Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Shafira Adlina

Keuntungan Pemakaian Cloud Storage Zaman Now

Olahraga | Saturday, 24 Sep 2022, 21:06 WIB
ilustrasi teknologi cloud storage (pexels.com)

Saat ini cloud storage semakin populer digunakan oleh orang-orang untuk menyimpan dan juga backup data secara online. Karena sistem cloud storage lebih aman dan juga lebih baik sebagai penyimpanan dibanding tempat penyimpanan konvensional. Apalagi didukung dengan kemudahan akses di mana saja dan kapan saja yang membuat cloud storage jauh lebih unggul.

Selain itu, apa saja keuntungan menggunakan cloud storage terutama untuk ekosistem digital?

1. Data Jauh Lebih Aman

Ekosistem digital yang semakin memudahkan anda untuk menemukan banyak informasi tentu saja harus diseimbangkan dengan penyimpanan data yang aman. Salah satu contohnya adalah Cloud storage dari IndiHome menghadirkan keamanan tinggi untuk data-data yang tersimpan dan juga tidak mudah hilang, apalagi rusak.

IndiHome bahkan menjamin data kamu jauh lebih aman dari hacker ataupun virus. Bahkan ketika data kamu tiba-tiba tidak sengaja terhapus, sistem dari cloud storage dapat mengembalikan data lewat backup yang sudah ada.

Apalagi didukung juga dengan penggunaan server dari cloud storage ini berada di dalam negeri. Jadi bisa dipastikan sangat aman dan jarang mengalami masalah karena servernya lokal. Cloud storage sangat kekinian karena bisa diakses secara online yang tentu saja mendukung internet untuk keluarga. Karena setiap keluarga bisa akses cloud storage yang penting internetnya stabil.

2. Meminimalisir Kerusakan Data

Jika menyimpan data dengan cara konvensional, tentu saja memberikan peluang data bisa rusak. Saya sendiri pernah mengalami hal itu. Rasanya sudah merasa aman menaruh data di hardisk eksternal. Qodarullah, dapat musibah hardisknya rusak.

Ketika data rusak maka sangat merugikan apalagi saat data tersebut sedang dibutuhkan. Terutama jika kamu adalah seorang pebisnis, data yang hilang dapat merusak ekosistem digital bahkan infrastruktur digital, untuk yang bergelut di bidang bisnis online.

Namun dengan sistem cloud storage kamu tidak perlu takut data bisa rusak atau corrupt bahkan tidak bisa dibuka. Sistem ini mengurangi peluang kerusakan data bahkan penurunan kualitas data itu sendiri. Salah satu alasannya karena untuk masuk ke penyimpanan cloud storage sendiri sudah memakai yang namanya username hingga kata kunci, jadi bisa dipastikan data cukup aman.

3.Bisa Berbagi Akun

Cloud storage for IndiHome memungkinkan kamu untuk berbagi akun dengan siapa saja baik keluarga maupun teman hingga rekan kerja. Hal ini tentu sangat fleksibel karena satu akun bisa diakses oleh siapapun yang membutuhkan.

Kamu harus tahu bahwa seberapa banyak akses yang bisa dilakukan oleh para pengguna data yang ada di dalam cloud storage tetap aman karena sistemnya sudah menggunakan autentikasi biometrik. Adapun secara umum, cloud storage dibedakan menjadi dua layanan yaitu layanan versi gratis dan versi berbayar.

Untuk layanan versi gratis memiliki kekurangan yaitu punya keterbatasan ruang. Jadi jika kamu ingin memilih ruang penyimpanan besar dengan cloud storage tapi harganya terjangkau maka bisa pilih cloud storage for IndiHome.

Layanan cloud storage ini sangat mendukung internet untuk keluarga. Dimana mudah diakses di mana saja dan kapan saja yang penting terhubung dengan internet.

4. Mudah Di Akses

Di era serba digital, kemudahan akses data sangat diprioritaskan. Untuk itu, Cloud Storage for IndiHome menghadirkan kemudahan akses data yang bisa dibuka di manapun dan kapanpun sesuai kebutuhan. Bahkan ketika kamu sedang dalam perjalanan bisnis ataupun sedang liburan, akses data tetap mudah lewat cloud storage.

Berbeda dengan penyimpanan konvensional di mana kamu harus membuka file atau data yang dibutuhkan lewat perangkat hardware secara offline. Akses ke akun cloud storage bisa lewat banyak perangkat dan dilakukan secara online. Kemudahan akses ini terbilang sangat menguntungkan untuk keluarga yang menggunakan IndiHome atau istilahnya cukup mendukung internet untuk keluarga. Dimana penyimpanan semua data bisa dilakukan secara mudah lewat online.

5. Ramah Lingkungan

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan ketika menggunakan penyimpanan dengan cloud storage adalah bahwa sistem penyimpanan ini, sangat ramah lingkungan. Tidak butuh yang namanya perangkat keras atau device untuk media penyimpanan. Tidak ada yang namanya limbah sama sekali pada sistem penyimpanan ini.

Tidak ada limbah dari perangkat keras yang digunakan ataupun yang dibuang ketika sudah rusak, maka secara otomatis sangat bisa meningkatkan kelestarian lingkungan. Dibandingkan penggunaan hardware yang dapat membuat tumpukan sampah semakin menjadi setiap tahun.

Jika kamu menggunakan cloud storage for IndiHome sama saja dengan kamu meminimalisir kerusakan lingkungan dari hal-hal kecil dan dari diri sendiri. Kamu juga bisa bayangkan, internet untuk keluarga tetap aman untuk kategori penyimpanan data secara online dan di sisi lain mengajarkan keluarga untuk tetap cinta lingkungan.

Ditambah lagi untuk penggunaan cloud storage for IndiHome, sudah pasti biaya berlangganannya cukup terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya mulai dari belasan ribu saja sudah bisa mendapatkan sistem penyimpanan dengan cloud storage dan bisa menjadi solusi untuk mengamankan ekosistem digital.

Semakin besar ruang penyimpanan yang dibutuhkan maka biayanya juga akan semakin mahal tapi seluruh biaya berlangganan di bawah 100 ribu. Sudah pasti sangat terjangkau dan kamu bisa mendapatkan keuntungan karena bisa menyimpan banyak data penting yang mudah diakses kapan saja dan di mana saja. Penyimpanan dengan cloud storage tentu saja juga dapat mendukung internet untuk keluarga.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image