Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mas Andre Hariyanto

Pengkaderan Menjadi Elemen Terpenting dalam wadah Organisasi dan Lembaga

Eduaksi | Sunday, 25 Sep 2022, 13:28 WIB
(Foto: Dokumen Pribadi. Mas Andre Hariyanto bersama Para Kader berkomitmen dalam membangun sebuah peradaban untuk kebermanfaat masyarakat/AR CoGan)

RETIZEN, SURABAYA - Apa itu kaderisasi? Dan sekilas tentang kaderisasi adalah elemen terpenting bagi sebuah wadah, perkumpulan, himpunan, komunitas, organisasi, atau lembaga.

Karenanya, kaderisasi berbicara tentang bagaimana melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang ideal, sistem yang tertata dengan baik, dan mewariskan pemikiran-pemikiran otentik.

“Coba kita tenggok, bagaimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mewariskan semua itu kepada Khulafaur Rasyidin, dipakai Rasulullah untuk mencetak kader dakwah yang luar biasa, yang berkapasitas meneruskan dakwah Rasulullah sepeninggalnya,” terang Mochammad Rhedza Kusumah S.Farm, selaku pemateri menjelaskan.

Ia melanjutkan, bisa dilihat bagaimana seseorang yang sangat berpengaruh nomor 1 di dunia versi buku sejarahnya Michael H. Hart, ialah Rasulullah, mampu mencetak dan melahirkan generasi terbaik yang pernah ada di muka bumi, Khulafaur Rasyidin.

“Kita mengenal masing-masing sifat yang mampu dibentuk Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam kepada masing-masing Kader. Kita mengetahui kelemahlembutan bicara Abu Bakar Ash-Shiddiq, ketegasan Umar yang luar biasa, rasa malu Utsman hingga malaikat pun malu kepadanya, dan kecerdasan Ali bin Abi Thalib,” ucapnya.

(Foto: Dokumen Pribadi. Mas Andre Hariyanto bersama Para Kader berkomitmen dalam membangun sebuah peradaban untuk kebermanfaat masyarakat/AR CoGan)

Para peserta sangat antusias mengikuti acara ini. Salah satunya peserta dari Surabaya Mas Andre Hariyanto yang juga seorang pemimpin di Lembaga AR Learning Center yang terus menerapkan konsep pengkaderan dalam penguatan kaderisasi membangun kebermanfaat masyarakat.

“Semangat saya semakin membakar untuk terus memperdalam ilmu kaderisasi dan menerapkannya di organisasi, himpunan, komunitas, atau amanah dakwah lainnya yang diamanahkan kepada saya,” papar pria kelahiran 24 Mei 1993 ini.

Kegiatan ini berlangsung dari Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) Universitas Surabaya, Jawa Timur yang menggelar “Sekolah Lembaga Dakwah Kampus” dengan tema “Kaderisasi”.

Hadir oleh Ketua Umum, Kepala Departemen dan Staf Kaderisasi Lembaga Dakwah Kampus yang tergabung di Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) se-Surabaya, Jawa Timur. Rilis Ulang Ahad, (25/09/2022) sebagaimana acara ini telah berjalan silam.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image