Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Purwodadi

Pengajian Kebangsaan di Lapas Purwodadi Meriah Menggugah Sanubari Napi

Info Terkini | Wednesday, 31 Aug 2022, 08:34 WIB
Sumber : Tim Humas Lapas Purwodadi

GROBOGAN – Untuk kesekian kali Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Purwodadi menggelar acara keagamaan.

Kali ini acara Pengajian Kebangsaan diselenggarakan dalam rangka Memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-77 dan Tasyakuran Pemberian Remisi 17 Agustus 2022.

Acara digelar di Aula Lapas Purwodadi Selasa (30/8/2022).

Sumber : Tim Humas Lapas Purwodadi

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Grobogan dr. Bambang Pujiyanto, M.Kes. Turut hadir Asisten I Setda Grobogan, Ketua MUI Kabupaten Grobogan, Ketua PCNU Kabupaten Grobogan, Kepala Kemenag Kabupaten Grobogan, Ketua Baznas Kabupaten Grobogan dan Pengasuh Ponpes Al Huda Desa Katong Kecamatan Toroh K.H Khudori.

Dalam sambutannya, Kalapas Soebiyakto mengucapkan selamat datang kepada Tamu Undangan yang sudah hadir di Lapas Purwodadi ini. Disampaikan pula kepada Bapak Wakil Bupati Grobogan yang telah hadir ditengah-tengah kita dalam acara Pengajian Kebangsaan dalam rangka Memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-77 Tahun 2022.

Kalapas juga menyampaikan bahwa Penghuni Lapas sebanyak 270 Narapidana, dan Penerima Remisi sejumlah 183 warga binaan, tegas Soebiyakto.

“Sekarang hadir sebagai wakil bupati, namun untuk tahun mendatang beliau akan hadir kembali ke Lapas ini sebagai bupati”, sontak mendapat tepuk tangan dari seluruh undangan, pejabat dan pegawai lapas hingga seluruh warga binaan”.

Sedangkan Wakil Bupati Grobogan dalam sambutannya menyampaikan, Wabil khusus selamat datang Romo Kyai Duri Azhari yang sudah hadir ke Purwodadi entah yang kesekian kalinya. Dan hari ini Romo Kyai Duri Azhari hadir dan akan memberikan Tausiyahnya kepada segenap warga binaan di lapas ini.

Disampaikan juga Kami (Wk.Bupati.red) sudah mengenal kepada Romo Kyai 20 Tahun yang lalu, namun Romo Kyai masih tampil dan tampak segar, sehat dan semangat, ucap Wakil Bupati.

Seyogyanya yang hadir hari ini Ibu Bupati, namun karena beliau ada rapat virtual dengan menteri secara mendadak, Ibu Bupati akhirnya perintah kepada kami, terangnya.

Disela-sela sambutannya, Wakil Bupati mendo’akan kepada seluruh warga binaan sehat semuanya, tetap semangat dan akan mendapatkan remisi. Yang akhirnya cepat bebas dan kembali ke keluarga tercinta juga lingkungan masyarakat, tuturnya.

Sumber : Tim Humas Lapas Purwodadi

Untuk acara inti yakni Siraman Rohani sekaligus Tausiyah yang disampaikan oleh Kyai Duri Azhari dari Semarang.

Dalam penyampaian Tausiyahnya, Kyai menegaskan beberapa hal tentang Kebangsaan tanpa keagamaan akan terjadi kehancuran.

Dengan nada polos namun tetap menggelitik para undangan bahkan seluruh warga binaan, sesekali Kyai memberi contoh sederhana namun masih dalam koridor etika dan dengan rasa kebangsaan.

Dicontohkan oleh Kyai Duri bahwa Indonesia Merdeka mencakup P4. Setelah dikupas P4 tersebut adalah Perjuangan, Pengorbanan, Persatuan, dan Pemimpin.

“Nabi sing dipimpin kuwi jenenge Umat, Pejabat sing dipimpin kuwi jenenge Rakyat”, ungkap Kyai.

Diakhir Tausiyahnya Kyai Duri Azhari berpesan dan memberikan himbauan “cukup sekali ini saja masuk penjara, semoga tidak terulang, karena hakikat masuk penjara adalah menyakitkan”,

Acara terakhir yakni penyerahan sumbangan alat seni rebana dari Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum Nahdatul Ulama Kabupaten Grobogan.

Kali ini Pimpinan LPBH NU Kabupaten Grobogan yang memberikan langsung bantuan alat seni rebana tersebut kepada Kalapas Purwodadi.

Sebagai penutup jalannya acara Pengajian Kebangsaan, Wakil Bupati Grobogan memberikan statement yang mana hari ini dilaksanakan pengajian kebangsaan dilanjutkan tasyakuran kepada napi yang memperoleh remisi.

Juga sudah disampaikan tausiyah oleh Romo Kyai Duri Azhari, dan Wakil Bupati berharap kepada seluruh warga binaan yang mendapatkan remisi atau yang belum tetap jaga kesehatan, semangat dan jaga kekondusifan lapas. Agar ke depan apa yang sudah disampaikan Romo Kyai lewat tausiyahnya tentu seluruh warga binaan sudah bisa menangkap dan mengambil hikmahnya, pungkas Wabup.

Sumber : Tim Humas Lapas Purwodadi

(Tim Humas Lapas Kelas IIB Purwodadi)

Kepada Bapak/Ibu silahkan mengunjungi berita terkait kegiatan Lapas Kelas IIB Purwodadi dan dukung kami dalam mewujudkan zona integritas yang berkelanjutan dengan Follow, Like, Komen, Subscribe dan Share.

Terimakasih

@kemenkumhamri

@ditjenpas

@kemenkumham_jateng

#KemenkumHAMRI

#KanwilKemenkumhamJateng

#DitjenPas

#Pengayoman

#Pemasyarakatan

#AYuspahruddin

#KamiPasti

#JatengGayeng

#LapasPurwodadi

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image