Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dede nina Mutmainah

Cuci Tangan Biar Hidup Sehat

Gaya Hidup | Wednesday, 07 Sep 2022, 13:41 WIB

Tema: menjaga

kesahatan

Topik: jagalah kesehatan. dengan cara mencuci tangan

Judul: cucilah tangan biar hidup sehat

Menjaga ksehatan tubuh bisa dimulai dari hal-hal paling sederhana mencuci tangan misalnya mulai dari sekarang jadikan cuci tangan sebagai bagian dari gaya hidup.

Tangan adalah organ tubuh yang paling viral untuk menunjang aktivitas sehari hari, dari tangan inilah akan tercipta karya- karya indah namun dari tangan jugalah berbagai penyakit bisa menular

tanpa disadari aktivitas sehari- hari membuat tangan selalu bersentuhan dengan benda - benda mulai dari pulpen, keyboart, komputer, gagang pintu, dan benda-benda lain, semnetara itu kita tidak pernah tahu apakah benda-benda yang kita pegang tersebut bebas kuman dan virus?

Untuk mencegah bakteri atau virus berpindah kedalam tubuh ada baiknya lakukan cuci tangan, khususnya sebelum dan sesudah makan, ditengah maraknya berbagai virus baru belakangan ini, cuci tangan menjadi salah satu senjata dasar untuk mengatasinya.

Cuci tangan juga diwajibkan sebelum dan sesudah menyiapkan makan, terutama sebelum dan secepatnya setelah memegang daging mentah ayam atau ikan, mencuci tangan juga menjadi sangat penting sebelum makan, setelah menyentuh hidung, setelah batuk atau bersin ketangan, sebelum atau setelah menangani luka atau sayatan, sebelum atau sesudah menyentuh orang sakit atau terluka.

Virus masuk tidak harus melalui mulut, tapi bisa melalui mata atau hidung, seperti penyakit infeksi. umumnya menyebar melalui kontak tangan termasuk demam biasa(commol cold)flu dan beberapa syistem pencernaan seperti diare. Kebersihan adalah salah satu tanda dari keadaan hiegiene yang baik, manuasia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sehat, tidak bau, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan penyakit bagi diri sendiri maupun orang lain, kebersihan badan meliputi kebersihan diri sendiri, seperti mandi, menyikat gigi, mencuci tangan, dan memakai pakaian bersih.

Mencuci tangan adalah salah satu cara menjaga kebersihan, dan memakai air dan sejenis sabun atau deterjen, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan produk lainnya. kebersihan tangan merupakan cara terbaik dalam mencegah penularan influenza dan batuk pilek.

Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat bekerja, dan tempat sarana umum, kebersihan tempat tinggal dilakukan dengan cara mengelap jendela dan perabot rumah tangga, menyapu dan mengepel lantai, mencuci peralatan masak dan peralatan makan, membersihkan kamar mandi dan jamban serta membuang sampah.

Kebersihan lingkungan di mulai dari menjaga kebersihan halaman dan selokan, dan membersihkan jalan didepan rumah dari sampah.

KENAPA SIH HARUS CUCI TANGAN?..

Cuci tangan adalah proses yang secara mekanis melepaskan kotoran dan debris dari kulit tangan dengan menggunakan sabun biasa dan air dapat disimpulkan bahwa, mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman.

KENAPA CUCI TANGAN HARUS PAKAI SABUN? Zat pembersih berbentuk sabun ini baik yang padat maupun cair akan membantu proses pelepasan kotoran dan kuman yang menempel dipermukaan luar kulit tangan dan kuku dengan mencuci tangan yang benar menggunakan sabun. maka kotoran dan kuman akan terangkat sebagian meskipun demikian hal ini sangat membantu mengurangi resiko terinfeksi. Manfaat cuci tangan untuk kesehatan memang sudah diakui, namun masih banyak orang yang enggan melakukannya. pdahal bnyak aktivitas yang dilakukan tanganpun akan dipenuhi kuman, bakteri, virus, yang sudah siap memasuki tubuh.

ajari anak untuk mencuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir. sebelum makan atau sshabis melakukan kegiatan ditempat yang kotor. Untuk itu kita ajarkan atau biasakan kepada kluarga maupun anak sejak kecil untuk membiasakan anak mencuci tangan. berikan contoh cara mencuci tangan yang benar dan baik kepada anak.

Bagaimana cara memcuci tangan yang benar?

Yang pertama dan yang wajib adalah mencuci tangan dengan sabun, dan air mengalir, pastikan juga mencuci tangan minimal 20 detik, dan juga dilarang menyentuh hidung,mukut,dan mata sebelum mencuci tangan.

Begini 6 langkah cara mencuci tangan yang direkomendasikan oleh badan kesehatan dunia:

1. Ratakan sabun dengan kedua telapak tangan

2. Gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya

3. Gosok sela-sela jari

4. Punggung jari tangn digosokkan pada telapak tangan kiri dengan jari sisi dalam kedua tangan saling mengunci

5. Ibu jari tangan kiri digosok berputar dalam genggaman tangan kanan atau sebaliknya.

6. Gosok berputar ujung jari tangan kanan ditelapak tangan kiri dan sebaliknya.

Tentu saja tidk semua tempat tersedia air bersih, sabun,dan wastapel, oleh karna itu hend sanitizer juga bisa jadi alternatif, bawalah selalu botol kecil hend sanitizer dan gunakan setelah bersentuhan dengan orang dan permukaan benda sperti pegangn pintu dan pegangan dibus atau kereta, atau benda lain yang rentan disentuh banyak orang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image