banyak keberkahan untuk semua alam.

Adapun riwayat peringatan Maulid Nabi menurut buku 'Sejarah Maulid Nabi' oleh Ahmad Sauri, dikutip situs NU Online, peringatan Maulid Nabi telah dilaksanakan oleh warga Muslim bangsa Arab semenjak tahun ke-2 hijriah. Catatan itu mengarah pada Nuruddin Ali dalam kitabnya Wafa'ul Wafa bi Akhbar Darul Mustafa.

Apa arti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW? Arti peringatan Maulid Nabi ialah mengingati manusia mengenai risalah dan sirah dari Nabi SAW. Dengan demikian, umat Islam akan pahami jika salah satu tauladan ialah Nabi Muhammad SAW, seperti diambil dari buku '37 Permasalahan Terkenal: Untuk Ukhuwah Islamiyah' kreasi H Abdul Somad.

Bagaimanakah cara mengingati Maulid Nabi Muhammad SAW 2022? Peringatan Maulid Nabi bisa berisi beribadah sampai beragam aktivitas topik Maulid Nabi. Salah satunya langkah mengingati Maulid Nabi 2022 ialah dapat memeriahkannya dengan perkataan Maulid Nabi 2022 dibarengi memasangkan twibbon Maulid Nabi 2022 yang bisa di ambil linknya di sini.

Begitu keterangan mengenai kapan 12 Rabiul Awalnya 2022 yaitu jatuh di tanggal 8 Oktober 2022 yang diperingati sebagai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang ke-1444 Hijriah tahun 2022.

sumber selengkapnya di comunitynews.my.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image