Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

5 Manfaat Tidur Lebih Awal

Gaya Hidup | Saturday, 21 Oct 2023, 06:23 WIB

Jika anda bisa tidur lebih awal apalagi setelah melaksanakan Shalat Isya, maka beruntunglah anda. Berarti anda termasuk orang yang mengetahui manfaat jika bisa tidur lebih awal. Karenanya pertahankanlah.

Tidur lebih awal akan memberi banyak manfaat bagi pelakunya. (Foto : Republika.co.id/Mardiah)

Kali ini kita membahas sedikitn ya ada 5 Manfaat saat kita bisa tidur lebih aswal dari aktivitas yang dijalani selama ini.

1. Terbantu Menjalankan Kedisiplinan

Terbiasa mampu tidur lebih awal tentu akan membentuk pola kedisiplinan yang dilakukan. Jika memang tidak ada kegiatan lagi setelah Shalat Isya maka segera berwudlu, baca al Quran, berzikir lalu berdoa dan segera tidur.

Membiasakan tidur sejak awal berarti melatih diri untuk selalu tepat waktu karena di dalamnya tentu tersimpan berbagai manfaat untuk diri kita. Kedisplinan hanya bisa dilakukan jika kita menguatkan jiwa kita dan berpikir hebat jika kediplinan itu sangat dibutuhkan untuk menjaga ketaraturan diri kita selama hidup.

2. Terhindar Dari Perbuatan Sia-sia

Kebiasaan mengobrol dengan teman kadang suka lupa waktu. Memang bersilaturahmi dengan teman dirasa perlu untuk kehidupan kita namun jika itu memberi manfaat. Jika tidak ada manfaatnya apalagi sampai begadang maka itu harus dipikirkan lagi. Sebaiknya jika tak ada hal penting maka segera tidur saja.

Jangan sampai waktu kita habis untuk sesuatu yang sia-sia. Dengan tidur yang cukup maka esok hari kita bsia melakukan aktvitas secara baik. Bukankah hal yang sia-sia harus ditinggalkan oleh kita ?

3.Terdorong Untuk Selalu Bangun Malam Untuk Ibadah

Dengan tidur lebih awal maka akan memudahkan kita untuk terbangun pada tengah malam atau di penghujung malam. Saat terbangun tubuh segar dan bisa segera mengambil air wudhu dilanjutkan mengerjakan Shaat Tahajud, beristighfar, berzikir dan berdoa. Duh sungguh indah kita bercengkerama dengan Allah dan mampu memanfaatkan waktu saat dihapuskannya dosa kita dan dikabulkannya doa-doa kita.

Setelah itu kita bisa membaca al Quran,melaksanakan Shalat Sunnah Fajar yang setara dengan dunia dan segala isinya serta melaksanakan Shalat Subuh berjamaah yang langsung disaksikan para malaikat.

4. Termotivasi Untuk Menjaga Kesehatan

Tidur sejak awal akan menjamin kita mampu menjaga tubuh kita dari berbagai penyakit. Kurang tidur akan membuat kesehatan terganggu dan tidur dari awal akan membuat tubuh kita selalu fresh yang membuat otak kita fresh juga dan bersemangat di dalam menyambut hari esok yang lebih baik.

5. Tersadarkan Untuk Bisa Bersyukur Atas Anugerah Allah

Mau melakukan tidur sejak awal berarti bentuk rasa syukur kita kepada Allah, di mana kita menjaga dan memelihara tubuh yang diberikan oleh Allah. Karena dengan bersyukur maka nikmat akanditambah tetapi bila kufur maka Allah akan membefikan azab yang pedih.

Itulah 5 Manfaat jika kita tidur lebih awal. Semoga saja tulisan ini ada manfaatnya dan kemudian mengubah pola tidur yang salah demi kebaikan kita sendiri.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image