6 Cara Memulai Bisnis Dari Nol Secara Bertahap

Image
Endar Julian
Bisnis | Monday, 29 Nov 2021, 02:49 WIB
Sumber gambar: pexels.com/fauxels - Diedit oleh Endar Julian

Saat ini masih banyak orang yang ingin memulai bisnis, namun bingung tentang bagaimana atau dari mana mereka harus memulai. Hal ini sebenarnya wajar, pasalnya membangun bisnis memang bukan hanya sekedar menyiapkan modal dan menentukan produk atau barang apa yang akan dijual. Namu juga terdapat beberapa tahapan atau prosedur penting yang harus anda ketahui.

Pada artikel kali ini, saya akan sedikit membahas mengenai cara memulai bisnis dari nol yang mungkin dapat menjadi pencerahan bagi anda yang berniat menjadi pebisnis. Penasaran?

Langsung saja, simak ulasan selengkapnya yang telah saya susun berikut ini.

Cara Memulai Bisnis Dari Nol Secara Bertahap

Dalam memulai bisnis dari nol, terdapat beberapa tahapan atau prosedur yang umumnya harus anda ikuti. Adapun beberapa prosedur yang dimaksud sebelumnya, meliputi:

1. Menentukan Bisnis Apa yang Akan Dibangun

Tahapan paling awal yang harus anda lakukan ketika memutuskan memulai sebuah bisnis adalah menentukan bisnis apa yang akan anda dirikan. Terdapat banyak jenis bisnis yang dapat anda jadikan pilihan memulai bisnis kuliner, bisnis kosmetik, jasa dan lainnya. Tentukan jenis bisnis yang sekiranya memiliki prospek baik kedepannya dan cocok untuk anda

Dalam hal ini, pilihan yang paling aman adalah memulai bisnis yang sesuai dengan wawasan atau skill anda. Misalnya, anda memiliki skill desain grafis, maka bisnis percetakan, bisnis jasa pembuatan desain logo atau bisnis pembuatan konten media sosial adalah beberapa contoh bisnis yang akan cocok untuk anda.

Namun dalam hal ini, anda juga dapat memilih bisnis diluar keterampilan atau wawasan anda. Namun pastikan bahwa anda mempelajari tentang segala sesuatu terkait bisnis tersebut.

Penentuan jenis bisnis ini juga sekaligus akan menentukan jenis produk apa yang akan anda jual kedepannya. Sebagai tambahan, pastikan bahwa jenis bisnis yang anda pilih sesuai dengan budget atau modal yang anda rencanakan.

2. Menentukan Visi dan Misi Bisnis Anda

Banyak pebisnis pemula yang meremehkan keberadaan visi dan misi bisnis. Padahal hal ini adalah poin yang menggambarkan sebuah bisnis dan menarik perhatian calon customer.

Dalam bisnis, visi dan misi menjadi gambaran untuk para customer mengetahui kelebihan bisnis anda dibandingkan yang lainnya. Selain itu, visi dan misi juga mempermudah anda dalam melakukan kegiatan marketing bisnis atau produk anda kedepannya.

Oleh karena itu, pastikan bahwa anda menyusun visi dan misi bisnis anda dengan baik. Selain itu, tegaskan pula kelebihan atau keuntungan yang ditawarkan oleh bisnis anda kepada customer anda.

3. Menulis Rencana Bisnis Anda

Menulis rencana bisnis juga merupakan bagian penting dalam memulai dan mengembangkan sebuah bisnis. Prosedur yang satu ini sendiri sebenarnya salah satu bagian dari poin penentuan model bisnis yang telah dijelaskan di poin pertama sebelumnya.

Menulis rencana bisnis dapat memberikan banyak benefit kepada anda dan juga bisnis anda, diantaranya membuat tujuan dari bisnis anda jelas, membuat anda kreatifitas bisnis meningkat serta menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun strategi marketing.

Ketika menulis rencana bisnis ini, anda dapat memulainya dengan menuliskan target pasar anda, strategi marketing yang akan anda terapkan, analisa terhadap kompetitor dan hal yang ditawarkan oleh bisnis anda.

4. Melakukan Riset/Survey

Sebelum memulai sebuah bisnis, melakukan riset atau survey terkait dengan jenis bisnis yang akan anda jalankan. Untuk bagian ini, terdapat cukup banyak indikator yang harus anda periksa, mulai dari calon customer, kompetitor, harga produk anda di pasaran dan lainnya.

Dengan melakukan survey ini, maka anda akan dapat membuat bisnis anda memberikan apa yang calon customer anda inginkan. Selain itu, anda juga akan dapat mengetahui strategi marketing kompetitor anda yang mungkin dapat juga diterapkan pada bisnis anda.

Jika anda menjalankan bisnis yang memiliki bentuk fisik (toko atau kantor), anda juga harus memberikan perhatian pada lokasi toko atau kantor anda. Pastikan bahwa pusat bisnis anda berada di lokasi yang cukup strategis, sehingga mudah untuk diakses dan didatangi oleh calon customer anda.

5. Menyiapkan Modal Bisnis

Untuk memulai bisnis tentunya, salah satu prosedur terpenting yang harus anda penuhi adalah masalah penyediaan modal. Modal ini akan digunakan untuk berbagai keperluan awal berjalannya bisnis anda seperti pengadaan bahan baku untuk produksi produk, pengurusan izin edar, pengurusan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), biaya marketing dan lainnya.

Poin utamanya, anda harus melakukan penyediaan modal yang sempurna untuk bisnis anda. Anda juga harus mengetahui dan menimbang bagaimana cara anda mendapatkan modal, entah itu dengan menggunakan dana pribadi, pinjaman, menggadaikan aset atau mencari rekan bisnis.

6. Memulai Bisnis Anda

Setelah menyelesaikan semua prosedur sebelumnya, anda dapat memulai bisnis anda. Mulailah untuk memproduksi atau menyedikana produk yang akan anda jual, terapkan strategi marketing untuk memasarkan produk dan berikan pelayanan customer anda dengan baik.

Yang juga sangat crucial adalah jangan lupa untuk mencatat semua pengeluaran dan pemasukan bisnis anda dengan baik. Hal ini akan mempermudah anda untuk melakukan evaluasi progress bisnis anda nantinya.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara memulai bisnis dari nol yang sekiranya dapat memberikan petunjuk bagi anda yang berniat memulai bisnis anda sendiri. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menghibur. Terima kasih.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Saya adalah seorang content writer dan blogger. Suka menulis dan berbagi hal informatif. Sekarang bekerja di sebuah perusahaan digital di Jakarta.

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Cara Dapat Sertifikat Vaksinasi Standar WHO untuk Perjalanan

Image

2 Cara Transfer Pulsa Telkomsel Secara Mudah Lewat Sms dan Aplikasi

Image

GB WhatsApp Pro (Resmi) Apakah Aman?

Image

Penerapan Media Video Sebagai Perantara Pembelajaran Mawaris Di Kalangan Keluarga Islam

Image

Cara Download Lagu Mp3 Dari Youtube Secara Gratis

Image

Menambah Kecepatan Game, Apk X8 Speeder Versi Terbaru 2022 No Root

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image