Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

3 Langkah Mudah Menikmati Saham-saham IPO

Eduaksi | Thursday, 02 Dec 2021, 10:28 WIB

Salah satu cara mendapatkan cuan cepat yang bisa dilakukan investor saham adalah menikmati saham-saham yang akan melakukan aksi pencatatan perdana (IPO). IPO (Initial Public Offering) adalah proses penawaran saham perdana bagi suatu perusahaan atau emiten untuk dibeli publik secara terbuka dan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Memiliki saham-saham IPO mendatangkan kenikmatan cuan, karena kalau pilihan saham IPOnya bagus dan tepat maka otomatis cuan ada di genggaman tangan. Pergerakan beberapa harga saham IPO cenderung naik di hari pertama perdagangan dan mengalami trend bullish (mengalami tren naik). Sham-saham yang begini yang bikin happy investor.

Kendati secara umum mendatangkan berkah, tetapi tidak otomatis saham-saham IPO mendatangkan cuan. Di hari pertama melantai, ada saham IPO yang bisa langsung ARA (Auto Reject Atas), tapi ada juga saham IPO yang ARB (Auto Reject Bawah) saat menjadi penghuni baru di bursa.

Selain melakukam analisis fundamental perusahaan (price earnings ratio (PER) dan price to book value (PBV) untuk melihat valuasi saham berdasarkan besaran laba yang dicatatkan perusahaan dan nilai ekuitas dalam laporan keuangan perseroan setiap kuartalnya), ada baiknya memperhatikan prospektus perusahaan.

Prospektus yang diterbitkan sebelum perusahaan melakukan go public berisi histori usaha, sektor usaha, prospek bisnis yang digeluti emiten, bahkan laporan keuangan perseroan secara detail.

Selain menyimak prospoktus, ada baiknya diliat tujuan go public di BEI (IPO). Jika untuk ekspansi bisnis maka IPO ini bertone positif karena digunakan untuk mendapatkan dana segar untuk meningkatkan pendapatan baru, bukan untuk sekadar bayar utang. Setelah itu amati pula tren di market terkat sektor sahamnya. Saham di sektor yang sedang favorit tentu saja permintaannya akan sangat tinggi hingga over subscribed.

Menariknya, untuk menikmati saham-saham IPO, kini sudah bisa dilakukan secara online semisal melalui aplikasi IPOT EZ. Membelis saham IPO bisa dilakukan melalui sistem penawaran umum saham secara elektronik berbasis aplikasi yang mudah dijangkau oleh investor bernama e-IPO (Electronic Indonesia Public Offering).

Berikut ini tiga langkah mudah dari salah satu sekuritas karya anak bangsa dengan tagline #SemuaBisaInvestasi bernama Indo Premier Sekuritas

yang memiliki sistem e-IPO yang sudah mudah dilakukan dengan IPOT EZ.

1. Login ke IPOT EZ menggunakan Username, Password dan Secure Pin.

2. Pilih fitur e-IPO dan langsung pilih saham-saham IPO yang diincar, lihat jadwal public expose, peminatan awal dan penawaran umumnya serta wajib membaca dengan teliti prospektusnya.

3. Lakukan Order dengan melakukan swipe. Jika sudah yakin dengan pilihan saham IPOnya maka bisa langsung melakukan order dengan memasukkan jumlah lotnya, contreng syarat dan ketentuan yang berlaku lalu swipe to order. Order selesai dan telah otomatis tersimpan. Silakan tunggu hingga tanggal distribusi dan cek hasil penjatahan final yang didapatkan di menu Portofolio pada tanggal tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image