Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Apakah Bawang Putih Menurunkan Tekanan Darah?

Info Terkini | Friday, 16 Sep 2022, 09:50 WIB
image: dokpri

Ini bisa membantu penderita hipertensi, tetapi lewati suplemen dan nikmati bawang putih dalam makanan Anda sebagai gantinya

Kita telah menganggap sifat obat dari bawang putih - juga dikenal sebagai Allium sativum - selama ribuan tahun. Anda dapat menemukan referensi ke sayuran seperti ramuan sepanjang sejarah manusia. Ini telah digunakan untuk mengobati segala sesuatu mulai dari TBC hingga gigitan ular. Faktanya, bawang putih sangat penting bagi beberapa budaya kuno sehingga para arkeolog menemukan umbinya di piramida Mesir.

Nenek moyang kita mungkin sedikit terlalu antusias, tetapi mereka tidak salah menghargai tanaman itu. Bawang putih rasanya enak — dan itu baik untuk Anda.

Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan dan antibiotik. Studi menunjukkan itu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Bahkan mungkin menjadi tambahan yang berguna untuk rencana pengobatan kanker.

Tanaman kecil ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Mungkinkah itu juga bisa menurunkan tekanan darah Anda?

Apa pengaruh bawang putih terhadap tekanan darah?

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan tekanan darah Anda. Namun menurut ahli jantung Ashish Sarraju, MD, masih sangat terbatas.

Dia tidak sendirian dalam penilaian itu. Bahkan mereka yang mengklaim bawang putih menurunkan tekanan darah dengan cepat menyadari bahwa masih banyak yang belum kita pahami. Misalnya, studi tinjauan baru-baru ini menunjukkan bahwa kadar vitamin B12 dapat mempengaruhi efektivitas bawang putih dalam menurunkan tekanan darah. Tetapi apa yang kita makan bersifat pribadi dan spesifik. Itu menyulitkan para ilmuwan untuk menentukan dampak dari satu makanan, terutama pada kondisi medis yang kompleks seperti tekanan darah tinggi. Akibatnya, banyak penelitian tentang hubungan antara bawang putih dan hipertensi dirancang dengan buruk.

Jika bawang putih memang menurunkan tekanan darah, kita masih belum sepenuhnya yakin bagaimana caranya. Dugaan terbaik kita adalah bahwa sel darah merah kita merespons belerang dalam bawang putih, menciptakan gas oksida nitrat (NO) dan hidrogen sulfida (H2S). Senyawa ini mengendurkan dan memperluas pembuluh darah kita.

Berapa banyak bawang putih yang harus Anda konsumsi?

Bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi berapa banyak bau busuk yang harus Anda konsumsi?

Anda mungkin sudah mendapatkan cukup. Sementara beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih dapat mengurangi tekanan darah Anda, Dr. Sarraju tidak berpikir datanya cukup kuat untuk merekomendasikannya.

Tetapi dia merekomendasikan memasak dengan bawang putih. Dalam kata-katanya, "salah satu nilai terbesar bawang putih adalah membuat diet berbasis bukti - seperti diet DASH - lebih enak." Jika Anda mencoba membuat pilihan yang menyehatkan jantung, seperti mengurangi asupan natrium atau makan lebih banyak sayuran, bawang putih bisa menjadi senjata rahasia Anda.

Meskipun itu mungkin senjata rahasia, itu bukan peluru perak.

Hipertensi (tekanan darah tinggi) rumit. Ketika datang untuk menurunkan tekanan darah, diet hanyalah bagian dari persamaan. Beberapa perubahan gaya hidup lain yang mungkin direkomendasikan dokter meliputi:

· Berhenti merokok.

· Minum lebih sedikit.

· Berolahraga secara teratur.

· Mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

· Mengurangi stres.

· Menurunkan berat badan (dalam beberapa kasus).

Bawang putih sangat bagus untuk membumbui makanan Anda, tetapi itu tidak dapat mengubah cara Anda menjalani hidup. Kecuali, tentu saja, Anda seorang vampir.

Apakah aman untuk diambil?

Juri juga masih belum mengetahui keamanan suplemen bawang putih. Faktanya, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) belum menyetujui penggunaan bawang putih untuk tujuan pengobatan. Mereka juga tidak mengatur penjualan suplemen pil bawang putih. Itu berarti Anda tidak dapat memastikan dosis atau kualitas suplemen atau konsentrat yang Anda beli tanpa resep.

Dr. Sarraju tidak merekomendasikan suplemen bawang putih. Tidak ada cukup bukti untuk mendukungnya. Tetapi apakah dia pikir bawang putih berbahaya dalam dosis tinggi?

Ada beberapa bukti bahwa dalam dosis tinggi, bawang putih dapat mengganggu pembekuan darah. Sementara itu akan sangat mengkhawatirkan bagi orang yang sudah menggunakan pengencer darah, Dr. Sarraju belum yakin dengan penelitian tersebut.

Meskipun kita tidak tahu pasti apakah suplemen bawang putih berbahaya bagi semua orang, kita tahu bahwa bawang putih pekat bisa berbahaya bagi orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Kita tahu, misalnya, bahwa orang-orang dengan masalah perut seperti penyakit refluks gastroesofagus (GERD) dan sindrom iritasi usus besar (IBS) melihat gejala mereka memburuk ketika mereka makan makanan berbau bawang putin. Itu sebabnya orang yang menjalani diet rendah FODMAP perlu menghindarinya, setidaknya untuk sementara waktu.

Meskipun jarang, beberapa orang alergi terhadap bawang putih. Itulah alasan lain untuk menghindari bawang putih pekat dalam bentuk apa pun sampai Anda berbicara dengan dokter Anda.

Tidak ada cukup bukti untuk mendukung suplementasi bawang putih, tetapi juga tidak cukup bukti yang menunjukkan bahwa bawang putih berbahaya. Maka, yang terbaik adalah menikmatinya seperti biasa: dalam makanan Anda, dengan pemburu mint napas.

Bisakah bawang putih menggantikan obat?

Bahkan jika Anda menikmati bawang putih di semua makanan Anda, jangan menyerah pada obat yang diresepkan. Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa Anda dapat menggunakan bawang putih sebagai pengganti obat tekanan darah. Dan bahkan jika ada, penting untuk diingat bahwa dokter tidak meresepkan obat tersebut secara terpisah. Seperti yang dikatakan Dr. Sarraju, “Sulit untuk mengganti percakapan dengan dokter Anda dan fokus beragam pada gaya hidup dan obat-obatan dengan suplemen.”

Perubahan pola makan dan gaya hidup itu penting. Bahkan, Dr. Sarraju menggambarkan pengendalian hipertensi sebagai 70% gaya hidup dan 30% pengobatan. Namun, 30% itu juga penting, terutama karena kita tidak dapat mengendalikan faktor-faktor, seperti genetika dan kondisi lingkungan tertentu, yang memengaruhi tekanan darah kita.

Anda akan membawa lebih dari bawang putih ke pertarungan dengan vampir, jadi jangan mengandalkan bawang putih saja untuk mengurangi tekanan darah Anda. Taruhannya, bisa dikatakan, terlalu tinggi.

***

Solo, Jumat, 16 September 2022. 9:35 am

'salam sehat penuh cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image