Tips Biar Kampas Rem Mobil Lebih Awet Tahan Lama

Image
web seo
Eduaksi | Monday, 29 Aug 2022, 13:35 WIB

GPSKU - Kampas rem mobil merupakan bagian dari sistem pengereman dengan fungsi yang sangat penting. Komponen ini digunakan untuk menjepit piringan atau tromol untuk memperlambat ban atau kendaraan.

Saat Anda menggunakan kendaraan Anda, bantalan rem Anda pasti akan aus. Masa pakai bantalan rem Anda tergantung pada seberapa sering Anda menggunakan mobil Anda. Tapi tahukah Anda ada cara dan tips untuk memperpanjang umur kampas rem Anda? aneh? Berikut adalah ikhtisar tipsnya:

1. Jaga agar mobil Anda tetap dingin saat berkendara jarak jauh

Seperti dilansir Fastnlow.net, Selasa (13 November 2018), gesekan antara bantalan rem dan cakram rem saat berkendara menyebabkan area sistem rem memanas. Jika bahan bantalan lunak, panas dapat dengan mudah mengikis struktur bantalan. Jadi jika Anda berencana untuk meninggalkan kota, ada baiknya Anda beristirahat setiap 2-3 jam sekali. Hal ini dilakukan untuk membuang panas pada sistem pengereman mobil. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan.

Baca Juga Pajak Motor PCX disini

2. Membersihkan kaliper

Kebersihan area kampas rem juga harus diperhatikan. Ini karena debu dapat membuat kampas rem cepat aus. Terutama pada sistem rem cakram di mana tidak ada pegas balik di kapiler rem. Bahkan setelah pedal akselerator dilepas, masih ada gesekan antara kampas rem dan cakram rem. Penggemar otomotif biasanya menyebut gesekan ini sebagai "rem seret". Kondisi ini mempengaruhi percepatan keausan kampas rem. Solusinya adalah dengan membersihkan sistem pengereman mobil Anda secara rutin. Caranya sangat sederhana dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Bersihkan dengan sikat dan kain kering. Lebih baik lagi meniupkan udara bertekanan tinggi untuk menjaga area sistem rem bersih dari debu.

3. Sesuaikan gaya mengemudi Anda

Gaya mengemudi Anda memiliki dampak besar pada masa pakai bantalan rem Anda. Tentu saja, jika gaya mengemudi Anda cenderung berjalan dengan kecepatan tinggi, rem akan sulit bekerja saat Anda berhenti. Karena pada kecepatan tinggi kampas rem harus mendorong cakram lebih keras.

Bukan untuk mereka yang terbiasa dengan gaya mengemudi yang santai. Ini memiliki efek positif pada masa pakai bantalan rem. Dalam gaya ini, sebagian besar pengemudi cenderung menahan mobilnya di daerah padat dan banyak tikungan. Jangan menerapkan gaya pengereman sebanyak saat mabuk atau ngebut. Untuk melakukan ini, sesuaikan gaya mengemudi Anda dan bersantai di tempat ramai dan banyak sudut.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Permisan Nusakambangan Diserbu Lanal Cilacap

Image

Membangun ekosistem industri halal yang kuat dan merata di indonesia

Image

Bantuan Pendanaan Startup Oleh Pemerintah Indonesia Untuk Para Mahasiswa

Image

Ceramah Agama Habib Hadi Asegaf di Ponpes AT-TAUBAH LAPAS KELAS I MALANG

Image

Esay APBN 2022

Image

Black Market Polemik Pengusaha Elit

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image