Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Muhammadiyah Bandung

Psikologi UM Bandung Sukses Gelar "UMKM Hacks" di Bandung Barat

Edukasi | Sunday, 18 Sep 2022, 13:16 WIB
Kegiatan "UMKM Hacks" yang digelar oleh program studi Psikologi UM Bandung pada 31 Agustus 2022 lalu (Dok Promosi & PMB UM Bandung)

BANDUNG -- Dosen Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) dari program studi Psikologi mendampingi pelaku UMKM di Bandung Barat terkait cara dan trik menggaet calon konsumen agar tertarik membeli suatu produk.

Kegiatan tersebut sebagai wujud nyata pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PKM) bagi dosen Psikologi UM Bandung. Acara ini berlangsung di Saung Makan Babakan Cinta, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada 31 Agustus 2022 lalu.

Dengan memahami trik dan cara tersebut, diharapkan para pelaku UMKM akan lebih mudah untuk meningkatkan penjualan produknya.

Para peserta kegiatan "UMKM Hacks" (Dok Promosi & PMB UM Bandung)

Kegiatan PKM ini berupa seminar dan diseminasi dengan tema "Apa Sih yang Bikin UMKM Laris?". Sebanyak 50 peserta pelaku UMKM dan pengurus Forum UMKM Kabupaten Bandung Barat menjadi peserta acara tersebut.

Secara terpisah dosen Psikologi UM Bandung Firdaus Dwi Suwandi SPsi MPsi mengatakan bahwa kegiatan "UMKM Hacks" merupakan share materi kepada pelaku UMKM terkait cara dan trik menarik calon konsumen agar membeli produk UMKM.

"Kita memberikan materi kepada para pelaku UMKM soal faktor-faktor apa saja yang bisa konsumen tertarik untuk membeli suatu produk UMKM," ucap Firdus.

Firdaus menjelaskan bahwa ada beberapa faktor terkait pembelian sebuah produk UMKM. Misalnya minat beli, brand knowledge, brand image, dan kualitas pelayanan.

Ketika sudah mengetahui dan memahami semua konsep tersebut dengan baik, tutur Firdaus, tentu saja pelaku UMKM akan jauh lebih mudah dalam meningkatkan dan mengembangkan penjualan produknya.

Lebih jauh Firdaus juga berharap agar Forum UMKM Kabupaten Bandung Barat bisa bekerja sama dengan Fakultas Sosial dan Humaniora UM Bandung.

"Karena bukan hanya dengan prodi Psikologi, melainkan dengan disiplin ilmu lainnya pun bisa menciptakan berbagai kegiatan positif," kata Firdaus.

Hadir dalam PKM ini yakni Dekan/Wakil Dekan Fakultas Sosial & Humaniora UM Bandung, Dinas UMKM Kabupaten Bandung Barat, Forum UMKM Kabupaten Bandung Barat, dan tamu undangan lainnya.

Foto bersama usai kegiatan (Dok Promosi & PMB UM Bandung)

Selain Firdaus yang menyampaikan materi terkait minat beli, beberapa dosen UM Bandung juga berpartisipasi menjadi pemateri pada kegiatan ini.

Di antaranya Selly MPsi Psikolog menyampaikan materi brand knowledge, Afifah Ghina Rahmani MPsi Psikolog menyampaikan materi soal brand image, dan Vina Lusiana Nadianti MPsi Psikolog memaparkan materi mengenai kualitas pelayanan.***(FK)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image